SERP Blog Merosot

Penyebab dan Cara Mengatasi Posisi SERP Blog Merosot dengan Tepat!

Diposting pada

Detatang.com, Penyebab dan Cara Mengatasi Posisi SERP Blog Merosot – Pernahkah kamu membuat konten, kemudian berada di posisi pertama pada SERP Google. Namun selang beberapa hari anjlok drastis ke urutan 6, bahkan merosot hingga halaman 2 dan 3 pada SERP Google.

Faktor yang mempengaruhi naik turunnya posisi konten di SERP banyak sekali. Kejadian seperti ini sangatlah lumrah, tetapi baiknya jika kita tahu apa yang menjadi masalah terjadinya penurunan posisi pada SERP.

Penyebab dan Cara Mengatasi Posisi SERP Blog Merosot

Google sendiri memiliki banyak kriteria penilaian dalam memposisikan konten kita. Berikut ini akan dibahas bentuk penilaian Google, mengenai siapa yang pantas berada di posisi pertama SERP suatu kata kunci.

Ada satu hal yang harus kamu sadari, bahwa semua orang yang memiliki blog atau website ingin kontennya berada di urutan pertama.

Fantastis !!!

Berbagai macam cara dilakukan untuk mencari backlink. Apapun di lakukan semua blogger dalam rangka bersaing untuk menjadi nomor 1 di Google. Setiap hari, jam dan menit mereka selalu melakukan upaya optimasi konten, terutama yang sedang mengikuti kontes SEO.

Pertanyaanya adalah bagaimana caranya ?

Jangan panik !!!

Mari kita analisa dan introspeksi blog, cari konten mana yang merosot, silahkan baca konten dengan seksama dan disinilah penilaianya.

Analisi Artikel

Baca konten secara teliti dari awal sampai akhir.
Lihat step by step tutorial yang dibuat dalam paragraf katanya.
Apakah bacaan di dalam blog sudah informatif dan menarik.

Sudah menemukan kesalahannya?

Kalau sudah ataupun belum saya akan melanjutkan bagaimana menerapkan ranking blog.

Pahami Cara Kerja Google

Google tidak sembarangan dalam memberikan posisi sebuah konten pada SERP, malah juri yang sebenarnya adalah visitors bukan Google yang mengatur, tugas Google hanya merekam kejadian dari visitors.

Bagaimana cara kerjanya?

Sangat sederhana !!

Google melakukan penilaian berdasarkan robot, apakah visitors benar benar membaca konten kita, atau hanya mampir ngga jelas dan mampir cuma meningalkan komentar saja.

Setelah konten kita berada di posisi pertama atau kedua, lalu dengan terkejutnya melihat posisi konten kita kemudian berada di urutan 8 atau 9, di saat itulah Google menyuntikan rekaman robot.

Rekaman bagaimana maksudnya?

Google akan menilai siapakah visitors yang berlama lama membaca konten kita, setiap browser yang membuka sebuah situs maka Google akan merekam kejadian visitors dalam 1 halaman tersebut.

Penyebab Ranking Posisi SERP Blog Merosot Naik Turun

SERP Blog Merosot

Silahkan membuka Google analisis, pada bagian AVG terlihat jelas pengunjung yang benar-benar membaca atau sekedar membuka halaman posting. Kemudian kita bisa menganalisis konten mana yang sedikit waktu di satu halaman, kita bisa memperbaikinya.

Dengan cara apa memperbaiki konten tersebut ?

Gampang !!

Setelah kita menganalisis konten yang bermasalah tersebut, maka kita harus mengedit supaya konten lebih baik dan nyaman dibaca. Modifikasi konten dengan bahasa yang lebih informatif, semakin lama durasi kunjungan visitors berdasarkan Avg google analisis maka semakin baik.

SERP Blog Merosot

Setelah kita mengedit konten lebih baik, durasi visitors akan semakin lama berada di konten tersebut, kemudian Google akan menyuntikan SEO dari beberapa waktu visitors dalam satu postingan itu.

Lalu apa yang terjadi ?

Sukses !!

Postingan kita akan berbalik bahkan menang, unggul dalam pencarian kata kunci tertentu jika sebagian besar visitors blog berada di konten tersebut rata-rata 5 menit, suntikan SEO akan bekerja dan memposisikan konten kita menjadi konten yang berharga di mata Google.

Ini yang menyebabkan konten kita merosot dan akan naik kembali setelah memperbaiki AVG time dari visitors.

4 Cara Mengatasi SERP Blog Merosot

Beradasarkan hasil di atas, maka dapat disimpulkan cara mengatasi SERP Google merosot adalah sebagai berikut:

1. Buatlah visitors berminat

Judul yang menarik dan informatif.

Isi yang berkesan dan kaya sehingga visitors mendapatkan apa yang sedang dicari.

Konten yang tidak acak acakan dan ngawur isinya.

Sangat disayangkan jika konten suatu blog jadi nomer 1 tapi isinya tidak informatif atau basi.

2. Bangun kepercayaan dari visitors

Penilaian visitors jika konten kita berkelas makan mereka akan mengingat domain blog kita.
Visitors pun tidak segan segan untuk bookmark url blog kita.
Visitors menjadi langganan blog kita setiap hari membaca postingan kita.

3. Hindari Bounce rate

Bounce rate terjadi karena visitors tidak puas terhadap isi konten blog, sehingga meninggalkan 1 halaman dan keluar dengan begitu cepat tanpa membaca dengan seksama dan berlama lama.

Penyebab umum !!

  • Konten gitu gitu aja sangat biasa.
  • Tidak informatif.
  • Asal ketik.
  • Tidak sinkron dengan judul dan isi.
  • Loading lama.
  • Banyak iklan GaJe.
  • Widget atau iklan munculan.
  • Masih banyak lagi.

4. Backlink tidak wajar

Backlink memang sangat penting, namun jika natural dan seimbang, misalnya perhari 1 backlink lebih baik jika backlink di bangun dengan alami dari SEO OFFPAGE.

Berikut ini adalah kerugianya membeli backlink atau membuat backlink dengan cara yang salah.

  • Alexa merosot.
    Ranking merosot.
    Artikel sedikit terindex bahkan hilang.
    Sitelink hilang.

Ingat Google sangat adil dalam memposisikan konten

Google tidak pilih kasih dalam memberi nilai walaupun blog kita masih baru, penilaian tetap sama dengan diatas pada umumnya.

BUKAN PAGERANK !!
BUKAN DA PA !!

Faktor baru Google menilai situs tetap dari kualitas kontennya. Semua dapat bersaing jika kriteria isi dalam blog memang sangat berkualitas

Sekian konten mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Posisi SERP Blog Merosot. Semoga bermanfaat ya.