Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Cara mengurus balik nama mobil, BPKB dan STNK tentunya penting diketahui. Terutama oleh kamu yang baru saja membeli mobil second. Pada postingan kali ini, detatang.com, akan membahasnya secara lengkap dan jelas.

Tak sedikit yang menganggap mengurus balik nama mobil itu ribet dan mahal. Akhirnya niat ini pun diurungkan. Bahkan mungkin tak terpikir sama sekali.

Penting diketahui, biaya balik nama kendaraan tiap daerah tidaklah sama. Hal tersebut, ditentukan kebijakan masing-masing pemerintah daerah yang bersangkutan.

Secara umum biaya balik nama mobil itu terbagi menjadi dua. Yakni biaya pajak yang tertulis pada STNK setelah dicetak. Serta biaya di luar pajak yang tidak tertulis, dalam STNK tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya

Biaya Balik Nama Mobil 2021

Biaya balik nama mobil 2021

Karena tahun 2021 tinggal menghitung bulan, penulis berinisiatif memberikan sub judul ini di tahun 2021. Penulis yakin, biaya balik nama mobil 2021 tidak jauh beda dengan tahun 2020.

Secara umum biaya balik nama mobil itu terbagi menjadi dua. Yakni biaya pajak yang tertulis pada STNK setelah dicetak. Serta biaya di luar pajak yang tidak tertulis, dalam STNK tersebut. Berikut penjelasan lengkapnya:

Biaya Pajak

Salah satu biaya balik nama mobil, yang akan dibebankan adalah biaya pajak. Nominal biaya ini, nantinya akan tertulis pada STNK yang bersangkutan.

Biaya pajak ini, terbagi dalam lima kategori, yakni sebagai berikut:

1. PKB

PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) merupakan salah satu biaya yang tertera pada STNK. Umumnya biaya ini, jumlah nominalnya sama dari tahun-tahun sebelumnya.

Seiring bertambahnya usia kendaraan, biasanya biaya pajak ini akan mengalami penurunan. Beda halnya jika sobat Pajak Progresif.

2. BBN KB

BBN KB (Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor). Biaya ini akan dikenakan jika kamu ingin melakukan balik nama mobil. Besarnya biaya ini, ditentukan menggunakan rumus BBN KB = 2/3 x PKB.

3. SWDKLLJ

SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas Jalan), juga tertera pada setiap STNK kendaraan. Nominal biaya ini, telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Biaya SWDKLJJ untuk mobil sendiri, yaitu Rp 143.000.

4. Biaya ADM STNK

Dalam biaya balik nama mobil 2021 juga ada ADM STNK. Biaya Administrasi STNK ini, juga telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Nominal biaya yang harus dibayarkan pada kendaraan mobil, adalah Rp 75.000.

5. Biaya ADM TNKB

Tak jauh berbeda dengan biaya no 3 dan 4. Biaya ADM TNKB ((Biaya Administrasi Tanda Kendaraan Bermotor), nominalnya juga berdasarkan ketentuan dari pemerintah pusat.

Biaya ADM TNKB untuk mobil adalah Rp 50.000. Namun, biaya ini pun sewaktu-waktu bisa berubah menyesuaikan kebijakan pemerintah.

Biaya di Luar Pajak

Biaya balik nama mobil 2021 ini sedikit berbeda, dengan biaya yang sudah tertera pada STNK. Biaya di luar pajak ini tentu harus diperhitungkan, sebagai salah satu syarat dalam mengurus balik nama mobil.

Ada pun beberapa biaya di luar pajak, yang harus dibayarkan dalam cara mengurus balik nama mobil, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pengesahan hasil cek fisik Rp 30.000 (Tanpa kuitansi)
  2. Pendaftaran balik nama STNK Rp 30.000 (Tanpa kuitansi)
  3. Pendaftaran balik nama BPKB untuk mobil Rp 100.000

Khusus untuk balik nama BPKB, ada blangko yang dikeluarkan oleh POLDA. Ini biasanya setalah STNK selesai, dan saat pengurusan BPK. Dapat disetorkan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Setelah mengetahui biaya balik nama mobil 2021, kamu juga harus tahu cara mengurus balik nama itu sendiri.

yang dikeluarkan untuk balik nama. Sahabat juga perlu mengetahui urutan Cara mengurus balik nama mobil. Adapun syarat yang perlu disiapkan adalah :

Berkas yang Harus Disiapkan

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan semua berkas yang dibutuhkan telah disiapkan. Berkas tersebut meliputi:

  1. Foto copy pemilik baru atau KTP pemilik mobil sebelumnya.
  2. BPKB asli dan foto copynya.
  3. STNK asli dan fotocopy.
  4. Kwitansi jual beli kendaraan tersebut, dengan dilampirkan materai Rp 6000. Kuitasni ini, umumnya juga sudah disediakan di kantor Samsat maupun Polsek.

Setelah semua berkas tersebut siap, kamu bisa langsung membawanya ke Samsat maupun polsek. Jangan lupa juga bawa kendaraan yang akan balik nama tersebut.

Tahapan Proses Balik Nama BPKB Mobil

Cara mengurus balik nama mobil 2021 yang pertama, tentu membawa kendaraan dan semua berkas ke Samsat. Setelah sampai, segeralah datang ke lokasi cek fisik. Petugas akan menjelaskan secara detail, terkait prosedurnya.

Setelah berada di lokasi cek fisik dan mobil dibuka kapnya. Petugas akan membawa formulir, dan langsung melakukan cek fisik. Cek fisik tersebut meliputi nomor rangka dan nomor mesin mobil, yang dicek dengan cara menggosokkan stiker khusus.

Setelah cek fisik selesai, kamu akan diberikan formulir. Isilah formulir tersebut sesuai data mobil yang ada pada STNK.

Selanjutnya, serahkan formulir dan STNK asli kepada petugas yang ada di loket. Tunggu sampai nama yang tertera di STNK tersebut dipanggil.

Setelah diproses, kamu akan dipanggil kembali oleh petugas untuk mengumpulkan berkas-berkas, yang diperlukan. Berkas tersebut meliputi Fotocopy pemilik baru, STNK asli, fotocopy STNK, fotocopy BPKB, formulir cek fisik, serta kwitansi ke Gedung Utama yang ada di Samsat.

Setelah semua berkas diserahkan, maka kamu akan diminta petugas menyerahkan BPKB asli. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu kembali sampai nama kamu dipanggil petugas.

Setelah dipanggil, kamu harus mengembalikannya ke loket awal. Di loket ini, kamu akan mendapatkan lembar tagihan biaya balik nama mobil 2021, yang harus dibayarkan.

Setelah melunasi biaya tersebut, kamu akan menerima cap lunas dan tanda terima berkas yang telah dikumpulkan tadi. STNK mobil dengan nama baru pun selesai dibuat.

Cukup mudah bukan teman. Semoga dengan mengetahui biaya balik nama mobil 2021, dan juga cara mengurus balik mobil tersebut dapat membantu. Sehingga kamu tidak perlu lagi merasa bingung.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

Cara Memilih Oli Mesin Kendaraan dengan Tepat dengan Performa Terbaik

Cara memilih oli mesin kendaraan baik roda dua maupun roda empat, harus…

Cara Memilih Pelek Racing Mobil Agar Tetap Aman dan Keren

Cara memilih pelek racing mobil harus benar-benar dipahami Anda yang hobi memodifikasi…

Daftar Harga Toyota New Avanza 2020 Terbaru, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Daftar harga Toyota New Avanza beserta spesifikasi lengkapnya, haruslah dipahami dengan baik,…

Harga Grand New Xenia 2020, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Mengetahui daftar harga Grand New Xenia 2020, adalah hal penting yang harus…