cara meghilangkan jerawat secara alami dan cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat, Komedo Juga Kabur!

Diposting pada

Artikel ini akan membahas cara menghilangkan jerawat secara alami sampai tuntas, hingga bekasnya hilang. Bukan hanya jerawat, komedo juga bisa langsung hilang jika mempraktekan tips ini dengan benar.

Seperti kita tahu, komedo dan jerawat merupakan masalah kulit yang umumnya dihadapi oleh hampir semua orang. Terutama di masa-masa pubertas.

Produksi minyak yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori kulit. Kotoran yang masuk ke dalam pori-pori kulit, dan infeksi bakteri, menjadi penyebab terbentuknya komedo dan jerawat.

Karena komedo, kulit menjadi kasar akibat tonjolan-tonjolan yang terbentuk, bahkan berbintik-bintik. Terutama jika komedo yang terbentuk merupakan jenis blackhead, yang berwarna hitam.

Bila terjadi peradangan, maka akan terbentuk jerawat. Ada kalanya jerawat tidak hanya membuat kulit terlihat buruk, tetapi juga terasa sakit.

Karena menimbulkan banyak masalah di wajah, komedo dan jerawat harus dihilangkan. Cara menghilangkan komedo secara alami dan jerawat, ada cukup banyak.

Beberapa diantaranya bisa dilakukan di rumah, sehingga bisa menghemat waktu dan biaya. Bahan yang digunakan untuk perawatan cukup mudah didapatkan.

Bahkan mungkin ada beberapa bahan yang sudah tersedia di rumah.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Sebelum membahas cara menghilangkan komedo secara alami, kita bahas dulu cara menghilangkan jerawat dengan cepat, Cara ini sangat praktis, sehingga bisa langsung dipraktekan.

Obat Anti Jerawat

Berbagai obat anti jerawat kini tersedia bebas di pasaran. Obat ini bisa didapatkan di apotek dan juga supermarket.

Biasanya, obat jerawat berbentuk krim atau lotion. Penggunaannya dengan dioleskan ke bagian yang berjerawat.

Bahan yang biasa terkandung dalam obat jerawat adalah salicilyc acid. Fungsinya untuk membantu mengontrol produksi minyak di kulit.

Masing-masing obat anti jerawat memiliki formulasi yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya mungkin bisa menyebabkan iritasi, dan gangguan kulit lainnya.

Sebelum menggunakan obat jerawat, haruslah dicoba dahulu di sedikit bagian kulit yang peka, seperti di bagian bawah telinga. Tujuannya untuk melihat reaksi kulit terhadap obat.

Jika tidak ada reaksi buruk seperti gatal berlebihan, ruam, dan rasa sakit, obat bisa digunakan di wajah.

Penggunaan obat anti jerawat haruslah mengikuti aturan yang telah dijelaskan di kemasan obat. Jika tidak sesuai aturan, bisa jadi pengobatan tidak efektif atau justru merusak kulit.

Jadi, bacalah aturan penggunaannya dengan seksama.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Strip

Strip penghilang komedo dikhususkan untuk menghilangkan komedo-komedo di hidung, dengan cara menariknya keluar dari kulit daerah hidung.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu menempelkan strip pada hidung yang sudah dibasahi lebih dahulu. Tunggu selama beberapa menit hingga kering, kemudian dilepaskan.

Komedo yang sudah berhasil ditarik, dapat terlihat langsung dan menempel pada strip.

Penggunaan strip yang berlebihan bisa menyebabkan iritasi. Seperti halnya obat, gunakan strip sesuai dengan aturan penggunaannya.

Jika terjadi reaksi negatif dari kulit, segera hentikan penggunaannya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara menghilangkan jerawat secara alami

Berikut ini, beberapa cara menghilangkan komedo secara alami. Cara ini juga berlaku untuk jerawat!

Garam untuk Cara Menghilangkan Komedo secara Alami

Merupakan bahan yang ada di setiap dapur. Garam adalah bahan yang paling mudah didapatkan di rumah.

Garam yang mengandung yodium, memiliki khasiat membersihkan luka dan membunuh bakteri.Untuk menghilangkan komedo dan jerawat, garam bisa digunakan sebagai masker.

Caranya sangat mudah. Anda tinggal melarutkan garam ke dalam sedikit air. Selanjutnya silahkan gosokan dengan halus pada wajah yang berjerawat dan berkomedo.

Biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Segera keringkan wajah.

Air Jeruk Nipis / Jeruk Lemon

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya, dengan jeruk nipis atau melon.

Jeruk nipis dan jeruk lemon adalah jenis jeruk yang berasa sangat masam. Kandungan asam inilah yang mampu membunuh bakteri, menghilangkan minyak berlebih dari kulit, dan membantu mengontrol produksi minyak dalam kulit.

Untuk menghilangkan komedo dan jerawat, air jeruk nipis atau jeruk lemon digunakan sebagai masker selama 10-15 menit.

Sebagai masker komedo dan jerawat, air jeruk nipis akan bekerja lebih baik jika dicampur dengan sedikit garam.

Selain berkhasiat menghilangkan jerawat, air jeruk nipis dan lemon juga berkhasiat mencerahkan kulit, dan menyehatkan kulit dengan kandungan vitaminnya. Oleh karena itu, gunakan masker ke seluruh wajah.

Perlu diperhatikan bahwa kandungan asam dalam jeruk nipis bisa menyebabkan iritasi kulit. Oleh karena itu, penggunaannya sebagai masker jangan lebih dari 15 menit.

Untuk kulit yang sensitif, air perasan jeruk ini harus dilarutkan dengan sedikit air terlebih dahulu, sebelum dioleskan ke kulit.

Air jeruk nipis dan lemon juga membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, setelah menggunakan masker ini, kulit jangan sampai terpapar sinar matahari langsung.

Sebaiknya, masker jeruk nipis digunakan saat malam hari. Kalaupun digunakan di siang hari dan harus keluar rumah, oleskan sunblock pada kulit. Tujuannya untuk menjaganya dari paparan sinar matahari langsung.

Kulit Jeruk : Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Jika tidak memiliki jeruk nipis atau lemon, menghilangkan komedo dan jerawat bisa dilakukan dengan menggunakan kulit jeruk jenis apapun.

Caranya adalah dengan memarut kulit jeruk, dan mencampurkannya dengan gula pasir. Campuran ini kemudian digosokkan ke kulit yang berkomedo sebagai scrub, yang menarik keluar komedo dari kulit.

Untuk komedo yang masih ringan, kulit jeruk bisa langsung digunakan.

Caranya adalah dengan menempelkan bagian dalam kulit jeruk, ke kulit yang berkomedo.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian lepaskan kulit jeruk. Komedo bisa terangkat dan menempel di kulit jeruk.

Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami berikutnya, dengan putih telur.

Putih telur mengandung protein tinggi, yang sangat baik untuk mengencangkan kulit. Kandungan protein dari kulit telur, juga bisa digunakan untuk menarik keluar komedo dari kulit.

Caranya adalah dengan mengoleskan putih telur secara merata ke permukaan kulit, dengan menggunakan kuas. Pijat lembut kulit untuk merangsang keluarnya komedo.

Biarkan selama beberapa menit hingga putih telur mengering dan kulit terasa kaku. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Jika ingin hasil cara menghilangkan komedo secara alami ini lebih maksimal, dan terlihat jelas komedo yang terangkat. Silahkan tempelkan kertas minyak dikulit yang telah diolesi putih telur, saat masih basah.

Biarkan kering selama kurang lebih 15 menit. Setelah kering, lepaskan kertas minyak secara perlahan. Komedo yang tertarik akan menempel pada kertas minyak

Air Teh Basi

Makanan dan minuman yang sudah basi biasanya langsung dibuang, tetapi beda halnya dengan teh basi.

Jika sudah disimpan minimal sehari, air teh ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat maupun komedo.Baunya memang cukup mengganggu, tetapi terbukti ampuh melawan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami ini, yaitu dengan mengoleskan air teh basi ke wajah. Biarkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Air teh basi yang baik untuk masker, adalah yang umurnya satu hari atau lebih sedikit. Jika terlalu lama, maka sudah kurang baik kualitasnya.

Bila ingin lebih prkatis, Anda tinggal membuatnya sekali saja. Biarkan air teh tersebut basi, kemudian simpan di kulkas. Air teh basi tersebut bisa digunakan selama satu minggu.

Daging Buah Pepaya

Daging pepaya juga bisa digunakan, sebagai salah satu cara alami menghilangkan jerawat dan komedo.

Hal ini karena daging buah papaya mengandung berbagai vitamin, yang sangat bermanfaat bagi kulit, salah satunya menghilangkan komedo dan jerawat.

Daging papaya matang dihaluskan dan digunakan sebagai masker. Setelah mengering, bilas dengan air hangat.

Setelah komedo dan jerawat hilang, papaya tetap dapat digunakan sebagai masker secara teratur.

Jika rutin dilakukan, hal ini bisa menjaga kelembaban kulit, mencerahkan, dan menyegarkan.

Kedelai

Cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen, juga bisa dengan kedelai. Kandungan protein dan serat dalam kedelai bisa mengangkat komedo.

Selain itu, kedelai juga bisa melawan bakteri sehingga baik untuk perawatan jerawat.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan kedelai kering, kemudian mencampurnya dengan sedikit air.

Pasta kedelai ini, digunakan sebagai scrub di area kulit berkomedo. Diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air hangat.

Tepung Terigu/Gandum

Tepung, juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami. Masker tepung terigu ternyata bisa melawan komedo dan jerawat.

Caranya dengan mencampurkan air dengan terigu, hingga membentuk pasta. Selanjutnya Anda tinggal mengoleskannya secara merata pada wajah.

Diamkan 10-20 menit hingga kering, dan bilas dengan air hangat. Karena kandungan vitamin B yang cukup tinggi, gandum juga baik untuk menutrisi kulit dan juga mencerahkan.

Pala dan Susu

Campuran pala dan susu, telah digunakan di beberapa negara Asia sebagai bahan masker wajah.

Bukan hanya bisa menghilangkan komedo, tapi juga untuk menghaluskan kulit.

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan bubuk pala dengan susu, hingga membentuk pasta. Gunakan sebagai masker selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kayu Manis

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami berikutnya adalah menggunakan kayu manis. Kayu manis bisa digunakan sebagai masker, untuk menghilangkan komedo dan jerawat.

Caranya cukup simple. Anda hanya tinggal menghaluskan kayu manis, lalu tambahkan dengan sediki air sampai berbentuk pasta.

Gunakan pasta sebagai masker, pijat lembut selama beberapa detik, dan biarkan selama 20 menit.

Setelah kering, bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, kayu manis bisa dicampur dengan air jeruk nipis atau jeruk lemon.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan madu

Madu mengandung bahan anti bakteri yang sangat ampuh mengatasi peradangan jerawat.

Madu bisa digunakan langsung sebagai masker. Bisa juga dicampur dengan air jeruk lemon, dan teh hijau.

Sama seperti menggunakan masker biasa. Anda tinggal mengoleskannya secara merata sambil memijat pelan.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Jika sudah, silahkan bilas dengan air hangat.

Gelatin dan Susu

Perpaduan glatin dan susu, dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami.

Gelatin yang lengket bisa menarik komedo membandel, sedangkan susu bisa menutrisi kulit. Kedua bahan ini bisa menjadi perpaduan yang hebat, dalam menghilangkan komedo dan jerawat.

Ada pun caranya, yaitu dengan mencampurkan susu panas dengan gelatin sampai berbentuk pasta.

Jika sudah jadi, silahkan kuaskan pada kulit dan biarkan selama 10 sampai 20 menit. Setelah kering, angkat gelatin perlahan. Maka akan terlihat komedo yang menempel.

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan baking soda

Baking soda memiliki sifat abrasif, yang bisa menghilangkan komedo dari kulit. Penggunaannya dengan cara membuat pasta baking soda, yang dicampur sedikit air hangat.

Oleskan pasta baking soda ini pada komedo, dan biarkan sampai mongering. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan kulit.

Perlu diperhatikan bahwa baking soda yang abrasif bisa berbahaya bagi kulit. Terutama jika digunakan terlalu sering dan terlalu lama.

Gunakan dengan interval seperti satu minggu dua kali. Setelah komedo terlihat hilang, hentikan pemakaian.

Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Lidah Buaya mengandung bahan-bahan alami yang menjaga kelembaban kulit, dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Penggunaannya untuk menghilangkan komedo dan jerawat, adalah dengan mengoleskan gel yang terdapat di bagian dalam lidah buaya ke kulit.

Biarkan sampai kering dan bilas dengan air hangat.

Lidah buaya yang baik untuk digunakan adalah yang masih segar, dan baru saja dipetik. Lidah buaya yang sudah diproses atau telah dipetik lama, memiliki khasiat yang sudah jauh berkurang.

Tips Masker Jerawat Ampuh

masker jerawat ampuh

Sebelum menggunakan masker untuk jerawat dan komedo, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga lebih ampuh.

Sebelum menggunakan masker, pastikan kulit berada dalam kondisi bersih. Sebaiknya, kulit juga tidak berada dalam kondisi lelah seperti setalah melakukan banyak aktivitas di luar ruangan.

Jangan lupa, istirahatkan dahulu kulit agar penyerapan nutrisi bisa berjalan dengan lebih baik.

Agar hasil masker lebih optimal (komedo terangkat lebih banyak dan jerawat segera hilang), sebaiknya wajah dirawat dengan uap panas terlebih dahulu. Tujuannya untuk membuka pori-pori.

Saat pori-pori terbuka, bahan aktif yang terdapat dalam masker bisa masuk lebih dalam ke pori-pori.

Caranya adalah dengan menuangkan air mendidih ke dalam baskom atau mangkuk besar. Kemudian dekatkan wajah ke atas air panas, hingga uapnya mengenai wajah.

Agar hasilnya lebih maksimal atau masker jerawat ampuh. Silahkan tutup kepala dan area sekitar mangkuk dengan handuk. Tujuannya agar uap air panas yang dihasilkan, dapat benar-benar berpusat pada wajah.

Biarkan wajah terkena uap panas, selama kurang lebih 1-2  menit.

Jika sudah diberi uap panas, jangan langsung menggunakan masker. Tunggu hingga kulit menjadi dingin dan terasa lebih nyaman.

Barulah setelah itu, bisa mengaplikasikan masker ke kulit. Setelah masker, bersihkan kulit wajah dengan seksama, agar tidak ada masker yang tertinggal dan menyumbat pori.

Pasca Penggunaan

Setelah penggunaan masker jerawat ampuh, pori-pori yang terbuka harus ditutup kembali agar kulit tidak kasar.

Untuk menutup pori-pori gunakan es batu. Tetapi jangan menempelkan es batu langsung ke kulit, karena bisa berbahaya.

Es yang terlalu dingin bisa menempel di kulit, dan saat ditarik bisa ada bagian kulit yang terkoyak.

Sebaiknya, bungkus es batu dengan kain halus kemudian gosokkan secara lembut ke kulit.

Penggunaan masker jerawat ampuh haruslah dilakukan secara teratur, karena satu kali masker saja tidaklah cukup.

Namun, penggunaannya juga tidak boleh tiap hari. Jika dilakukan, justru bisa membuat kulit menjadi lemah, dan mudah iritasi.

Sebaiknya, masker dilakukan 1-2 kali setiap minggunya. Karena kondisi setiap kulit manusia berbeda-beda, harus diperhatikan efek masker pada kulit.

Jika terjadi tanda-tanda yang tidak baik seperti gatal, kemerahan, ruam, kulit menjadi kasar, luka, rasa terbakar, dan rasa sakit, hentikan penggunaan masker.

Carilah bahan lain yang lebih lembut dan cocok di kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Bandel

 

Beberapa komedo dan jerawat memiliki sifat membandel. Walaupun sudah dirawat dengan masker jerawat, tetap saja komedo dan jerawat itu tidak mau hilang.

Lebih parah lagi jika kulit justru mengalami iritasi, akibat obat jerawat atau masker yang digunakan.

Jika sudah seperti ini kejadiannya, maka perawatan terbaik untuk menghilangkan komedo dan jerawat, adalah dengan cara mendapatkan perawatan klinis dari dokter kulit atau dermatologist.

Dokter kulit akan melakukan analisa secara menyeluruh, untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi pada kulit. Selanjutnya melakukan perawatan yang dibutuhkan.

Biasanya, untuk menghilangkan komedo dan jerawat, dilakukan dermabrasi. Proses dermabrasi biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang, dan dilakukan dalam beberapa sesi.

Oleh karena itu, perawatan biasanya membutuhkan beberapa kali kunjungan.

Cara Mencegah Jerawat dan Komedo cara menghilangkan komedo secara alami

Setelah perawatan, kulit wajah harus dijaga agar komedo dan jerawat tidak datang kembali. Ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu:

Senantiasa menjaga kebersihkan kulit

Komedo dan jerawat terbentuk akibat minyak dan kotoran yang menyumbat pori. Oleh karena itu, bersihkan wajah secara teratur (terutama setelah menggunakan make up dan sebelum tidur).

Gunakan bahan pembersih wajah yang lembut, dan tidak menyebabkan iritasi. Sebaiknya tidak menggunakan pembersih wajah yang mengandung sabun.

Saat mencuci muka, jangan menggunakan air hangat karena bisa membuat kulit kering.

Menggunakan pelembab bebas minyak secara teratur

Cara mencegah jerawat juga bisa dengan pelembab. Produksi minyak berlebih yang menyebabkan komedo dan jerawat, justru sering terjadi pada kulit kering.

Jika kulit kering, sinyal tersebut diartikan sebagai kondisi yang membutuhkan banyak minyak, sehingga kulitpun memproduksi minyak secara berlebihan.

Atas dasar itu, gunakan pelembab secara teratur untuk menjaga kelembabanya. Pelembab yang digunakan adalah jenis bebas minyak (oil free).

Menjaga pola makan sehat dan teratur

Cara mencegah jerawat dan komedo berikutnya bersumber dari makanan.

Hal ini karena kulit kering, produksi minyak berlebih, dan masalah-masalah kulit lainnya, bisa disebabkan oleh kurang nutrisi.

Selain itu, bisa juga karena adanya bahan-bahan berbahaya dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Oleh karena itu, perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Perbanyak jenis makanan sayur dan buah, untuk menjaga kelembaban alami kulit dan menyehatkan. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan, yang bisa mengakibatkan efek buruk pada kulit. Selain itu hindari juga asap rokok.

Merokok dan paparan asap rokok, juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Diantaranya dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

Ada satu mitos yang berkembang di masyarakat, tentang makanan berminyak yang menyebabkan produksi minyak berlebih dalam kulit, dan kemudian menimbulkan jerawat.

Sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara makanan berminyak, dengan produksi minyak kulit. Yang terjadi adalah makanan berminyak, terutama gorengan, bisa menyebabkan oksidasi sehingga kulit menjadi tidak sehat, dan tidak seimbang kondisinya.

Berolah raga secara teratur

Cara mencegah jerawat juga bisa dengan senam atau olahraga lainnya. Berolah raga secara teratur membawa kesehatan pada seluruh tubuh, termasuk kesehatan kulit. Selain itu, olah raga menyebabkan tubuh berkeringat.

Keringat akan membawa kotoran keluar dari tubuh dan juga kulit. Dengan begitu, kulit menjadi lebih bersih.

Namun, keringat yang mengandung kotoran juga bisa menyebabkan tersumbatnya pori. Oleh karena itu, bersihkan kulit setelah berolahraga.

Istirahat yang cukup

Kulit membutuhkan istirahat yang cukup, terutama tidur lelap untuk bisa melakukan regenerasi sel. Jika tidak mendapatkan istirahat cukup, kulit akan lelah sehingga fungsinya menjadi menurun.

Produksi minyak dan lain sebagainya menjadi tidak stabil, sehingga muncul berbagai masalah dalam kulit.

Hindari debu dan kotoran menempel di kulit

Debu dan kotoran adalah penyebab utama komedo dan jerawat, oleh karena itu hindari menempelnya debu dan kotoran pada kulit.

Jangan terlalu lama berada di luar ruangan yang berpolusi. Jika harus bekerja di luar ruangan, gunakan sesuatu yang bisa melindungi kulit dari debu dan kotoran. Misalnya seperti masker wajah dari kain.

Setelah beraktivitas, segera bersihkan wajah agar debu dan kotoran hilang.

Hindari berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama

Udara AC yang dingin dan sangat kering bisa membuat kulit menjadi kering. Akibatnya, kulit menjadi tidak sehat dan memproduksi minyak berlebih.

Jadi, hindari berada dalam ruangan ber-AC terlalu lama. Jika memungkinkan, atur AC supaya tidak terlalu dingin.

Jangan lupa, gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit. Selama berada di ruangan ber-AC, pelembab sebaiknya diaplikasikan ulang setiap 2-3 jam.

Jangan sering menggaruk atau mencongkel

Jari dan kuku bisa saja mengandung kotoran dan bakteri, sehingga kegiatan menggaruk atau mencongkel komedo dan jerawat, justru bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Jika terasa gatal, cukup dengan menepuk-nepuk kulit. Mencongkel komedo dan jerawat dengan alat, juga tidak disarankan untuk dilakukan sendiri. Terutama jika anda tidak memiliki ilmu yang cukup.

Di klinik, penghilangan komedo dan jerawat dengan alat serupa dilakukan oleh ahli, dengan alat yang sudah disterilisasi sebelum digunakan.

Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami. Pantau terus Detatang.com untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *