Cara Melepas Memasang Roda Ban Mobil

Cara melepas dan memasang roda ban mobil, tentulah penting diketahui para pemilik mobil. Hal-hal genting bisa terjadi, dan mengharuskan kita melepas roda untuk menggantinya.

Meski terlihat spele, nyatanya hal ini sangatlah penting. Misalnya saja saat bepergian, tiba-tiba di tengah jalan ada kendala pada roda. Hal ini haruslah segera ditangani, sehingga mobil bisa melaju kembali dengan normal.

Mungkin bukan hal sulit bagi kita meminta bantuan bengkel, terutama jika sedang berada di tengah kota. Namun apa jadinya, jika masalah tersebut terjadi, ketika jauh dari pemukiman penduduk. Bisa juga saat malam hari, ketika sudah tidak ada bengkel buka.

Selain senantiasa menyediakan ban cadangan, memiliki keterampilan dalam melepas dan memasang roda juga sangatlah penting.

Cara Melepas dan Memasang Roda Ban Mobil

Bagi anda pemilik mobil, bagian roda ban mobil merupakan salah satu bagian yang penting yang. Karena jika roda ban mobil tersebut bermasalah, walaupun mesin kita normal, pastinya mobil kita tidak akan bisa berjalan.

Misalnya aat ban mobil anda mengalami kempes, maka pastinya anda akan membuka roda ban mobil tersebut. Untuk kemudian, mengantinya dengan yang baru. Tetapi jika anda belum berpengalaman, tentunya anda akan mengalami kesusahan.

Langsung saja, saya akan berbagi cara melepas dan memasang roda ban mobil dengan mudah dan cepat. Tentunya dapat anda praktekan sendiri, tanpa harus pergi ke bengkel mobil. Berikut tahapannya:

Cara Membuka Roda Ban Mobil

Langkah pertama kendorkan dahulu baut, yang ada pada velg ban mobil tersebut

Ambilah terlebih dahulu kunci yang pas untuk ukuran roda tersebut. Selanjutnya condongkan kunci tersebut, kearah kiri untuk memutarnya atau searah jarum jam.

Setelah itu injak dengan kaki dan diberi tenaga. Hingga baut yang ada pada roda ban mobil tersebut, berputar sedikit. Namun jangan sampai, baut roda ban tersebut lepas.

Langkah kedua, pasangkan dongkrak pada bagian rangka bawah mobil. Khususnya pada bagian roda yang akan diganti

cara mendongkrak mobil

Pasangkan dongkrak, pas dengan rangka yang berdekatan dengan roda tersebut. Setelah pas, putar baut yang ada pada dongkrak tersebut. Dengan putaran searah jarum jam, sampai ban mulai terangkat beberapa cm.

Langah ketiga lakukan pelepasan roda

Setelah ban sudah terangkat, maka anda tinggal membuka baut yang sudah dikendurkan diawal tadi, hingga baut lepas.

Cara Memasang Roda Ban Mobil

Setelah terlepas, ambil roda ban serep yang anda miliki, untuk menganti pada roda yang bermasalah tadi.

Memasang roda kembali

Cara Melepas Memasang Roda Ban Mobil

Dilangkah ini, anda harus memastikan dahulu. Apakah posisi baut sudah pas, dengan posisi lubang baut tersebut. Setelah pas, anda tinggal memasang baut tersebut hingga kencang. Cara memasangnya hampir sama dengan saat membuka tadi.

Turunkan dongkrak

Setelah baut terpasang dengan kuat, anda tinggal menurunkan dongkrak dan selesai.

Demikian lah pembahasan, mengenai cara melepas dan memasang roda ban mobil, yang bisa saya bagikan kepada anda semuanya. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

5 Cara Merawat Mobil Matic Agar Awet dan Senantiasa Berperforma Tinggi!

Cara merawat mobil matic tentu harus dipahami. Khususnya untuk Anda, yang memiliki…