Cara membuat blog profesional

Cara Membuat Blog Profesional dengan Blogspot, Gratis, Mudah dan Cepat!

Diposting pada

Detatang.com – Cara membuat blog profesional dengan blogspot tentunya penting diketahui blogger pemula. Platform milik Google ini memang tetap menjadi favorit bagi banyak publisher.

Meski tak sedikit yang menganggapnya sebagai salah satu platform jadul, namun sebelum 2010 penggunaannya cukup eksis. Bahkan masih banyak para pengguna yang masih bertahan hingga kini.

Hal ini terbukti diantaranya dari hasil Web Tehhnologi Surveys yang menunjukan, ia masih nangkring di sepuluh besar CMS terpopuler. Sedikitnya 0,8% website yang ada di dunia, dibuat melalui platform blogger.com.

Selain gratis, banyaknya para pengguna blogger di dunia adalah karena penggunannya juga memang sangat mudah, dan simpel. Pemula sekali pun dapat dengan mudah menguasainya.

Performa yang dimilikinya pun mumpuni, terutama jika dipadukan dengan teknik seo yang tepat. Hal ini terbukti dari banyaknya situs dari blogspot, yang tampil di halaman utama pencarian search engine.

Bagi kamu yang ingin tahu cara membuat blog profesinal dengan blogspot, tepat sekali berkunjung ke sini. Pada kesempatan kali ini, detatang.com akan menjelaskannya dengan rinci diantaranya:

  • Cara membuat akun blog blogspot dengan cepat.
  • Cara membuat postingan atau halaman blog
  • Mengatur tampilan blog agar terlihat profesional
  • Mengatur tata letak blog
  • Hingga cara custom domain blogspot menjadi .com, .id, .net dan lainnya.

Namun sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita kenali dulu blogspot (blogger) ini lebih dalam lagi. Dengan demikian, kita punya dasar dan semakin mantap membangun situs dengan blogspot.

Apa Itu Blog, Blogger dan Blogspot?

Tak sedikit yang masih bingung mengenai pengertian, maupun perbedaan dari blog, blogger maupun blogspot.

Sebenarnya yang dimaksud blog adalah salah satu jenis web atau jurnal online, dimana didalamnya bisa berisi tulisan, gambar, video, maupun link. Di dalam sebuah blog akan memuat berbagai postingan, baik lama maupun terbaru yang dikelola pemiliknya.

Blog sendiri ada 3 jenis yaitu personal, profesional, dan juga bisnis. Setiap jenis blog tentu memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, pemilik atau pengelola blog biasanya disebut sebagai blogger. Sedangkan blogspot sendiri, sebenarnya adalah nama domain dari platform blogger. Misalnya kamu membuat blog detatang.blogspot.com.

Sebenarnya blogger adalah salah satu platform blogging yang dapat dinimati secara gratis. Dirilis pertama kalinya oleh Pyra Labs pada tahun 1999, sampai akhirnya diakuisis Google pada tahun 2003

Dengan adanya akuisisi inilah maka platform blogger.com, bisa teritegritas dengan Google Analytic, Adwords, hingga Google Adsense yang menjadi salah satu sumber penghasilan blog yang sangat menjanjikan.

Kelebihan Blogger

Selain sudah terintegrasi dengan Google, masih ada beberapa alasan lain, kenapa seseorang begitu antusias membangun situs dengan blogger. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tak Perlu Menyewa Hosting

Dikarenakan sudah terintegrasi dengan Google, maka untuk membuat blog menjadi sangat mudah. Kamu hanya tinggal sign-in saja menggunakan akun Gmail yang dimiliki.

Lebih dari itu, dengan menggunakannya kamu juga tak perlu menyewa hosting untuk sarana penyimpanan filenya.

Ada pun memori penyimpanan yang disediakan Google sendiri mencapai 15GB. Tentunya kapasitas yang sangat besar untuk mengelola sebuah blog.

2. Tersedia Beragam Template

Memang secara default, tidak terdapat banyak opsi untuk mengatur tampilan yang disediakan blogger. Sekali pun banyak yang menganggap sebagai kelemahan, namun tak sedikit pula yang menganggapnya sebagai kepraktisan.

Dengan opsi ramping ini, pengguna tidak akan merasa bingung untuk mengatur tampilan situsnya. Pengguna justru bisa lebih fokus mengurus hal-hal yang lebih penting, terutama untuk kebutuhan konten dan juga seo.

Misalnya bosan dengan penampilan yang sudah ada, kamu tinggal mengganti templatenya. Baik yang disediakan gratis oleh blogger, maupun yang premium alias berbayar.

3. Mudah dalam Mengontrolnya

Blogger memang dikenal sebagai platform yang memudahkan dalam mengontrol website, bahkan untuk pemula sekali pun.

Pilihan opsi pengaturan telah disediakan dengan baik. Pengguna hanya tinggal memilihnya berdasarkan kebutuhan.

Selain yang bersifat opsi, adanya integrasi layanan juga semakin memanjakan. Pengguna bisa dengan mudah menambahkan akun Google Search Console maupun Google Analytics cukup dalam sekali klik.

4. Tingkat Keamanan Mumpuni

Sebagai sebuah platform yang dikelola oleh Google, masalah keamanan tentu tak perlu diragukan.

Namun demikian, kamu tetap harus hati-hati saat menggunakan layanan dari pihak ketiga. Misalnya saja terkait templatenya. Hal tersebut harus dilakukan guna mengurangi resiko keamanan.

Cara Membuat Blog Profesional di Blogger

Setelah mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki blogger.com, tentunya kamu semakin tertarik untuk bisa segera membuatnya. Simak ulasan lengkap mengenai cara membuat blog profesional dengan blogger di bawah ini:

1. Pilih niche yang Sesuai

Sebelum memutuskan membuat blog, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan niche. Ini sangat penting, sebab merupkan identitas dan sangat menentukan perjalanan dan masa depan blog nantinya.

Atas dasar itu, kamu sebaiknya jangan terburu-buru. Siapkan waktu yang cukup, dan benar-benar memikirkan serta mempertimbangkannya dalam suasana hati yang nyaman serta tenang.

Salah satu cara membuat blog profesional adalah membahas niche yang disukai. Dengan  hal tersebut, maka dalam mengelolanya akan tersasa menyenangkan, sehingga dapat menghasilkan out put terbaik. Para pembaca pun akan nyaman dan senang menikmati setiap konten telah berhasil di buat.

Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah dengan mengulas topik yang disukai. Anda lebih enjoy dalam melakukannya dan hasilnya juga akan lebih baik. Audiens akan merasa puas setiap kali membaca postingan Anda.

Apa itu niche?

Pengertian niche pada dasarnya adalah tema atau topik utama yang dibahas dalam suatu blog. Misalnya blog Dunia Elektronik, berarti topik utamanya membahas seputar elektronik.

Namun sebenarnya Dunia Elektrnik masih pada topik yang luas. Kamu bisa menentukan niche yang lebih spesifik, atau yang sering dikenal sebagai microniche. Misalnya saja khusus membahas kulkas, TV dan lainnya.

Cara menentukan niche blog

Ada beberapa hal yang bisa membantu kamu dalam menentukan niche, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat daftar terkait berbagai hal yang disukai mulai dari hobi, aktivitas harian dan lain sebagainya.
  • Pilih niche berdasarkan seuatu yang kamu kuasai, sehingga konten yang dihasilkan benar-benar berkualitas.
  • Melakukan riset terhadap blog yang membhas niche yang sama, perhatikan target pasar dan kualitas konten yang dihasilkan.
  • Temukan niche yang lebih spesifik sehingga bisa menjadi situs yang lebih mudah menjadi rujukan pembaca.

2. Cara Membuat blog dengan Blogspot

Cara membuat blog profesional

Setelah menentukan niche blog, maka kamu bisa langsung membuat blog yang diinginkan. Cara membuat blog dengan blogspot sangatlah mudah.

Silahkan klik https://www.blogger.com/. Setelah halaman platform blogger sudah tampil, selanjutnya tinggal klik Create Your Blog.

Membuat web dengan blogspot

Jika browser yang digunakan belum terhubung ke Gmail, maka selanjutnya kamu akan diarahkan untuk melakukan login ke Gmail. Kamu tinggal memasukan username dan passwordnya agar bisa melanjutkan proses pembuatan blognya.

Web blogspot

Selanjutnya kamu diharuskan mengatur dan mengkonfirmasi profil blog. Kamu tinggal mengisinya pada kolom yang disediakan. Profil ini bisa diisi dengan nama sendiri, nama blg hingga Admin. Jika sudah diisi, silahkan klik Lanjutkan ke Blogger.

Tunggu proses penyimpanan hingga halaman Selamat Datang muncul.

Selanjutnya silahkan klik Create New, untuk melanjutkan proses pembuatan blog baru tersebut.

Mengatur blogspot

Silahkan isi pop-up yang muncul:

  • Tittle : Tuliskan judul blog yang hendak dibuat. Judul ini adalah identitas blog dan akan muncul pada halaman muka.
  • Address : Bagian ini disi dengan URL yang hendak di tampilkan, usahakan sesingkat mungkin. Selama belum dicustom, URL tersebut akan diikuti dengan .blogspot.com. Contoh detatang.blogspot.com.
  • Theme: Pilih tema (tampilan) blog yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Jika semua hal-hal di atas telah diatur dengan baik, silahkan kamu klik tombol Create Blog. Maka setelah itu blog kamu pun sudah berhasil dibuat, dan siap digunakan.

3. Cara membuat postingan dan halaman blog

Konten adalah raja, tentu mayoritas blogger setuju dengan pernyataan ini. Semakin banyak konten yang dibuat maka mendapatkan banyak pengunjung pun semakin mudah. Semakin banyak pengunjung, maka potensi mendapatkan banyak penghasilan pun semakin besar.

Cara membuat postingan blogspot

Selain postingan, kamu juga harus membuat halaman dengan baik. Cara membuat postingan blog sangat mudah, kamu tinggal klik saja menu Post lalu klik New Post, selanjutnya tinggal membuat postingan dan mempublikasikannya.

Hal ini juga berlaku untuk membuat halaman. Kamu tinggal memilih menu Pages, kemudian klik New Page. Selanjutnya tinggal membuat halaman seperti About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer dan lainnya sesuai kebutuhan.

Agar halaman dan postingan bisa lebih mudah tampil di halaman utama pencarian, pastikan kamu menggunakan teknik SEO dengan baik. Silahkan simak tulisan kami terkait 13 cara menulis artikel SEO Friendly.

4. Mengatur tampilan blog

Kunci utama tampilan blog yang diguanakan adalah pada pemilihan tema. Bagi kamu yang membutuhan tema premium berkualitas dengan harga terjangkau, plus jasa pasang dan pengaturannya silahkan bisa menghubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0823 2727 7319.

Cara mengatur tampilan blog

Untuk mengganti tampilan blog kamu tinggal klik menu Theme yang berada di menu sebelah kiri. Silahkan bisa memilih salah satu tema gratis yang tersedia untuk diinstal.

Setelah memilih salah satu, maka akan muncul cuplikan singkat seperti gambar berikut. Selanjutnya tinggal klik Apply untuk menginstal tema tersebut.

 

Untuk mengatur tampilan lebih lanjut, kamu tinggal klik menu Customize. Terdapat tiga opsi yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Background/ Latar Belakang: Bisa digunakan untuk merubah background dengan gambar yang tersedia. Pada opsi ini kamu juga bisa mengubah pallet warna tema menggunakan pilihan warna yang tersedia.
  • Advanced/ Lanjutan : Opsi ini dapat digunakan untuk merubah warna serta jenis font pada berbagai elemen tema. Misalnya saja seperti body, judul blog, postingan, gambar, atribut dan lain sebagainya.
  • Gadgets : Berfungsi untuk mengatur tampilan serta berbagai elemen-elemen penting pada sebuah blog. Contohnya seperti labels, pages, header, populer post, dan lainnya.

5. Mengatur tata letak blog

Cara membuat blog profesional dengan blogspot tidak hanya sampai langkah di atas. Kamu juga disarankan mengatur layout/tata letak/ susunan elemen pada situs yang dibangu. Untuk melakukannya silahkan klik tombol Tata Letak atau Layout yang ada pada menu.

Tampilan blog

Kamu bisa mengkonfigurasi setiap bagiannya dengan mengklik logo pena. Dengan mengklik tombol tersebut mana akan muncul pop-up, yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi.

Kamu juga bisa mengatur Gadget dan beberapa elemen lainnya menyesuaikan keinginan. Misalnya saja saat hendak menyusun Gadget, kamu dapat melakukannya dengan mengklik dan menariknya pada tempat yang dikehendaki.

Sebelum disimpan, kamu bisa menggunakan menu Preview untuk melihat tampilan yang telah diatur. Jika tampilan tersebut dirasa sudah sesuai, silahkan simpan pengaturan tersebut dengan klik Save arrangement.

6. Melakukan pengaturan lanjutan

Kini kamu sudah mengetahui cara membuat blogspot dengan cukup lengkap, bahkan sampai bisa mengatur tampilannya. Namun sebaiknya juga melakukan pengaturan lebih dalam lagi, di menu Pengaturan. Di sini tidak hanya mengatur tampilan saja, tapi juga fungsi, SEO, keamanan dan lainnya.

Di bawah ini adalah contoh beberapa sub menu pengaturan yang harus diisi:

  • Tittle : Isi dengan Judul Blog
  • Description: Menjelaskan secara singkat terkait blog yang dibangun.
  • Blog Language: Diatur menggunakan sesuai bahasa yang digunakan, jika blog berbahasa Indonesia maka silahkan atur menjadi bahasa Indonesia.
  • Privacy : Geser menjadi biru (Allow search engines to find your blog)
  • HTTPS: Aktifkan HTTPS redirect menjadi hijau (Ensure that visits to HTTP redirect to HTTPS). Dengan menggunakan https, maka situs yang kamu bangun menjadi lebih aman untuk diakses warganet.
  • Meta Tegs : Aktifkan (Enable search description) Klik dan isi search description. Pada bagian ini, jelaskan secara singkat dan menarik terkait blog tersebut.

7. Lakukan Custom Domain

Custom domain

Custom domain adalah hal penting dalam cara membuat blog profesional dengan blogpsot. Dengan menggunakannya, maka blog akan nampak lebih profesioanl dan terpercaya. Lebih dari itu blog yang sudah custom domain juga akan lebih mudah diingat dan berkesan di hati dan pikiran pembacanya.

Bandingkan saja detatang.blogspot.com, setelah custom domain menjadi detatang.com tentu itu lebih simpel. Dalam membeli domain, pastikan kamu membelinya di tempat terpercaya yang memiliki layanan terbaik.

Penyedia tersebut, memiliki banyak teknisis handal yang siap membantu kamu kapan saja jika mengalami kendala  dalam aktivitas blogging.

Beli Domain Terbaik Harga Bersahabat di Sini!

Demikian pembahasan mengenai cara membuat blog profesional dengan blogspot. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa setiap kali membuat postingan baru daftarkan ke Google Search Console. Dengan demikian maka postingan tersebut akan lebih cepat terindeks mesin pencari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *