Cara membuat website bisnis online

Cara Membuat Website Bisnis Online Terbaik, Hindari 11 Kesalahan Ini!

Diposting pada

 

Detatang.com – Cara membuat website bisnis online tentu tidak boleh sembarangan. Hal ini karena ia akan menjadi tempat berjualan barang atau jasa, yang bisa diakses siapa pun di seluruh dunia.

Bukan rahasia lagi, jika banyak orang yang mau membangun bisnis online tapi bingung karena tak tau caranya. Umumnya mereka melakukan kesalahan terus menerus, dan bisa dibilang membuang waktu dan uang dalam mengembangkan bisnis online mereka

11 Kesalahan yang Umum Terjadi dalam Membuat Situs Bisnis Online

Sebelum berpikir bagaimana caranya membuat website bisnis online, pastikan kamu mengetahui berbagai kesalahan yang kerap terjadi, sehingga bisa menghindarinya.

Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pelaku bisnis online dalam membuat situs bisnis online.

1. Menggunakan domain gratisan

Untuk membangun sebuah bisnis, kamu perlu sesuatu yang bisa menumbuhkan rasa percaya. Kamu jangan pernah berharap bisnismu akan mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli, apabila situs bisnis online mu menggunakan domain yang gratisan, misal blogspot, wordpress, atau domain gratisan yang ga jelas

Kenapa calon pembeli sulit percaya? Karena dalam pembuatannya tidak memerlukan biaya, dan dapat dibuat secara massal untuk hal hal yang ttidak bertanggung jawab (penipuan). Pasti kamu pernah menerima SMS menang hadiah mobil memakai alamat blog gratisan ? dan hal yang muncul di benakmu adalah “yaelah, nama blog beginian, pasti penipuan”

Apabila tujuanmu adalah untuk mendapatkan banyak calon pembeli di bisnis onlinemu, alangkah baiknya kamu menghindari domain yang gratisan.

Sayang banget kan jika kamu udah menghabiskan waktu membuat banyak konten, menghabiskan banyak biaya untuk optimasi situs tapi tak mendapatkan satu pembeli pun karena menggunakan domain gratisan

Hal ini bisa kamu hindari hanya dengan uang kurang dari 200 ribu saja setahun untuk membeli domain premium, seperti domain .com , domain ini mudah diingat oleh orang. Jadi situs bisnis online mu akan tampak lebih profesional dan terpercaya.

2. Membuat situs Self-Host di server yang cupu

Kesalahan satu ini sering terjadi pada pebisnis online, alih alih menghemat biaya dengan menyewa server yang murah. Kebanyakan server yang murah dari umumnya, selain proses pemuatan situs yang lambat , sering kali server tersebut memblokir robot google. Hal ini bisa menyebabkan kerugian berupa menurunnya peringkat situs di google.

Meskipun pemilik situs merasa optimasi SEO onpage atau backlinknya yang gagal, lalu menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki hal ini, tapi tetap saja gagal. Wajar saja gagal, hal ini karena letak permasalahannya ada pada server tempat situsnya di host

Cara untuk mengetahui apakah situs tersebut tidak bermasalah dengan robot google, kamu bisa cek di google webmaster tools, lalu coba fitur bernama Fetch as Google. Jika berhasil, maka situsmu tak bermasalah. Namun jika gagal, baiknya kamu menghubungi pemilik server tersebut.

Satu hal yabg perlu diketahui, harga menggambarkan kualitas. Jangan mengharapkan kecepatan server yang baik jika memilih paket yang paling murah. Kamu harus fair, karena dalam dunia bisnis ada yang disebut dengan investasi.

3. Desain situs yang sangat menyedihkan sekali

Desain yang menyedihkan maksudnya adalah tampilan dari situsnya apa adanya dan tidak profesional, ibarat orang yang baru belajar bikin situs dan kebelet mau berbisnis online

Kesalahan ini sama seperti kesalahan memilih domain gratisan; dimana sama sama akan terlihat tidak profesional. Tampilan situs yang biasa saja tentunya tidak akan menarik pengunjung untuk membeli produknya.  Kamu harus pintar dalam cara mengatur warna dan posisi setiap elemen situs.

Tidak sedikit orang yang gagal menjual produknya meskipun sudah menggunakan domain dan hosting yang bagus, kegagalannya hanya karena tampilan situsnya yang terlihat sangat menyedihkan.

Kamu jangan berharap bisa meyakinkan orang jika penampilanmu sendiri meragukan. Untuk itu buatlah tampilan situs yang menarik, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa web desainer, atau membeli template bisnis online profesional yang ada di pasaran

4. Judul yang ‘rakus’

Pernahkah kamu melihat judul postingan sebuah barang yang dijual seperti ini

Jual Mobil Merek Honda, Mistsubishi, Suzuki, dengan Harga Murah Kredit Bunga Ringan DP Terjangkau di Kota Yogyakarta bla blaa blaaa.

Penggunaan judul sepanjang ini sudah jelas untuk menguasai semua kata kunci. Namun ini adalah kesalahan yang sangat fatal. Kamu tidak bisa serakus ini, karena poin dari judul tersebut akan dibagi ke setiap kata, jadi semakin panjang judulnya semakin kecil poin yang didapatkan.

Lalu bagaimana cara nya untuk menguasai banyak kata kunci ?

Satu satunya cara adalah dengan membuat lebih banyak konten, supaya fokus pada satu kata kunci saja. Selain itu konten yan dibuat harus memuat minimal 900-1000 kata.  Tunjukkan ke google bahwa kamu benar benar serius ingin sukses di bisnis online tersebut.

Tujuan membuat banyak konten tersebut supaya kamu bisa membagi judul yang panjang tadi ke dalam judul yang lebih singkat dan fokus

5. Kesalahan Cara Membuat Website Binis Online : Malas membuat konten

Cara membuat website bisnis online
Image via istockphoto

Kegagalan suatu usaha kebanyakan adalah karena malas. Coba kamu perhatikan situs besar seperti Tokopedia, Lazada saja terus berusaha memberikan penjelasan yang cukup panjang dan memadai tentang produk produknya. Tak heran bila penjualan mereka semakin hari semakin meningkat.

Situs besar yang mempunyai dana milyaran saja masih mau repot dengan melakukan hal tersebut, maka harusnya kamu pebisnis online yang mungkin dengan modal seadanya atau bahkan tak ada modal untuk promosi, harus sekali memiliki niat yang lebih besar untuk bekerja keras

Kalau malas membuat konten bagaimana ? yaaa berhenti bermimpi punya bisnis online yang sukses dan lakukan saja bisnis mu secara offline.

Tengok saja, persaingan di SERP google sangat ketat; sedangkan page one Google saja hanya menyediakan 10 tempat saja, jadi tidak ada tempat untuk para pemalas. Untuk itu pertimbangkan lagi ketika kamu akan menjalankan bisnis online, mau bekerja keras atau tetap saja malas ?

Alsan logisnya, bisnis offline tentu lebih menghasilkan saat ini juga dan bisnis online belum menunjukkan hasil. Tapi kalau kamu malas mengurus situsmu, sudah jelas sekali bisnis online yang belum menunjukan hasil itu tetap tidak menunjukkan hasil sampai kapan pun juga.

Karena usaha yang sukses, adalah yang dikerjakan.

6. Cuma mengandalkan OnPage atau hanya backlink saja

Perlu diketahui bahwa algoritma di Google itu cukup kompleks. Google menggunakan sinyal utama untuk menilai sebuah situs, yaitu onpage dan off page.

Sinyal onpage berfungsi untuk mengukur seberapa relevan isi dari konten dengan kueri pencarian. Sinyal backlink sendiri memiliki fungsi untuk mengukur otoritas atau kepopuleran dari sebuah situs.

Mengandalkan salah satu sinyal saja tentu akan membuat situs bisnis online mu menjadi timpang. Contohnya jika kamu hanya mengandalkan backlink saja, maka Google akan menilai blog mu itu populer, namun tidak memiliki suatu kerelevanan yang baik dengan kueri pencarian tersebut.

Akibatnya Google akan mengabaikan blogmu. Untuk itu perlu adanya keseimbangan antara kedua sinyal tersebut.

Pengabaian dari google masih untung, dan tidak berlanjut hingga pinalti sanksi. Jadi bagi kamu yang memiliki situs yang kuat dari sisi backlink, ada baiknya untuk memperbaiki dari sisi onpage dan off pagenya. Dengan begitu, Google akan memperhitungkan semua poin yang sudah “menunggu di pintu masuk” itu pada saat kunjungan yang berikutnya.

7. Mana yang lebih dulu ? Offpage atau onpage ?

Google selalu memantau dan melihat seberapa dinamis situs tersebut. Seberapa besar pertumbuhan kontennya, dan seberapa besar pertambahan kepopulerannya. Normalnya adalah saat konten terus bertumbuh, maka harus dibarengi dengan bertambahnya jumlah backlink

Apa yang terjadi jika keselarasan itu tidak terjadi?

Jika konten bertambahnamun backlink tidak bertambah, google akan menilai konten tersebut tidak terlalu diminati pembaca,  sehingga tak ada yang merekomendasikan situs mu. Kesimpulannya bahwa konten segar di situsmu tak mendapatkan tanggapan positif dari komunitas di dunia maya

Apakah bisa menambahkan backlink belakangan ?

Tentu bisa, tapi biasanya kontenakan kehilangan poin kesegarannya sehingga membutuhkan backlink yang lebih banyak untuk menambah poin

Jadi bila kamu punya situs dengan konten yang banyak dan berusaha memasang backlink, minimal kamu tetap menambah konten minimal 3 konten sebulan. Jangan biarkan situsmu seolah mati danterabaikan, karena setelah sebulan lewat (masa deep crawling), peringkatnya akan mulai merosot

Trus kalau backlink duluan baru konten ?

Seperti yang sudah dijelaskan, poinnya akan bertambah menunggu di depan pintu dan akan ada gunanya saat situsmu memiliki kontenyang semakin banyak.

Jadi salah satu sinyal kamu tunda, maka kamu juga menunda keberhasilan dari optimasi situs bisnisonline mu. Alangkah baiknya kamu melakukannya dengan beriringan, meskipun hasil perkembangan keduanya menjadi agak lambat (kamu harus pintar membagi waktu)

8. Berpikir bahwa backlink adalah segalanya

Backlink merupakan salah satu hal yang sangat penting. Kamu tidak bisa membuat situsmu menguasai kata kunci tanpa adanya backlink, terlebih jika persaingannya sangat ketat. Namun jangan berpikir hanya dengan modal backlink bisa membuat situsmu menjadi juara di SERP Google

Penjelasannya, backlink memiliki fungsi untuk meningkatkan domain authority situsmu. Semakin tinggi domain authority situsmu, maka semakin mudah situsmu mendapatkan ranking. Bahkan konten yang baru dipublish pun bisa menempati page one google tanpa harus bersusah payah. Namun google tak beranggapan bahwa backlink harus sebanyak mungkin.

Untuk saat ini hanya  dengan backlink sekitar 500-700 saja sudah cukup untuk memenangkan persaingan di Indonesia. Perlu diketahui bahwa backlink memiliki tinkat saturasi, artinya ada titik dimana pertambahan yang terjadi berikutnya tidak akan memiliki pengaruh lagi. Ibaratnya google sudah menganggap bahwa “nilai segitu aja udah cukup”

Untuk iturelevansi backlink dengan konten juga harus diperhatikan. Supaya tidak diabaikan

9. Kepadatan keyword pada halaman yang lemah

Banyak orang yang melakukan optimasi keyword untuk sebuah halaman yang dioptimasi, namun ketika kita mencari keyword di halaman itu, ternyata tak ada sama sekali. Jangankan dalam urutan frase yang benar, untukkata per kata saja tidak bisa ditemukan. Bagaimana bisa halaman situs yang seperti ini bisa diharapkan untuk ranking ?

Minimal kamu harus menulis kata kunci dalam halaman yang dioptimasi. Kepadatan kata kunci dalam konten sebaiknya 3%-6% saja.

Misalnya kamu membuat konten dengan total kata sebanyak 1000 kata, maka usahakan memunculkan keyword minimal 7 kali dalam konten tersebut.

10. Memusatkan optimasi di homepage terlebih dahulu

Lazimnya sebuah situs mendapatkan backlink yang terpusat ke homepagenya dibandingkan pada halaman kontennya. Backlink yang mengarah ke homepage akan mempercepat peningkatan domain authority, dan hal itu akan membuat dampak yang lebih menyeluruh ke semua konten yang ada di blog itu.

Efek yang terkuat tentunya akan menuju ke halaman-halaman yang linknya dapat ditemukan dalam homepage tersebut

Apabila kamu melakukan optimasi terpusat di halaman konten, maka efek yang terlihat hanya lokal saja. Akibatnya butuh waktu yang lebih lama untuk meningkatkan domain authority. Kesimpulannya adalah baiknya kamu memulai optimasi offpage pada homepage terlebih dahulu.

11. Buta masalah link

Link memiliki peran penting dalam optimasi, karena link akan membantu mengalirkan poin ke tiap halaman yang mau kamu optimasi. Namun masih banyak orang yang tak tau mengenai pentingnya pengaturan link dalam situs mereka, sehingga mereka justru merusak situs yang susah payah dioptimasi.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang lazim dilakukan:

Berlebih dalam memasang link di satu halaman saat baru memulai optimasi web. Ibaratnya berusaha untuk mengangkat beban yang berat menggunakan otot bayi. Jadi harusnya jumlah link yang ditayangkan di dalam halaman dibatasi dulu sekitar 50-an. Link ini bisa berupa link artikel andalan dan link menuju halaman label

Memasang link yang menuju ke akun sosmed mu dibagian atas header hanya akan membuat poin mengalir ke situs sosmed, padahal yang mau kamu berikan poin adalah situsmu.

Membuat link keluar menuju situs yang benar benar tidak relavan merupakan kesalahan yang secara tidak sadar dilakukan. Untuk itu supaya poin yang didapatkan maksimal, pasanglah link yang menuju ke halaman itu sendiri

Cara Membuat Website Bisnis Online dengan Tepat

Cara membuat toko online

Bagi yang memahami bahasa program dan sudah sering membuat website, tentu bukan hal yang sulit untuk membuat web atau toko online. Namun lain ceritanya jika kamu benar-benar pemula.

Dari pada hasilnya kurang maksimal, cara membuat website bisnis onine terbaik yaitu menggunakan jasa yang sudah berpengalaman.

Salah satu cara membuat website bisnis online terbaik bisa memesannya melalui kami. Selain diberikan website atau toko online yang benar-benar siap pakai, kamu juga akan dibimbing sampai benar-benar mahir untuk menggunakannya.

Tentunya kamu tidak mau kan situsmu berkualitas namun tidak ahli dalam menggunakannya. Lebih dari itu, kamu juga akan digabungkan dalam grup khusus untuk belajar meningkatkan penghasilan. Terutama mendapatkan penghasilan tetap tiap bulan dari situsmu selain produk atau jasa yang dijual, misalnya penghasilan situs dari Google Adsense, Props Ads, Involve Asia dan lain sebagainya.

Tak perlu banyak pikir, segera saja pesan webiste atau toko online impian kamu melalui WhatsApp kami di nomor 0823 2727 7319.

Penutup

Di atas adalah 11 kesalahan, dalam cara membuat website bisnis online yang seringkali dapat menghambat untuk berkembang, misal susah untuk mendapatkan posisi, trafik dan susah untuk mendapatkan calon pembeli.

Apabila tidak segera diperbaiki, bisa dipastikan situs bisnis online yang sudah dibangun tidak dapat berkembang secara maksimal.

Guna menghindari berbagai kesalahan tersebut, gunakan cara membuat website bisnis online dengan tepat. Jika membutuhkan jasa pembuatan website atau toko online jangan ragu untuk menghubungi kami via WhatsApp, di nomor 0823 2727 7319.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *