mitos jerawat

6 Mitos Jerawat yang Keliru, Wajib Baca Supaya Paham!

Diposting pada

Ada beberapa mitos jerawat yang keliru yang harus diluruskan. Baik itu jerawat di hidung, bibir, jidat, pipi kanan, pipi kiri, hingga karena cinta.

Jerawat memang sudah menjadi masalah kulit yang umum dialami bagi para remaja. Apalagi pada negara beriklim subtropis seperti di Indonesia ini.

Sebagian besar jerawat yang terjadi adalah karena adanya infeksi pada bagian kulit. Bakteri, minyak dan juga kotoran masuk kedalam pori-pori kulit, dan terjebak didalamnya, sehingga menimbulkan jerawat.

Perubahan hormonal pada wanita hamil, dalam siklus menstruasi dan pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas juga rentan terkena jerawat.

6 Mitos Jerawat yang Keliru

Berikut ini beberapa mitosĀ  dan pemahaman yang salah tentang jerawat, yang beredar di tengah-tengah masyarakat kita.

Beberapa hal mungkin sering kali kita hindari, walaupun sebetulnya hal tersebut tidak ada sama sekali hubungannya dengan timbulnya jerawat.

1. Hindari penggunaan make up saat berjerawat

Kenyataannya menggunakan make up pada kulit yang berjerawat bisa menyebabkan bertambahnya jerawat, hanyalah sebuah mitos.

Jika kamu menggunakan make up dengan produk yang berkualitas, hal tersebut tidaklah berpengaruh.

2. Menggunakan sunscreen dapat memperburuk jerawat

Ini adalah sebuah mitos yang paling umum mengenai jerawat, yang sudah beredar luas di masyarakat kita. Kenyatannya, ada dua jenis tabir surya.

Yang satu terbuat dari titanium dioxide dan zinc oxide, yang berfungsi untuk memantulkan sinar matahari. Sedangkan tabir surya yang mengandung avobenzone, berfungsi untuk menyerap sinar UV atau ultraungu.

Pakailah yang sesuai dengan jenis kulit kamu, dan keduanya aman dipakai pada kulit berjerawat.

3. Produk obat jerawat dari bahan kimia lebih ampuh menyembuhkan jerawat

Hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Malah pemakaian dalam jangka panjang bisa jadi membahayakan kulit.

Jerawat sebagian besar yang timbul adalah karena pengaruh dari hormonal. Jadi sebaiknya carilah pengobatan yang bersifat alami, atau cara menghilangkan jerawat secara alami.

Misalnya seperti makan makanan yang mengandung banyak vitamin C dan E, yang sangat baik untuk kulit. Atau cari produk obat jerawat yang bahan-bahannya terbuat dari bahan alami.

4. Mitos jerawat hanya diderita para remaja

Ini juga sebetulnya hanya mitos. Pada kenyatannya jerawat bisa dialami oleh siapa saja, termasuk kepada wanita yang sudah menopause sekalipun.

Sebagian penyebabnya adalah dikarenakan faktor hormone.

5. Coklat bisa menyebabkan jerawat

Memang untuk makanan manis tidak bagus untuk jerawat. Namun apabila kamu memakan dark chocolate, sama sekali tidak ada pengaruhnya dengan jerawat.

Faktanya semakin gelap coklat, semakin sedikit kandungan gulanya. Jadi tidak perlu khawatir mengkonsumsi coklat disaat berjerawat.

6. Mitos Jerawat : Membersihkan kulit

Mencuci wajah atau bagian kulit lainnya terlalu sering, bisa menghilangkan minyak alami kulit.

Faktanya ini malah akan membuat kulit kamu menjadi kering, dan semakin menyebabkan kulit kamu berjerawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *