cara membuat mobil lebih nyaman

Cara membuat mobil lebih nyaman tentu sangat penting. Seperti halnya rumah, kenyamanan mobil bukan hanya kita yang merasakan. Tapi juga orang-orang yang kita sayang, yang ikut berkendara bersama kita.

Tentu ada banyak cara untuk meningkatkan kenyamanan mobil. Pada postingan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa diantaranya.

7 Cara Membuat Mobil Lebih Nyaman

Agar mobil bisa lebih nyaman, sebenarnya caranya tidak harus mahal. Memang bagi sebagian orang, menambahkan berbagai aksesoris tambahan seperti meningkatkan kualitas audio mobil, dan lainnya.

Itu tidak salah, namun masih ada hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Dimana sebagian hal itu sering diremehkan. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Menjaga Kebersihan Interior

cara membuat mobil lebih nyaman

Interior mobil layaknya ruangan rumah kita. Jika kebersihannya terjaga, sudah tentu kita akan merasa nyaman. Pastikan kamu membersihkan dashboard mobil dengan benar.

Jika sampai salah, itu bisa merusak penampilan. Akibatnya bisa membuat tidak nyaman lagi dipandang.

Bagian interior mobil yang bersih, tentu juga sangat baik untuk kesehatan kita, dan pengendara lainnya. Kotoran selain bisa menjadi sarang kuman, juga bisa mengganggu kesehatan pernafasan.

2. Menggunakan Pewangi

Ada pepatah mengatakan, “suhu dalam mobil mencerminkan orangnya”. Faktanya selain merusak image, bau tak sedap dalam mobil juga memang membuat tak nyaman.

Agar suhu mobil senantiasa bersahabat, sebaiknya gunakanlah parfum mobil.

Selain memilih yang aromanya kamu sukai. Sebaiknya jangan menggunakan pewangi, yang aromanya terlalu kuat. Hal itu, biasanya akan sangat mengganggu penciuman. Terutama jika kamu berkendara dalam waktu cukup lama.

Tentu tidak baik, parfum yang tujuannya membuat nyaman malah justru bisa membuat pusing. Bahkan bisa jadi pengemudi lain banyak yang berkomentar. Jika kurang sabar, itu bisa merusak konsentasi berkendara.

3. Pastikan AC Berjalan Normal

Menggunakan merk ac terbaik, salah satu hal penting untuk kenyamanan mobil. Namun lebih penting dari itu, pastikan AC yang digunakan senantiasa berfungsi normal.

Berkendara di suhu panas, ditambah kemacetan panjang tentu akan sangat terasa menyebalkan jika AC mobil tidak berfungsi normal.

Sebaiknya rutinlah mengecek kondisi AC. Dengan hal ini, kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan dapat senantiasa terjaga. Jangan sampai, kamu tak menyadari AC kehilangan kemampuannya. Terutama saat hendak bepergian jauh.

4. Gunakan Kaca Mobil dengan Tepat

Ada kalanya sorotan lampu dari pengendara lain, membuat mata terasa silau. Begitu pun saat kaca terkena sinar matahari langsung.

Untuk mengatasi hal ini, para pengendara rata-rata menggunakan kaca film. Kaca jenis ini, mampu menangkal sinar ultraviolet dari matahari menembus ke dalam kabin mobil.

Ini merupakan salah satu cara membuat mobil lebih nyaman, yang efektif. Pastikan kamu menggunakan kaca film, yang teruji kualitasnya. Dengan demikian, manfaatnya bisa benar-benar terasa.

5. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Cara membuat mobil lebih nyaman, yang juga tidak boleh disepelekan adalah tekanan angin ban. Pastikan selalu berada pada standar, sesuai dengan petunjuk pabrikan mobil kamu.

Jika ban kurang angin, maka stir kemudi akan terasa berat. Hal tersebut juga berpotensi, menyebabkan pelek berbenturan langsung dengan permukaan jalan. Akibatnya tentu bisa merusak ban, hingga pelek itu sendiri.

Sebaliknya, jika ban terlalu keras bantingan mobil juga akan terasa tidak nyaman. Medan jalan yang tidak rata, juga akan lebih terasa dampaknya pada mobil dan pengemudinya.

6. Rutin Melakukan Service

Image: media.istockphoto.com/

Melakukan service secara berkala, berarti menjaga kualitas mobil agar senantiasa berada pada standarnya. Mobil yang tidak terawat, selain sangat mengganggu kenyamanan, juga berpotensi membahayakan keselamatan.

Jangan sampai mobil tiba-tiba mogok, saat berada di tengah jalan. Apalagi jika terjadi di tengah malam, dan di tempat yang jauh dari pemukiman.

Penyebab kecelakaan terjadi, salah satunya karena pemilik mobil tidak rutin melakukan perawatan. Agar mobil selalu nyaman, pastikan kamu selalu melakukan service sesuai anjuran.

7. Bersihkan Mobil Secara Teratur

Membersihkan mobil. Mungkin salah satu cara membuat mobil lebih nyaman, yang banyak disepelekan. Faktanya ini bukan hal yang sepele.

Mobil yang kotor, selain bisa merusak kesehatan dan penampilan. Ternyata juga sangat berpengaruh,  terhadap kepercayaan diri para penumpangnya.

Jika mobil bersih, maka rasa percaya diri akan tinggi. Tentu saja itu akan membuat nyaman berkendara.  Rajin memberishkan mobil, baik interior maupun eksterior, juga akan menjaga mobil senantiasa sehat.

Demikian 7 cara membuat mobil lebih nyaman. Sangat simpel dan sederhana bukan. Namun percayalah, dampaknya sangat besar. Selamat mencoba!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like