masalah kesehatan ibu hamil
Image via istockphoto

6 Masalah Kesehatan Ibu Hamil yang Harus Diwaspadai, Apa Saja?

Diposting pada

Masalah kesehatan ibu hamil tentu harus sangat diwaspadai. Hal ini karena selain bunda, kesehatan janin yang dikandung juga sangat harus diperhatikan.

Semua orang tua, tentu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Termasuk anak yang masih dalam kandungan sekali pun.

6 Masalah Kesehatan Ibu Hamil

Kehamilan merupakan sesuatu kebahagiaan, sehingga Anda diharuskan menjaga kesehatan. Dengan demikian, janin yang di dalam kandungan selalu sehat, dan juga tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Ketika Anda memasuki masa kehamilan ini, berat badan sedikit tak terkontrol sehingga berat badan Anda akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini bisa memicu masalah kesehatan ibu hamil.

Penyebab masalah kesehatan ini ada beberapa hal, termasuk pola makan yang tidak sesuai dengan gizi, peningkatan tekanan darah, dan faktor penyebab lainnya. Berikut ini masalah yang sering dialami oleh ibu hamil;

1. Sakit pada bagian punggung

Pada saat masa kehamilan, tubuh Anda akan meregang seiring dengan perkembangan bayi dalam perut. Hal iniĀ  memicu ketegangan dan tekanan, pada bagian pinggul dan punggung bagian bawah

2. Mual

Saat kehamilan memasuki 3 bulan, Anda akan merasakan morning sickness, merasakan mual, dan juga mood yang berubah ubah.

Masa masa seperti ini akan Anda rasakan ketika masa kehamilan Anda memasuki fase 3 bulan awal kehamilan.

3. Masalah Kesehatan Ibu Hamil : Pendarahan

Fase ini bisa dianggap fase berbahaya bagi ibu hamil. Pada masa kehamilan, Anda akan mengalami beberapa kali pendarahan seperti mimisan, pendarahan pada vagina pada awal kehamilan, hingga gangguan kesehatan pada mulut selama masa kehamilan.

Apabila pendarahan yang Anda alami telah parah, maka akan disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli agar tidak membahayakan bagi Anda dan juga janin Anda.

4. Keputihan

Ketika Anda hamil, tingkat keputihan yang Anda alami akan lebih banyak dari biasanya. Hal ini karena saat hamil dinding vagina akan menjadi lentur, sehingga produksi lendir pada vagina akan meningkat.

5. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan ibu hamil

Bagi ibu hamil, kurang tidur ini disebabkan oleh beberapa hal, yakni rasa kram yang di derita pada bagian betis, perut, dan kaki seiring dengan usia janin yang semakin besar.

Kurang tidur juga disebabkan oleh jumlah hormon yang semakin meningkat. Pastikan Anda memahami posisi tidur ibu hamil, sehingga bisa senantiasa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

6. Puting susu mengeluarkan cairan

Payudara Anda akan membesar dan juga akan mengeluarkan cairan putih atau ASI. Hal ini disebabkan oleh hormon pada payudara , yang berfungsi untuk memproduksi ASI untuk menyusui.

Payudara akan memproduksi ASI (air susu ibu) ini pada bulan ke 3 usia kehamilan.

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan ibu hamil yang dapat dialami, sehingga akan menyakitkan dan juga butuh perjuangan bagi ibu hamil dalam mengandung bayinya.

Bagi ibu hamil yang merasa was was ataupun takut terhadap kesehatan diri dan kandungannya, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Tak hanya itu, disarankan pula untuk menerapkan pola hidup sehat agar kesehatan ibu dan janinnya tetap terjaga dengan baik

Semoga ulasan mengenai 6 masalah kesehatan ibu hamil ini bermanfaat. Pantau terus detatang.com untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *