Sejarah Tembok Ratapan Israel

6 Artis Indonesia Pernah Berkunjung, Ternyata Ini Sejarah Tembok Ratapan Israel

Diposting pada

Pada postingan kali ini, detatang.com akan membahas tentang Sejarah Tembok Ratapan Israel dan sejumlah artis Indonesia yang pernah mengunjunginya. Teman-teman tentu penasaran bukan? Mari kita simak bersama.

Sejarah Tembok Ratapan Israel di Kota Suci Yerusalem telah menjadi inti dari konflik dan interpretasi yang beragam.

Tempat ini memiliki makna mendalam bagi umat Yahudi, namun juga memiliki arti penting dalam tradisi Islam. Mari kita mengungkap lebih dalam tentang kompleksitas dan warisan historis di balik Tembok Ratapan, yang bagi umat Yahudi menjadi simbol penting dari sejarah agama mereka.

Sejarah Tembok Ratapan Israel

Tembok Ratapan, dikenal sebagai Kotel dalam bahasa Ibrani, adalah struktur yang memainkan peran sentral dalam kepercayaan Yahudi. Diyakini sebagai satu-satunya sisa dari Kuil Herodian, kompleks tersebut menjadi saksi bisu dari masa lalu yang megah dan duka yang dalam bagi umat Yahudi.

Setelah Kuil Herodian dihancurkan oleh bangsa Romawi pada tahun 70 SM dalam Perang Yahudi, Tembok Ratapan menjadi satu-satunya bagian yang bertahan.

Pengungsi Yahudi yang bertahan di Yerusalem kemudian berkumpul di dekat Tembok Ratapan untuk berdoa dan meratapi kehilangan Kuil Mount atau Gunung Olives. Seiring waktu, Tembok Ratapan menjadi titik fokus dalam ritual dan tradisi Yahudi pada sekitar tahun 1520.

Walaupun sebagian meyakini bahwa umat Yahudi tidak “murni” lagi untuk memasuki kuil, mereka terus berkumpul di depan tembok itu untuk berdoa.

Pada abad ke-16, Yerusalem mengalami transformasi signifikan oleh Sultan Sulaiman Agung dari Kekaisaran Ottoman. Beliau, yang menguasai wilayah tersebut pada tahun 1537, membangun dinding batu raksasa sebagai benteng pertahanan.

Legenda menyebutkan bahwa Sultan Sulaiman mendapat amanat dari Nabi Muhammad SAW yang memerintahkannya untuk mempersiapkan pertahanan Yerusalem. Selama pembangunan dinding kota, Sultan Sulaiman mengizinkan umat Yahudi untuk beribadah di Tembok Ratapan.

Meskipun dianggap sebagai satu-satunya saksi hidup dari Kuil Kedua, Tembok Ratapan sebenarnya bukan bagian dari kuil itu sendiri. Minat mereka terfokus pada struktur di bawah plaza yang sekarang ada, memicu keinginan untuk menggali di bawah Masjid Al-Aqsa karena menghubungkan dengan masa lalu yang penting bagi mereka.

Sejarah Tembok Ratapan Israel Dikenal sebagai Tembok Buraq

Namun, kompleks ini juga memiliki makna mendalam bagi umat Islam. Masjid Al-Aqsa, tujuan yang diberkati bagi Nabi Muhammad SAW. sebelum wahyu salat, memiliki kisah tersendiri dalam tradisi Islam.

Tembok Ratapan juga dikenal sebagai Tembok Buraq dalam Islam karena merupakan tempat Nabi Muhammad mengikat Buraq, makhluk yang membawanya dalam perjalanan Isra Mikraj menuju langit ketujuh untuk bertemu dengan Allah Subhanahu wata’ala.

Tembok Ratapan, dengan 45 batu kuarsa yang membentuknya, mengandung lapisan sejarah yang kompleks. Bagi umat Islam, sebagian besar struktur ini berasal dari periode Herodian dan Umayyad hingga Mamluk pada abad ke-13 hingga ke-16.

Saat ini, Tembok Ratapan berada di bawah syarat Status Quo yang mengatur tempat-tempat suci, mengakui kepemilikan teknisnya oleh umat Muslim. Namun, umat Yahudi memiliki hak untuk berdiri di depan tembok dan berdoa.

Sebelum Israel mengambil alih Tembok Ratapan pada tahun 1967, terdapat tanda dalam bahasa Arab dan tulisan Al-Buraq (Tembok Ratapan).

Sejarah Tembok Ratapan Israel adalah representasi yang kompleks dari warisan agama yang dalam bagi kedua komunitas, menyoroti betapa pentingnya tempat ini dalam sejarah dan spiritualitas Yahudi serta Islam.

6 Artis Indonesia yang Pernah Berkunjung ke Tembok Ratapan

Sejarah Tembok Ratapan Israel

Setelah membahas Sejarah Tembok Ratapan Israel kita juga akan membahas, beberapa artis yang pernah berkunjung ke sana.

Terdapat sejumlah artis Indonesia yang telah melakukan kunjungan ke Israel, mengeksplorasi tempat-tempat bersejarah yang memiliki signifikansi dalam beragam keyakinan, termasuk ke Masjidil Aqsa dan Tembok Ratapan di Kota Suci Yerusalem.

Menurut Britannica, Tembok Barat atau Tembok Ratapan yang terletak di Yerusalem, merupakan sebuah situs yang dianggap sakral bagi umat Yahudi. Struktur ini adalah bagian tersisa dari tembok yang pernah mengelilingi Temple Mount.

Beberapa tahun lalu, wilayah yang sekarang diakui sebagai tanah Yahudi ini menjadi tujuan ziarah bagi berbagai kepercayaan. Sejumlah artis Indonesia juga telah meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat yang dianggap sakral oleh tiga agama besar di dunia. Ada pun  daftar artis tersebut adalah sebagai berikut:

1. Felicya Angelista

Felicya Angelista pernah mengabadikan kunjungannya ke Israel pada tahun 2019 melalui akun Instagramnya @felicyangelista.

Selama perayaan Natal, dia mengunjungi Gereja Makam Kudus di Yerusalem, yang berdekatan dengan Tembok Ratapan, sebuah tempat bersejarah bagi umat Yahudi. Sejarah Tembok Ratapan Israel tentu menjadi kesan tersendiri untuk dikunjungi.

2. Asmirandah

Pada tahun 2017, Asmirandah bersama suaminya melakukan perjalanan ke Israel. Mereka memilih untuk mengucapkan janji pernikahan kembali di salah satu gereja Katolik di Israel.

Saat berada di tanah Yahudi, Asmirandah juga melakukan ziarah ke beberapa tempat suci di Yerusalem. Sejarah Tembok Ratapan Israel juga telah memikat artis ini untu mengunjungi.

3. Maia Estianty

Pada Maret 2023, Maia Estianty dan suaminya, Irwan Mussry, berkunjung ke Israel. Irwan merupakan keturunan Israel.

Selama kunjungan tersebut, Maia juga mengunjungi beberapa situs bersejarah, termasuk Tembok Ratapan. Sejarah Tembok Ratapan Israel yang melegenda tentu membuat orang penasaran untuk melihatnya secara langsung, termasuk ibu dari Al, El dan Dul ini.

4. Fedi Nuril

Pada tahun 2014, Fedi Nuril mengunjungi Israel. Selama kunjungannya, dia mengunjungi lokasi yang dianggap sakral oleh umat Islam, yaitu Masjid Al-Aqsa.

Kabarnya, Fedi sempat ditahan oleh tentara Israel karena membawa kamera. Dalam perjalanannya, dia juga berpapasan dengan Tembok Ratapan Israel di Yerusalem. Mengetahui Sejarah Tembok Ratapan Israel tanpa mengunjunginya langsung, tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

5. Jonas Rivanno

Suami Asmirandah ini juga termasuk di antara artis Indonesia yang menjalani kunjungan ke Tembok Ratapan di Israel.

Jonas memilih untuk mengulangi upacara pernikahan di salah satu gereja Katolik di Israel bersama sang istri.

6. Kamaya

Pada tahun 2021, Kamaya, bersama kekasihnya yang beragama Kristen, melakukan perjalanan ke tanah Yahudi untuk tujuan wisata religi, mengunjungi sejumlah tempat bersejarah yang signifikan.

Kunjungan artis-artis Indonesia ke Israel menjadi sebuah momen penting yang mencerminkan keanekaragaman keyakinan dan nilai sejarah dari tempat yang dihormati oleh berbagai agama besar.

Itulah ulasan mengenai Sejarah Tembok Ratapan Israel dan sejumlah artis Indonesia yang pernah mengunjunginya. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.