Masalah Kulit Pada Ibu Hamil

4 Masalah Kulit Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya, Penting Dipahami!

Diposting pada

Masalah kulit pada ibu hamil, tentu penting dipahami siapa saja. Baik itu wanita yang sedang hamil, hingga pasangan baru menikah.

Seperti kita tahu, masa kehamilan merupakan masa yang indah untuk seorang wanita. Dimana dia akan bertransformasi menajdi seorang ibu, setelah 9 bulan mengandung.

4 Masalah Kulit Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Masa kehamilan bukanlah masa yang mudah dilalui untuk seorang wanita. Dibutuhkan dukungan dari pasangan dan keluarga, agar tercipta masa kehamilan yang indah.

Hal ini karena saat hamil, wanita merasakan keadaan yang sangat tidak enak di tubuhnya. Bahkan dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan tidak ada yang bisa memahami keadaannya.

Oleh karena itu, dukungan sangatlah diperlukan. Terlebih lagi, di masa itu seorang wanita dapat mengalami berbagai masalah kesehatan ibu hamil. Misalnya perti masalah kulit, pencernaan, masalah berat badan, mood yang selalu berubah dan lainnya.

Dan kali ini kita akan membahas 4 masalah kulit pada ibu hamil, beserta cara mengatasinya.

1. Strechmark

Masalah yang pertama adalah dan paling umum adalah strechmark. Masalah ini berupa guritan di kulit ibu hamil, biasanya di area perut.

Dikarenakan perubahan drastis pada lemak di dalam tubuh, sehingga hal ini dapat merusak struktur dalam kulit.

Cara mengatasi strechmark dapat dengan pemberian lotion anti strecthmark secara teratur. Dengan hal ini, maka dapat mengurangi tampilan strechmark itu sendiri.

2. Jerawat

Jerawat tidak hanya dialami wanita lajang, ibu hamil juga bisa terkena.

Ketika hamil, wanita akan mengalami peningkatan hormon. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Untuk mengatasinya sebaiknya rajin membersihkan muka dan menjaga kebersihan. Setelah bepergian keluar atau sehabis menggunakan make up, sebaiknya segera dibersihkan.

Masalah Kulit Pada Ibu Hamil

Hal ini karena muka dalam keadaan sensitif, dan rentan terkena jerawat. Pastikan juga Anda mengetahui berbagai cara menjaga kehamilan muda, sehingga Anda dan buah hati selalu sehat.

3. Garis Vertikal di Perut

Masalah yang ketiga adalah timbulnya garis vertikal pada perut, sepanjang pusar ke bawah. Garis ini timbul karena terjadinya peningkatan hormon, sehingga produksi melanin dalam tubuh meningkat.

Hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada perut wanita hamil.  Bahkan garis ini disebut garis kehamilan, atau disebut juga Linea Nigra.

Garis ini biasanya berwarna cokelat berada di permukaan kulit. Untuk menghilangkan garis ini tidak ada cara yang bisa dilakukan, karena setelah melahirkan, garis ini akan menghilang sendiri.

Jika sering merasa tidak nyaman dengannya, tutupilah dengan baju yang bisa menutupi perut.

4. Varises Masalah Kulit pada Ibu Hamil

Masalah keempat yang sering menimpa ibu hamil adalah varises. Sebenarnya tidak hanya ibu hamil, seorang wanita yang belum menikah juga bisa terserang.

Masalah ini biasanya terjadi, karena adanya pelebaran pembuluh darah di dekat kulit. Hal ini akan menyebabkan guratan kebiruan di permukaan kulit.

Untuk menghindari varises, sebaiknya lakukan olahraga. Selain itu, jangan terlalu sering duduk dan berdiri. Sebab dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

Kemudian untuk memperlancar peredaran darah, dapat dengan cara menempatkan kaki sedikit lebih tinggi.

Itulah 4 masalah kulit pada ibu hamil dan penangananya. Semoga dapat membantu Anda.  Update terus informasi Anda dengan mengunjungi Detatang.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *