Cara meningkatkan penghasilan blog

Cara meningkatkan penghasilan blog dari hanya Rp. 1,3 juta menjadi 13, 30 juta hingga lebih sangat penting diketahui bagi Anda yang ingin menjadi full time blogger. Dengan mengetahuinya maka Anda bisa dengan mudah meyakinkan orang-orang terdekat, untuk mendukung aktivitas blogging yang dilakukan.

Disadari atau tidak, faktor penurun motivasi aktivitas blogging yang tertinggi sebenarnya dari dalam diri sendiri. Khususnya Anda yang mengawali niat membangun blog, karena ingin mendapatkan materi.

Nilai CPC, pembatasan iklan, jumlah pengunjung yang menurun adalah beberapa alasan, yang membuat penghasilan Adsense sering mengalami gejolak turun naik. Sayangnya mayoritas blogger hanya berfokus pada Adsense. Akibatnya ketika penghasilan Adsense turun, maka penghasilan utama Anda pun ikut turun.

2 Cara Meningkatkan Penghasilan Blog

Ada dua cara jitu untuk meningktkan penghasilan blog, baik dengan menggunakan media blog itu sendiri, maupun melalui perantara lain.

Meningkatkan Penghasilan Melalui Blog

Kesalahan yang umumnya dilakukan para blogger pemula adalah hanya fokus pada Google Adsense, padahal sejatinya sumber penghasilan blog itu sangat banyak. Dahulu saya pernah menulis postingan 18 sumber penghasilan blog, sebab hanya mengetahui sejumlah itu. Seiring berjalannya waktu, saya semakin menyadari bahwa sumber penghasilan blog itu ternyata sangat banyak.

Saya tidak menampik, hingga saat ini sumber penghasilan blog saya yang paling besar memang dari Google Adsense. Namun meski demikian, saya tidak menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama. Bagi saya sebesar apa pun penghasilan dari Google Adsense, itu hanyalah sampingan saja dari aktivitas saya di dunia blogging.

Seperti saya jelaskan di atas, penghasilan Adsense itu tak menentu kadang sehari blog gratisan saya yang pakai blogspot bisa mencapai 70K, 50K, kadang juga hanya 100 perak 😀

Dengan penghasilan tak menentu, masa ia kita mau nyaman hanya menggunakan penghasilan Adsense untuk blog. Sementara sumber penghasilan blog yang lainnya juga masih sangat banyak.

Seperti halnya minimarket, ketika memiliki banyak produk maka penghasilan yang didapatkannya pun akan semakin besar. Hal ini juga berlaku untuk blog, jika kita menggunakan banyak sumber penghasilan blog, maka akan saling melengkapi. Ketika penghasilan yang satunya mengalami penurunan, maka sumber penghasilan lainnya akan menutupi.

Selain Adsense, masih banyak jalan lain yang sayang jika tidak digunakan. Misalnya saja seperti menjual produk atau jasa yang kita miliki, dan kuasai melalui blog. Dari cara ini pun sangat banyak ragamnya contohnya. Seperti jasa artikel SEO, backlink, audit website, instal theme/ plugin, jasa desain gambar banner, jasa pembuatan website, content palcement, dan masih banyak lagi.

Lantas apakah saya juga menjual produk atau jasa melalui blog? Tentu saja. Tamatoko.com misalnya, saya buat khusus untuk jualan produk fisik.

Jasa Penulisan Artikel SEO Murah

 

Sementara melalui blog lain, saya juga jualan artikel SEO 500 kata mulai 7000 an, backlink, hingga jasa pembuatan blog atau website, dengan harga mulai dari 50K sampai 800K.

Lantas apakah cara itu menghasilkan, dan bagaimana memenejemen waktunya?  Bukankah di sisi lain, selain harus memenuhi pesanan pelanggan, ada juga banyak blog yang harus saya isi konten?

Itulah salah satu hal menyenangkannya menjadi seorang blogger, selain bisa menolong perekonomian sendiri, juga bisa menolong perekonomian orang lain. Dalam hal penyediaan konten untuk klien, tentu hal itu tidak saya lakukan sendiri. Ada tim yang juga ikut membantu, sehingga bisa selesai sesuai deadline. Dengan hal ini, saya tetap bisa jualan. Tentu dengan tanpa meninggalkan blog, maupun pekerjaan saya yang lain.

Namun demi menjaga kepuasan pelanggan, setiap tulisan dari tim tidak langsung saya ACC. Ada prosesnya terutama mengecek dan memastikan, bahwa artikel tersebut lolos copy paste.

Jangankan sekarang, ketika blog saya sudah menghasilkan. Sebelum menghasilkan pun saya sering menggunakan jasa orang lain, terutama dalam hal pembuatan konten. Saya yakin Tuhan bersama orang-orang nekad. Lagi pula jika hanya sendiri, paling banter bisa membuat artikel 5 artikel dalam sehari. Sementara dengan bantuan orang lain bisa dua kali lipat hingga lebih.

Pertanyaanya, apakah sekarang Anda sudah menjual produk atau jasa melalui blog? Jika belum, sebaiknya segera pikirkan apa yang bisa Anda jual .

Jika Adsense menunggu satu bulan untuk bisa mendapatkan penghasilan. Dengan cara ini Anda bisa memperoleh penghasilan mingguan, bahkan hingga harian. Pastikan Anda menggunakan internet banking, sehingga mudah untuk mengecek transferan yang masuk setiap harinya ^_^ .

Cara Meningkatkan Penghasilan Blog dengan Media Lain

Adakah sumber penghasilan melalui media lain selai menggunakan blog itu sendiri? Tentu saja ada, bahkan banyak.

Beberapa teman ada yang bertanya, mas kok saya tetap dinilai negatif ya meski sudah memiliki penghasilan bulanan yang lumayan dari blog? Ada juga yang bilang, lama menekuni dunia blogging, tapi tidak menghasilkan apa pun. Di lain sisi ada juga yang memiliki sumber penghasilan, dan aset yang melimpah dari aktivitasnya di dunia blogging.

Di sinilah poin pentingnya yang akan kita bahas, yaitu bagaimana merubah penghasilan blog yang hanya 1,3 juta bisa menjadi 13 juta hingga lebih. Kok 1,3 juta, bukankah ini nilai terendah dari bayaran Adsense yang bisa diambil 😀

Seorang motivator ada yang berkata bahwa rezeki itu seperti air, jika didiamkan apalagi hanya disimpan, justru ia akan menghambat air-air yang lain untuk mengisi tampungan rezeki kita. Solusinya keluarkanlah, salurkan ke banyak hal, maka rezeki mu akan mudah.

Selain membantu perekonomian keluarga, atau membantu orang yang membutuhkan buatlah aset berkualitas. Dengan aset itu, meski penghasilan blog hanya 1,3 juta/ bulannya, maka Anda bisa merubahnya menjadi berkali-kali lipat.

Ok agar tidak bingung, saya akan sharing pengalaman saya pribadi. Penghasilan blog yang saya peroleh, diawal saya gunakan untuk membeli aset untuk keperluan usaha, Misalnya saja etalse, printer, dan lainnya hingga akhirnya saya bisa membuka usaha konter pulsa, dan percetakan.

Terbentuklah sebuah usaha hingga kadang saya dibuat sibuk, melayani isi ulang pulsa, pembelian ATK, foto copy, cetak foto, hingga undangan. Blog mulai tak bisa diurus sendiri, tapi di sinilah nikmatnya. Tak perlu lagi memikirkan visitor atau CPC, penghasilan harian langsung datang sendiri. Bukan hanya penghasilan bulanan, tapi harian bahkan per-jam.

Penghasilan Adsense terus datang tiap bulan, dikumpulkan lagi untuk aset. Karena di desa saya mayoritas petani, membelilah benih bawang seharga Rp. 6 jutaan. Dengan biaya pekerja, pupuk, dan lainnya, habislah modal sekitar Rp. 15 jutaan.

cara meningkatkan penghasilan blog

Bawang di tanam di dua lokasi berbeda, ketika panen satu lokasi dihargai hanya Rp10 juta karena lebih sedikit, di tempat yang satunya Rp35 juta. Bagaimana berkah bukan jika kita membangun aset.

Selain penghasilan banyak, orang tua, tetangga, soudara, atau siapapun yang awalnya menilai aktivitas blogging itu negatif tentu bisa berubah seketika. Dari mana bisa membeli benih bawang padahal diam saja di depan komputer, atau kerjaannya hanya pegang hp. Di situ mereka mulai sadar, bahwa ternyata saya itu bukan sedang main tapi sedang kerja. Akhirnya yang awalnya negatif justru minta diajarin, jadilah mereka customer saya dalam jasa pembuatan blog 😀

Setiap Usaha Tidak Ada yang Mulus

Saya selalu ingat kata-kata bijak yang mengatakan, bahwa pemain sky yang handal bukan mereka yang menghadapi ombak yang biasa-biasa saja. Tapi pemain sky yang handal, adalah mereka yang terbiasa menghadapi ombak yang ganas,

Dalam usaha apa pun demikian, termasuk blog maupun usaha yang lainnya. Tapi seperti apapun itu, saya yakini adalah bagian dari pendidikan dan penempaan dari Tuhan.

Setelah tanaman bawang menghasilkan saya membeli benih dua kali lipat lebih. Total saya tidak mengurusnya, jangankan membuat lahan, melihat tanaman dan lokasinya pun tidak. Artinya semua dikerjakan orang lain, sehingga saya tetap fokus di dunia blogging.

Bayangkan berapa banyak modal yang saya keluarkan, bukan jutaan bahkan menyentuh angka puluhan juta. Sayangnya bawang terkena hama yang tak terkendali hingga gagal panen. Lantas apa saya bangkrut. Alhamdulillah tidak!

Bahkan saya bisa tetap bisa meminjami orang tua uang, untuk membayar biaya tanaman bawangnya yang juga gagal panen, seperti biaya pembelian benih, pupuk dan lainnya.

Kok bisa, padahal kan gagal panen? Inilah manfaatnya memiliki banyak sumber penghasilan. Ketika satu penghasilan satu down, maka penghasilan lain bisa membantu memulihkannya. Saya bertekad, musim tanam yang akan datang akan menanam dengan jumlah tanam yang lebih banyak lagi dari pada yang gagal panen kemarin.

Jadi mulai sekarang jika sobat ingin menjadi full time blogger, silahkan itu pilihan tepat. Tapi, jangan lupa sisihkan uang dari hasil ngeblog untuk membangun aset. Dengan begitu penghasilan besar bisa sobat dapatkan, buka satu juta, dua juta, bahkan bisa puluhan juta atau lebih.

Masih ingatkan dengan cerita tentang “cara saya meyakinkan istri menjadi full time blogger“? Bukan hanya full time blogger, tapi saya juga ingin membentuknya menjadi wirausaha tangguh. Bukan untuk mencari uang, tapi berusaha meredam keinginannya bekerja di luar rumah, dengan merubah mindsetnya dari yang mental karyawan menjadi mental bos ^_^ .

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara meningkatkan penghasilan blog. Selain berharap bisa bermanfaat untuk sesama, setiap tulisan yang saya buat semoga bisa bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

3.2 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Firsa Media
4 months ago

Tulisan yang sangat inspiratif..

You May Also Like

Cara Meyakinkan Istri Menjadi Full Time Blogger Dibanding Menjadi Wanita Karir

Menjadi full time blogger memang merupakan pilihan ekstrim bagi seseorang, terutama bagi…