cara menjemur bayi yang benar

4 Cara Menjemur Bayi yang Benar di Pagi Hari, Awas Jangan Sampai Salah!

Diposting pada

Cara menjemur bayi yang benar – Anda baru saja melahirkan atau memiliki seorang bayi? Pasti menginginkan agar merasa sehat selalu, dan tidak ada kelainan sedikitpun pada bayi Anda.

Nah, untuk menjaga sekaligus merawatnya agar tetap sehat, maka jemurlah buah hati Anda dibawah sinar matahari.

Mengapa demikian? Karena sinar matahari ini sangatlah baik bagi perkembangan organ tubuh si bayi. Terutama pada fungsi hati dalam proses bilirubin.

Kadar bilirubin ini, dapat menyebabkan bayi kuning, apabila terlalu banyak kandungannya dalam peredaran darah. Sehingga butuh paparan sinar matahari,  untuk mengolah sekaligus mengurangi kadar bilirubin pada bayi.

Maka dari itu, untuk Anda yang masih belum mengetahui cara menjemur bayi, disarankan untuk menyimak artikel berikut ini.

Manfaat Menjemur Bayi

Sebelum membahas cara menjemur bayi yang benar, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat dari aktivitas ini.

Dengannya Anda dapat mengetahui seberapa besar pengaruh sinar matahari terhadap kesehatan bayi. Ada beberapa manfaatnya sinar matahari bagi bayi Anda, yakni;

1. Menurunkan kadar bilirubin dalam peredaran darah

Kadar bilirubin dalam tubuh bayi ini, sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan bayi kuning. Maka dari itu, menjemur bayi merupakan salah satu cara untuk menurunkan kadar bilirubin.

Hal ini karena sinar matahari ini mengandung spektrum sinar biru, yang berfungsi untuk memecah bilirubin dalam darah. Dengannya kadar bilirubin akan normal kembali.

2. Dapat menjadikan tulang bayi semakin kuat

Sinar matahari juga dipercaya mengandung vitamin D, yang berfungsi sebagai pembantu kalsium, agar tulang buah hati semakin kuat dan juga sehat

3. Menjaga kehangatan

Sinar matahari di pai hari dapat menjaga suhu kehangatan tubuh bayi.

4. Mengeluarkan lendir

Dapat mengeluarkan lendir lendir yang ada di tenggorokan, terutama bagi bayi yang mengalami alergi.

5. Melepaskan hormon endorphin

Sinar matahari juga dapat melepaskan hormon endorphin, yakni hormon anti depresi dalam tubuh bayi, sehingga buah hati Anda akan terhindar dari gangguan stress ataupun kejenuhan.

Jadi, itulah manfaat dari menjemur bayi yang benar pada sinar matahari.

Cara Menjemur Bayi yang Benar

Bagi Anda yang ingin menjemur bayi Anda, berikut ini adalah cara menjemur dengan teknik yang baik dan juga benar. Karena apabila salah pada teknik, maka akan sangat fatal bagi kesehatan buah hati anda.

1. Jemurlah bayi Anda dalam keadaan tanpa busana atau telanjang

Jemurlah bayi Anda tanpa menggunakan busana atau telanjang (hanya menggunakan popok).

Tujuannya agar tubuh buah hati Anda terkena sinar matahari secara merata, dari ujung kepala hingga kaki.

Selain itu, dengan menjemur bayi tanpa menggunakan busana juga dapat melonggarkan pernafasan.

2. Pilihlah waktu menjemur yang tepat

Ini adalah teknik yang sulit karena pemilihan waktu untuk menjemur. Setidaknya jemurlah bayi Anda pada pukul tujuh hingga 8 pagi.

Hal ini karena sinar matahari tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin ketika memasuki jam tersebut.

Jemurlah buah hati Anda kurang lebih 10 hingga 15 menit saja. Apabila menjemur di atas jam tersebutm maka kandungan sinar matahari yakni sinar ultraviolet secara tidak langsung, akan membakar dan membuat kering kulitnya.

3. Pilihlah tempat yang tepat untuk menjemur bayi

Anda tidak diwajibkan untuk menjemur buah hati pada ruang terbuka. Cukup pada suatu ruangan, dimana sinar matahari dapat masuk dan buah hati Anda terkena sinar matahari.

Lebih disarankan menjemur pada ruangan berkaca . Dengan demikian, bayi tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

4. Hindarkan sinar matahari mengenai mata secara langsung

Saat Anda sedang menjemur bayi, usahakan matanya membelakangi sinar matahari.

Hal ini karena apabila terkena sinar matahari secara langsung, dapat berakibat pada rusaknya lensa ataupun retina mata, sehingga menyebabkan kebutaan permanen.

Demikian pembahasan mengenai cara menjemur bayi yang benar di pagi hari. Baca artikel tentang kesehatan lainnya di detatang.com. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *