Awalnya begitu sulit meluluhkan hati istri yang ingin menjadi wanita karir, meski blog sendiri sudah menghasilkan dan dapat membelikan istri perhiasan beberapa kali, nyatanya itu tidak bisa menundukan jiwa kemandiriannya.

Maklum saja, sebagai lulusan S1 jurusan Ekonomi menjadi wanita karir memang harapannya selama ini. Setelah menikah setahun Alhamdulillah dikasih amanat kehamilan artinya saya semakin mudah membujuknya. Namun usai kelahiran putra pertama yang kini sudah berusia 13 bulan tentu masalah semakin datang, terutama ketika banyak yang mengatakan dirinya nganggur, dan tak sedikit yang menyindir bahwa pendidikannya sampai sarjana hanya sia-sia belaka.

Khawatir lebih memilih kerja di luar saya berinsiatif membuatkannya blog, awalnya menolak sebab menurutnya menulis bukan passion nya. Di awal membuat blog tentu sulit untuk membuatnya yakin, meski baru berusia hitungan bulan namun sudah diterima Adsense toh justru penghasilan awalnya justru membuatnya semakin tidak yakin.

Barulah kemudian setelah tanda-tanda bisa gajian dari blognya sendiri mulai terlihat tanda-tanda positif itu mulai datang.

Wajar memang jika orangtua, tetangga, maupun orang lain memandang kami negatif. Betapa tidak, masih kuliah saja kami sudah meminta menikah meski akhirnya di izinkan namun ada perjuangan panjang untuk meyakinkan orangtua kami. Tapi kisah inilah yang membuat saya mendapat pelukan hangat dari sangat motivator termuda se Asia Tenggara “Setia Furqon Kholid.”

Bagi orang awam mungkin ini negatif tapi ternyata bagi sang motivator kisah kami sangat menarik dan inspiratif.

Apakah saya anak orang kaya hingga berani menikah di saat masih kuliah dan menikahi anak kuliahan pula. Tidak saya bukan anak orang kaya, bahkan perjuangan saya yang membutuhkan waktu lima tahun untuk bisa kuliah nyatanya tak sedikit yang membuat teman mewek. (https://inspirasi-dttg.blogspot.com/2017/11/mahasiswa-umus-bercerita-5-tahun.html)

Lantas apa bekal saya? Hanya iman dan keyakinan penuh akan kuasa Tuhan.

Dengan keyakinan itu Alhamdulillah saya bisa menikah, membiayai kuliah berdua, hingga membiayai persalinan yang harus dilakukan secara sesar. Meski saya memiliki BPJS dari pemerintah yang free, Tuhan memberikan jalan untuk saya bisa membayar melalui amanat rezeki yang dikirim melalui usaha saya sendiri.

Sejujurnya saya mengenal blog sejak lama, yaitu sekitar tahun 2010. Ada beberapa blog yang saya buat misalnya saja seperti (
http://prince-sweetboy.blogspot.com) cek saja mayoritas tulisannya adalah hasil copas, sebab motivasinya saat itu hanya ingin bermanfaat untuk agama dan sesama, dan belum berani menuangkan pemikiran sendiri.

Saya bersukur belum kenal Adsense kala itu, jika tidak mungkin semangat kuliah saya akan luntur, bahkan sangat sulit dipercaya jika saya sampai mengambil jurusan keguruan.

Semangat saya berbagi dalam tulisan memang sangat tinggi, beberapa kali tergabung dengan website berita dan sekali pernah bergabung dengan situs berita nasional. Tak lupa saya pun membuat kembali blog, sebab beberapa blog yang saya miliki lupa sandi dan emailnya.

Blog yang saya bangun atas dasar hobi, hingga akhirnya teman kuliah ada yang memberi info tentang Adsense dan saya pun mulai tertarik.

Setelah menikah saya membuka usaha kecil-kecilan, berbekal itulah saya mulai percaya diri menulis pemikiran sendiri, beberapa diantaranya yang kemudian saya tuangkan di blog pribadi maupun klikmania milik mas Ghani (https://www.klikmania.net/bisnis-internet-wifi/)

Memiliki penghasilan blog tentu sangat menyenangkan bagi saya sebagai seorang guru honorer, dimana jika diceritakan tentu akan sangat mengharukan. Tak ayal postingan saya tentang guru honorer diblog banyak yang dishare bahkan dicopas blogger lain (http://www.infokemendikbud.web.id/2017/10/benarkah-pembantu-lebih-berharga-dari_17.html).

Fakta ini sangat memotivasi saya untuk bisa menjadi perantara agar para guru bisa memiliki penghasilan dari blog. Ada beberapa cara yang saya lakukan untuk memberi inspirasi salah satunya dengan share penghasilan Adsense. Selain kepada teman2 guru hal ini juga saya lakukan ke teman-teman lain. Coba lihat saja teman-teman FB saya pun sedikit yang merupakan para blogger, sekali pun memiliki teman mayoritas mereka adalah mereka yang akrab dengan saya di group Blogger Indonesia.

Namun jika bukan hobi atau passionnya memang tidak mudah untuk membuat orang lain tertarik dengan blogger. Kuncinya adalah saya harus bisa sukses dari blog itu motivasi besar dari dalam diri saya agar bisa mudah menginspirasi orang lain.

Atas dasar itulah saya berani membuat banyak sekali blog, dimana selain buat Adsense salah satunya bisa digunakan untuk sumber penghasilan lain diantaranya adalah backlink.

Mengurus banyak blog ternyata sangat keteteran dan sulit membagi waktu. Tanpa pikir panjang akhirnya saya berinisiatif mencari tim. Dua kali saya mencari tim penulis di halaman Facebook membangun Inspirasi dan sangat direspon dengan antusias, baik oleh para pemula hingga para blogger yang sudah lama bergelut di dunia blogging.

Berharap bisa memiliki tim dari desa sendiri dan menjadi perantara inspirasi buat para pemudanya saya pun berusaha memiliki tim dari desa sendiri. Antusiasnya masih rendah yang cukup aktif baru mas Nung, itu pun jika sedang tidak sibuk.

Akhirnya saya pun memberanikan diri membeli artikel, baik melalui website penyedia artikel maupun melalui akun Facebook yang menyediakan jasa ini, sebut saja seperti mba Halimatus Sadiyah, Avenia Nur Aulia dan lainnya.

Saya sangat yakin semakin berani kita berkorban maka akan semakin mudah kesuksesan kita dapatkan. Motivasi ini pun semakin tinggi mana kala ingat mas Akbar teman seangkatan waktu SMK yang sudah menjadi dirut Puskomedia Indonesia. Jika dibandingkan dengan beliau masa cuma menjadi blogger sukses saja saya tidak bisa?

Usaha saya pun makin merasa ada hasilnya manakala ada teman yang meminta saya membuatkannya blog dan kemudian membimbingnya. Ini kemudian sangat memotivasi saya.

Sekedar informasi kepada siapapun layanan saya tidak gratis sekali pun itu teman sendiri.

Saya teringat pesan guru saya bahwa orang yang berbagi ilmu itu seperti air, ada yang seperti air hujan, air sumur, dan air ledeng. Saya memilih tife air ledeng sebab memerlulan dana agar tetap bisa beroprasi.

Selain kuota, waktu menulis, dan juga membutuhkan tema premium kepada siapapun saya memberikan suport artikel selama sebulan, plus backlink berkualitas.

Bukan tanpa sebab, dengan suport artikel tersebut maka yang menggunakan jasa saya tersebut tentu bisa terbantu membuat postingan setiap harinya. Bagi para pemula saya biasanya membantu juga dalam hal mempublishnya, tapi bagi yang sudah berpengalaman saya hanya menyerahkan artikelnya saja untuk kemudian dipublish sendiri.

Setelah berusia1 bulan biasanya saya berikan layanan backlink gratis dari saya untuk blog baru tersebut. Selain menggunakan thema premium mereka juga saya berikan tema premium lain buat diganti jika tampilan tersebut dirasa kurang cocok, dan bagi pemula bisa sekalian buat belajar memasang dan mengedit tema blognya.

Kepada siapapun layanan saya berikan tarif hanya 350K, sangat murah memang sebab uang sejumlah itu biasanya hanya cukup untuk membeli 1 thema blog premium maupun 7 backlink berkualitas.

Saya yakin rezeki besar akan kita dapatkan dengan niat mulia. Saya berharap dengan banyak para blogger maka para generasi muda akan dimudahkan dalam mendapatkan ilmu dan informasi bermanfaat di internet. Misi saya menyaingi informasi dan konten negatif semaksimal mungkin di jagat maya.

Semoga cerita saya bermanfaat…
Jika ditanya bloga saya apa? Saya hanya bisa memberikan Membangun Inspirasi untuk disahare ke publik, baik blog, YouTube maupun halaman Facebook nama itulah pilihan hati saya.

Kamal, 11 Mei 2020
Ditulis sembari menunggu waktu imsak.
Berhasil dipublish pas waktu imsak😊

Tak tage teman2 yang saya libatkan ditulisan ini ya, mohon izin.

Note : Mohon para senior jangan ejek hasil Adsensenya, masih sedikit konten dan ini khusus pemula, semua ada waktunya.🌍😃

Tulisan ini merupakan postingan penulis di Facebook yang ditulis saat waktu saur di bulan puasa, yaitu tanggal 11 Mei 2020. Sengaja di publikasikan kembali di blog ini sebagai motivasi dan pengingat diri. Copas tidak dibenarkan dan dapat mengurangi kualitas blog, semua ini penulis lakukan hanya demi kemurnian cerita sejarah. Semoga bermanfaat untuk yang membaca.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
aink go id
5 months ago

Saatnya ngeblog… Yakin saja lah

Detatang Kamal3
Admin
5 months ago
Reply to  aink go id

Betul betul betul . . . Sudah banyak yang bisa membuktikan kenapa kita harus ragu?

Irwan H
Irwan H
4 months ago

Keren..semangattt

Detatang Kamal3
Admin
4 months ago
Reply to  Irwan H

Teriamakasih mase ^_^

You May Also Like

Cara Meyakinkan Istri Menjadi Full Time Blogger Dibanding Menjadi Wanita Karir

Menjadi full time blogger memang merupakan pilihan ekstrim bagi seseorang, terutama bagi…