Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita dan Pria, Tua Maupun Muda!

Diposting pada

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit pembunuh pertama di dunia, maka sebaiknya anda ketahui sejak dini ciri-ciri penyakit jantung pada wanita dan pria tersebut.

Penyakit ini memang harus diwaspadai bukan saja oleh orang yang sudah berumur, namun oleh anak muda juga, karena kini ada banyak kasus serangan jantung yang terjadi pada anak muda.

Hal itu menunjukan bahwa penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia, tua muda, pri wanita, bisa diserangnya.

Dengan begitu, sudah seharusnya memang kita semua waspada pada beberapa gejala yang sering diidap oleh seseorang yang mengidap penyakit jantung ini.

Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan yang harus kita miliki agar kemudian pada saat ada beberapa gejala yang dirasakan, kita kemudian tidak boleh menyepelekan hal itu.

Sebab jika demikian, maka ini akan bisa memberikan resiko yang cukup berbahaya. Resiko yang berbahay itu bisa menyebabkan serangan jantung mendadak, yang bahkan bisa menyebabkan pada terjadinya kematian secara mendadak pula.

Apa Itu Penyakit Jantung?

Sebelum anda mengetahui tentang ciri-ciri penyakit jantung, sebaiknya anda kenali dan pahami juga terlebih dahulu mengenai pengenalannya.

Apa itu penyakit jantung? Jelas, jika disebut dengan penyakit jantung, maka itu maksudnya penyakit jantung adalah yang menyerang bagian jantung.

Penyakit ini terjadi karena memang ada hambatan yang menyerang bagian jantung tersebut, sehingga menyebabkan fungsi jantung tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung ini terganggu, maka aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu. Kenapa Berbahaya?

Hal ini adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kematian sekaligus. Seseorang yang terserang serangan jantung jika tidak dengan cepat ditangani, maka akan menimbulkan kematian mendadak.

Sementara itu, mengenai penyebab penyakit jantung ini sebetulnya masih sulit untuk diketahui. Hal ini karena memang ada beragam penyebab yang menjadi faktor terjadinya masalah kesehatan ini.

Jika anda ingin memiliki jantung sehat, maka milikilah gaya hidup sehat. Itu adalah cara mencegah penyakit jantung dan lainnya yang sangat ampuh.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita dan Pria

Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita

Bagi kita yang sehat sebaiknya memang harus selalu waspada dalam menjaga kesehatan agar senantiasa sehat. Selain fokus pada menjaga kesehatan, kita juga sebaiknya mengenali beberapa gejala yang umum diidap oleh seseorang yang memang memiliki penyakit jantung.

Gejala penyakit jantung tersebut bisa saja terjadi pada awal, atau juga terjadi secara terus menerus sehingga membutuhkan langkah penanganan serius.

Ada banyak ciri umum yang sebaiknya anda ketahui, agar anda bisa melakukan langkah penanganan lebih lanjut nantinya, sehingga tidak membiarkan gejala-gejala yang muncul tersebut.

Semua hal memang harus dilakukan dengan kesiapan dan kesiagaan dengan langkah yang paling baik. Berikut ini beberapa ciri ciri penyakit jantung yang umumnya terjadi:

1. Sakit Pada Bagian Dada Sebelah Kiri

Gejala penyakit jantung yang memang selalu dirasakan oleh mereka yang mengalami penyakit jantung, umumnya adalah merasakan sakit atau nyeri pada bagian dada. Terutama di bagian kiri.

Kenapa bagian kiri? Itu karena memang sesuai dengan posisi jantung itu berada dalam tubuh, yang menandakan ada masalah pada bagian tersebut. Rasa sakit yang dirasakan kadang terasa seperti diremas-remas dan ditusuk-tusuk.

2. Lelah Berlebihan

Hal selanjutnya yang menjadi ciri-ciri penyakit jantung pada wanita dan pria ini, adalah adanya rasa lelah yang berlebihan.

Ini biasanya membuat seseorang lemas tanpa sebab, meski sebelumnya tidak melakukan aktivitas fisik.

Hal ini terjadi karena memang asupan darah ke seluruh tubuh tidak berjalan dengan baik, sehingga yang terjadi adalah membuat tubuh menjadi lemas, letih dan lelah.

3. Sering Berkeringat: Salah Satu Ciri-Ciri Penyakit Jantung

Sering berkeringat adalah salah satu ciri ciri penyakit jantung. Karena memang lelah berlebihan, maka muncul juga keringat yang banyak dan sering.

Padahal seperti disebutkan diatas, bahwa kita tidak melakukan aktivitas berlebihan.

Jika memang sering berkeringan seperti ini secara sering dan tanpa sebab, maka sebaiknya memang kita waspada pada resiko penyakit jantung yang bisa saja menyerang kita.

Keringat yang paling sering terjadi adalah ada pada bagian telapak tangan, sebagai penanda bahwa ada masalah pada bagian jantung kita, namun tidak selamanya demikian.

4. Ciri Ciri Penyakit Jantung : Sakit Kepala

Salah satu hal yang membuat otak dan kepala bekerja dengan baik adalah ketika memang ada asupan darah yang lancar.

Jika asupan darah lancar, maka itu artinya jantung bekerja dengan baik. Sebaliknya jika ada masalah pada kepala seperti sakit kepala.

Itu bisa menandakan adanya masalah yang memang terjadi pada bagian jantung. Hal ini karena jantung adalah inti dan kunci dari kehidupan, sebab berfungsi mengantarkan darah ke seluruh tubuh, termasuk juga ke bagian otak bagian kepala.

Sakit kepala yang sering dan saki,t bisa saja mengindikasikan bahwa ada masalah pada bagian jantung.

5. Sesak Napas : Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita dan Pria

Selain itu, ciri ciri penyakit jantung selanjutnya, yang sering secara umum dirasakan oleh mereka yang mengudap penyakit jantung adalah sesak napas.

Pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung pastinya membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Oksigen yang cukup itu akan membantu memperlancar proses sirkulasi darah dengan baik.

Jika jantung terhambat, maka yang terjadi adalah sesak napas. Jika sesak napas itu sering terjadi, ada salah satu hal yang memang mengindikasikan bahwa bisa juga seseorang terkena penyakit jantung tersebut.

6. Nafsu Makan Menurun

Hal umum selanjutnya menjadi ciri-ciri penyakit jantung pada wanita dan pria,  adalah nafsu makan yang menurun.

Hal ini terjadi karena memang ada masalah pada peredaran darah dalam tubuh yang kemudian bisa menyebabkan beragam masalah lainnya seperti masalah pencernaan dan juga nafsu makan yang tidak semangat.

Biasanya sering dirasakan oleh banyak orang yang mengalami masalah kesehatan pada bagian jantung mereka. Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya penting untuk diidentifikasi lebih lanjut nantinya.

7. Jantung Berdebar

Hal lain yang juga bisa menjadi ciri-ciri penyakit jantung pada wanita dan pria, adalah sering terjadi debaran pada bagian jantung.

Terkadang tanpa ada penyebab sebetulnya, tiba-tiba bagian jantung berdebar-debar dengan kencang.

Debaran kencang dengan cepat dan tiba-tiba ini sebetulnya patut diwaspadai dengan seksama. Hal ini bisa saja menunjukan bahwa memang ada banyak masalah yang terjadi pada bagian jantung anda.

Jika memang anda mendapatkan masalah tersebut, apalagi jika terjadi secara berulang. Akan lebih baik jika anda waspadai dan segera ambil penanganan.

Cek Lebih Lanjut Ke Dokter

Dengan hanya merasakan beberapa masalah atau ciri-ciri di atas, belum tentu menunjukan kita mengidap masalah jantung.

Nah, agar hasil lebih akurat, maka akan lebih baik jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau ahli yang memang mumpuni.

Cek dengan menggunakan alat khusus sehingga kemudian nantinya kita bisa memastikan dengan baik, apakah kita mengidap masalah jantung atau tidak.

Jika iya, maka selanjutnya kita bisa langsung mengambil tindakan yang paling sesuai dan cocok untuk dilakukan. Namun ketika memang kita tidak mengidap itu, maka sebaiknya kita bisa merubah dan menjaga gaya hidup kita secara sehat.

Hindari kebiasaan merokok, dan mengkonsumsi alkohol karena itu tidak baik untuk kesehatan jantung. Pastikan juga anda cek asupan yang anda makan, dan yang paling penting adalah cek sejak dini kondisi kesehatan anda.

Terutama jika ada beberapa ciri-ciri penyakit jantung pada wanita dan pria di atas, yang kita rasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *