jenis lampu sepeda motor

Jenis lampu sepeda motor haruslah dipahami dengan baik, sehingga penggunaannya bisa dilakukan dengan tepat. Kesalahan dalam hal ini, bisa menyebabkan resiko kerusakan.

Bagi kamu yang sering menggunakan  motor, pasti pernah mengalami kejadian lampu depan mati. Atau batok lampu meleleh karena panas lampu.

Nah biar gak terulang kejadian seperti diatas, ada baiknya kamu perlu tau jenis jenis lampu depan motor. Yang pastinya harus juga kita sesuaikan dengan lampu motor kita.

Jenis – Jenis Lampu Sepeda Motor

jenis lampu sepeda motor

Setidaknya ada 5 jenis dari lampu sepeda motor yang kami pahami. Adapun pun ke-5 lampu tersebut, adalah sebagai berikut:

1. Lampu Bohlam Pijar Standart

Jenis lampu sepeda motor pertama, yang kita bahas adalah bolham pijar standart. Jenis lampu ini,  biasanya terdapat di motor motor lawas. Namun ada beberapa motor yang masih menggunakan bohlam pijar ini.

Biasanya kawat filament pijarnya sangat standart dan sering sekali resiko putus. Jika ingin lebih terang, coba turunkan watt yang ada saat ini, sehingga nyala lampu lebih terang.

Tapi konsekwensi menurunkan wattnya, umur pemakaian biasanya lebih pendek.

2. Lampu Bohlam Halogen

Lampu dengan bohlam pijar Halogen, sudah banyak diaplikasikan di berbagai motor. Secara kualitas lebih baik dari bohlam pijar biasa.

Struktur kawat filamennya biasanya lebih rapi dan hasilnya lebih fokus cahaya lampunya. Untuk watt nya juga kurang lebih sama dengan bohlam pijar standart.

Lampu Xenon

Jenis lampu motor ini, lebih terang dari Halogen, dan lebih panas. Panas dari lampu ini, 2 kali lipat dari lampu Halogen.

Jadi pengguna harus antisipasi, sebab mika atau batok lampu bisa meleleh jika terbuat dari bahan plastik.

Janganlupakan kabel dan perangkat pendukungnya. Harus juga diganti dengan yang tahan panas, misalnya kabelnya juga harus yang tahan panas.

Lampu HID Xenon

Dahulu jenis lampu ini belum banyak beredar di kalangan rider pengguna motor. Memang awalnya lampu ini digunakan untuk pengendara mobil. Namun saat ini lampu ini sudah banyak beredar untuk motor.

Jelas sekali lampu jenis ini sangat terang diatas dari lampu Xenon.  Rangkaian lampu ini juga lebih komplek. Hal ini karena disertai ballast lampu, yang harus ditempatkan di tempat yang tidak terkena air.

Untuk panas lampu tidak sepanas Xenon. Namun yang harus diantisipasi adalah kekuatan akinya. Sebab dengan ballast dan lampu, pastinya menyedot watt lebih tinggi.

Lampu LED

Lampu LED Sepeda Motor

Jenis lampu yang terakhir ini, sudah banyak dipalikasikan di motor keluaran terbaru. Contohnya saja pada sepeda motor Honda Scoopy.

Secara kualitas cahaya juga lebih baik dan terang. Tidak panas pada bagian depan bohlam. Namun bagian belakang rangkaian cukup panas. Dan bagian belakang biasanya terdapat pendingin.

Selain itu juga, penggunaan lampu LED biasanya wattnya cukup kecil. Sehingga tidak menggangu komponen kelistrikan lain, karena dayanya yang rendah.

Daya tahan lampu ini pun cukup diakui, dan jarang sekali rusak. Biasanya yang rusak bukan lampunya, namun komponen pendukungnya saja.

Tertarik mengganti lampu motormu kawan? Dari kelima jenis lampu sepeda motor di atas, yang kami rekomendasikan adalah Lampu LED. Jadi jangan tunggu lagi, cobalah memodifikasi motor kamu, dan gunakan lampu yang sesuai dengan motor kamu ya.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

Cara Memilih Oli Mesin Kendaraan dengan Tepat dengan Performa Terbaik

Cara memilih oli mesin kendaraan baik roda dua maupun roda empat, harus…

Cara Memilih Pelek Racing Mobil Agar Tetap Aman dan Keren

Cara memilih pelek racing mobil harus benar-benar dipahami Anda yang hobi memodifikasi…

Daftar Harga Toyota New Avanza 2020 Terbaru, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Daftar harga Toyota New Avanza beserta spesifikasi lengkapnya, haruslah dipahami dengan baik,…

Harga Grand New Xenia 2020, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Mengetahui daftar harga Grand New Xenia 2020, adalah hal penting yang harus…