Cara Merawat Mobil Matic

Cara merawat mobil matic tentu harus dipahami. Khususnya untuk Anda, yang memiliki mobil jenis ini. Selain agar awet, performa yang dimilikinya juga akan tetap optimal.

Dengan menggunakan transmisi otomatis, mobil ini memang menjadi lebih mudah untuk dikendarai. Para pemula pun akhirnya lebih cepat menguasai. Sehingga tak ayal, jika kemudian mobil jenis ini semakin laris di pasaran.

Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet

Merawat mobil matic memang butuh ekstra. Meski memang mekanisme mengendarainya relatif lebih sederhana, dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Namun, dibalik kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh mobil matic, butuh pemeliharaan dan perawatan yang lebih. Pasalnya, si pengemudi sendiri itu yang harus bisa menyesuaikan kondisi jalan, dengan pilihan persneling yang diambil.

Kenyamanan diri dan konsentrasi saat mengemudi, mutlak diperlukan.

Adapun cara merawat mobil matic yang baik dan benar, antara lain:

1. Servis berkala

Perawatan dan pemeliharaan secara berkala, mutlak dilakukan terhadap mobil matic seperti halnya pada mobil bertransmisi manual. Ikuti instruksi servis berkala yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Lakukan juga up-date kondisi kendaraan dan aturan garansi mesin yang diberikan oleh pabrikan.

2. Penggantian oli transmisi

Penggantian oli transmisi harus dilakukan secara rutin, teratur, dan kontinyu tiap 25.000 km dan maksimal 50.000 km.

Gunakan pelumas transmisi yang disarankan oleh pabrikan mobil. Untuk penggantian oli transmisi ini, berdasarkan pada jenis pelumas yang digunakan.

Selain itu, juga berdasarkan pula berat ringan medan jalan yang dilalui saat berkendara.

3. Deteksi dini kondisi valve dan oli transmisi

Permasalahan yang kerap kali, terjadi yaitu kebocoran atau kerusakan gasket transmisi. Sebelum ini terjadi perlu dideteksi secara dini.

Hal ini juga kerap kali dialami oleh pengemudi, yang terbiasa memakai transmisi manual. Namun masih terbawa saat mengemudikan mobil matic.

Contohnya, kebiasaan perpindahan tuas yang kasar, dan sentakan gas yang bisa menyebabkan valve rusak atau bocor.

4. Ganti oli transmisi setelah berkendara dalam kondisi banjir

Pengemudi mobil matic kerapkali harus menerjang genangan air, banjir, dan diguyur hujan dalam waktu yang lama.

Kondisi ini mengharuskan pengemudi, mengganti oli transmisi sesegera mungkin. Sebab ada kemungkinan, air bisa merembes ke dalam gearbox. Bila sampai terkena air, bisa berdampak buruk pada gear atau transmisinya.

5. Cek kinerja transmisi

Cara Merawat Mobil Matic

Performa transmisi bisa dicek oleh tiap pemakai mobil matic. Caranya, tempatkan tuas transmisi pada posisi D atau R, lalu rem dilepas. Mobil bisa langsung bergerak, bila tak ada permasalahan pada sistem transmisi.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan bagi pengemudi, dalam hal cara merawat mobil matic supaya tetap dengan performa yang baik. Biasakan selalu memperhatikan tingkat persneling, dan kondisi jalan yang sedang dilalui. Apakah kondisi jalan sedang datar, menanjak, banyak berlubang-lubang, atau banyak polisi tidur.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like