Tempat Wisata Batam Terhits

10 Tempat Wisata Batam Terhits dan Terbaik untuk Dikunjungi

Diposting pada

Batam adalah sebuah kota yang berada di Kepulauan Riau. Banyaknya tempat wisata Batam yang menarik dan instagramble, membuat makin banyak wisatawan yang berdatangan ke sini.

Meski memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik, namun kota ini lebih dikenal sebagai salah satu pintu masuk Indonesia ke Singapura.

10 Tempat Wisata Batam Terhits

Kota Batam juga memiliki banyak pulau yang tersebar di wilayahnya. Tak heran jika kota ini juga dikenal sebagai destinasti wilayah tropis yang begitu eksotis.

Dilansir dari Republik Wisata, setidaknya ada 10 tempat wisata Batam yang sangat hits tahun 2022. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Pantai Nongsa

Tempat Wisata Batam Terhits

Pantai Nongsa memiliki pasir putih yang membentang di sepanjang garis pantainya, dengan air laut yang jernih hingga biota laut dan terumbu karang, yang bisa dilihat angsung oleh kalian dengan mata telanjang. Hal ini mengingatkan kita pada tempat wisata Bali.

Kata Nongsa sendiri pada penamaan pantai ini, diambil dari nama tokoh Melayu yakni Nong Isa.  Ia merupakan tokoh Melayu pertama, yang mengembangkan potensi yang dimiliki oleh pesisir pantai hingga bernilai. Pesisir ini akhirnya disebut dengan Nongsa tua.

Letaknya yang begitu dekat dengan Singapura, akan memanjakan kalian dengan pemandangan Kota Singapura pada waktu malam hari.

Selain itu, pantai ini menggabungkan suasana antara keindahan pantai, dengan modern nya Kota Batam. Tak ayal, jika kemudian mampu mendatangkan begitu banyak wisatawan domestik hingga internasional, hanya untuk menikmatinya.

Pantai yang terletak di Kelurahan Sumbaw, Kecamatan Batam Timur, Kepulauan Riau ini, memiliki begitu banyak pengunjung. Cukup dengan merogoh kocek yang murah, kalian sudah bisa menikmatinya dan tentu aja pantai ini dibuka selama 24 jam.

2. Pulau Abang Besar Tempat Wisata Batam

Tempat Wisata Batam Terhits

Di tempat ini para wisatawan bisa menikmat taman laut dengan terumbu karang  yang menakjubkan. Pemandangannya semakin indah dengan adanya berbagai macam makhluk laut dengan ukuran, bentuk dan warna yang beraneka rupa.

Semua itu adalah pemandangan yang menanti. Berenang snorkel dan penyelam bawah air yang jernih di Pulau Abang, tentu terasa mengasikan.

Pulau Abang sendiri terletak di sebelah selatan Batam di Provinsi Kepulauan Riau. Di sekelilingnya terdapat banyak pulau kecil, yang mayoritas merupakan kawasan konservasi terumbu karang.

Pulau utama Abang sendiri hanya berukuran sekitar 10 km2 saja . Untuk masuk ke Pulau Abang Kalian tidak perlu membayar alias gratis loh.

Namun jika kalian ingin menyusuri Pulau Abang, di sana disediakan tour travel yang akan membantu kalian dalam berwisata.

3. Tempat Wisata Batam : Pulau Ranoh

Tempat Wisata Batam Terhits

Pulau ini merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata gugusan dari Pulau Abang. Pantai pulau ini yang menimbul kepermukaan, akhirny dapat membentuk semenanjung kecil ke laut dalam dengan airnya yang tenang dan jernih.

Ada pun aktivitas yang bisa dijajal sekaligus menjadi unggulan adalah watersport. Di sana wisatawan bisa mengelilingi perairan menggunakan perahu kano, bermain banana boat, jetski Ocean rafting, waterflooding playing field, dan snorkeling.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pulau dengan bermalam, bisa ikut berkemah mewah atau bahasa kerennya adalah glamping. Singkatan dari glamor camping.

Bagi kalian yang punya anggaran terbatas tak perlu sedih, sebab di tempat ini pun ada fasilitas namanya fefegro. Ada banyak fasilitas yang bisa didapatkan di area kamping mulai dari api unggun, sampai paket minibar. Para wisatawan akan mendapatkan paket diner di pulau ini.

4. Hutan Wisata Mata Kucing

Tempat Wisata Batam Terhits

Tempat wisata Bata mini merupakan kebun binatang yang sangat berbeda dengan kebun binatang biasanya. Hal ini karena letaknya berada di tengah hutan, sehingga dengan kealamian dari hutan yang masih terjaga, menjadi daya pikat untuk para wisatawan.

Di kebun binatang ini, memiliki beberapa koleksi hewan yang bisa dilihat oleh wisatawan yang mengunjungi. Diantaranya buaya, ular, kura-kura, dan beberapa Primata.

Buaya yang  terdapat di kebun binatang ini, merupakan buaya yang ditangkap di sungai Nongs dengan panjang tiga meter. Subspesies dari berbagai burung, juga terdapat di kebun binatang.

Selain itu, juga disediakan tempat berenang dan juga flying fox. Tentunya pengunjungg tidak mungkin bosen ada di sini.

Hutan wisata mata kucing ini berasal dari masyarakat setempat, yang selalu melihat cahaya-cahaya di malam hari, saat hutan hanya mampu untuk dilewati dengan berjalan kaki.

Cahaya tersebut dianggap seperti mata harimau yang dapat bersinar di malam hari, serta senantiasa menatap pada arah masyarakat.

Sedangkan untuk penduduk setempat dilarang untuk menyebut kata harimau secara langsung, sebagai pantangan dari adatnya sehingga menghaluskannya dengan menyebutnya mata kucing.

5. Pantai Mirota

Tempat Wisata Batam Terhits

Tempat wisata Bata mini berada di Desa Sijantung Pulau Galang. Dikarenakan pantainya sangat terawatt, para wisatawan pun sangat banyak yang datang. Baik di hari-hari biasa, maupun di hari-hari libur.

Di sepanjang pantai, terdapat berbagai pondokan yang berjajar sangat rapi. Nah untuk bisa bersantai ria di pondokan ini, kalian memang harus membayar sedikit uang. Namun bagi yang ingin bersantai ria secara gratis, dapat duduk-duduk santai dengan tikar dibawah pohon saja.

Pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas untuk bermain khusus untuk anak-anak. Tak hanya itu, berbagai permainan untuk orang dewasa juga sudah banyak yang tersedia. Misalnya saja seperti kano, banana boat, maupun menyewa kapal pompong milik  nelayan.

Bagi para sobat wisata yang ingin menikmati kuliner, di pantai ini telah tersedia beberapa kafe dan Resto. Keduanya menyediakan berbagai macam makanan khas laut, atau bahkan makanan khas melayu.

6. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam di kawasan Nongsa menambahkan daftar atraksi wisata Batam. Lokasinya sangat ideal dikunjungi wisatawan, karena berada dekat dengan beberapa resort dan pelabuhan.

Destinasi ini memiliki ribuan koleksi keanekaragaman hayati bertema konservasi tumbuhan, pulau-pulau kecil di Indonesia.

Diresmikan sejak 22 Desember 2018, jumlah koleksi tanaman yang ada di taman ini makin beragam tentunya.

Kebun Raya Batam digadang-gadang akan menyaingi Botanic Garden milik Singapura. Kawasan wisata ini dibuka dari pagi hingga sore hari. Jadi para sobat wisata bisa bebas memilih hari yang tepat, untuk berkunjung ke tempat wisata yang eksotis ini, karena taman ini buka setiap hari.

7. Queen Garden Waterboom Batam

Queen Garden Waterboom Batam

Queen Garden Waterboom adalah salah satu tempat wisata Batam yang bisa dikunjungi, oleh para sobat wisata. Waterboom ini terletak di daerah Sadai, Bengong, Kota Batam.

Fasilitas yang disediakan oleh Waterboom adalah wahana yang didesain sedemikian rupa, sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi para penggunanya.

Selain dari wahahana yang memacu adrenalin, hingga wahana yang untung tempat bersantai di sekitar kolam juga disediakan di sini.

Selain itu ada juga Mini Zoo Birds, yang menyediakan segala jenis burung untuk diperlihatkan kepada pengunjung. Jadi selain untuk tempat wisata, juga untuk edukasi sob.

8. Pulau Mubut : Tempat Wisata Batam Terhits

pulau mubut batam

Pulau Mubut ini asyik untuk dikunjungi saat akhir pekan sob. Tentu pengunjung akan sangat puas, dapat berlibur di pulau yang memiliki alam sangat indah ini sob.

Tempat wisata ini memiliki pasir berwarna putih bersih, dengan air laut sangat jernih. Pemandangan laut lepas yang begitu eksostis, membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di sini.

Umumnya para pengunjung datang di pagi hari. Mereka menghabiskan waktu sampai sore di pulau ini, sambil merasakan hembusan angin laut, serta udara segar dengan pepohonan yang teduh, dan menikmati pesona pasir putih yang asri dan alami.

Pulau Mubut memiliki dua buah pulau yang terpisah, yaitu Pulau Mubut Darat dan Laut.

Pulau Mubut Laut dihuni oleh penduduk sekitar kurang lebih 320 jiwa. Sedangkan Mubut Darat, awalnya  merupakan pulau berpasir putih yang kosong. Dimana kemudian dimanfaatkan oleh  masyarakat sekitar sebagai lahan perkebunan kelapa.

Wisata Pulau Mubut saat ini sudah dilengkapi penginapan, dan fasilitas yang menunjang lainnya. Tentunya sobat dapat menikmati senja di Pulau Mubut Darat, karena pemandangannya yang akan sangat cantik dan mempesona.

Jajaran pohon kelapa yang menjorok ke laut, menjadikan pemandangan pantai bertambah elok dan sempurna.

9. Ocarina Park

ocariana park

Ketika memasuki lokasi ini, sobat akan disambut dengan berbagai patung sio yang ada si sepanjang jalan. Patung-patung tersebut diantaranya adalah patung ayam, monyet, ular, kambing, harimau, tikus, naga, kerbau, dan juga kelinci.

Tidak hanya menyaksikan patung sio, pengunjung juga dapat mengetahui filosofi dari masing-masing sio tersebut.

masing-masing patung tersebut disertai dengan penjelasan sifat dari shio dalam bahasa Inggris Mandarin maupun bahasa Indonesia

Jika sudah puas berkeliling taman, sobat bisa beristirahat di salah satu restoran seafood. Nah di sini, mengunjungi dapat memesan berbagai macam masakan dan minuman khas Batam sob.

Apabila ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, d tempat wisata Batam ini juga terdapat pusat oleh-oleh yang menjual berbagai souvenir, yang harganya relatif terjangkau.

Ocarina Park berlokasi satu kilometer dari Pelabuhan Batam Center. Lebih tepatnua ada di Jalan Bunga Raya, Sedai Bengkong.

10. Tempat Wisata Batam : Rumah Kopi Fatmawati

rumah kopi faatmawati batam

Jika ingin menikmati secangkir kopi dengan suasana yang berbeda, Anda bisa datang ke rumah kopi Fatmawati yang terletak di kawasan Mega Wisata Ocarina Batam Center.

Cafe ini menawarkan aneka kopi berkualitas, dengan pemandangan laut suara deburan ombak dan juga lalu lalang kapal.

Dari namanya saja sobat tentu sudah bisa menebak, jika sajian kopi menjadi andalan bagi tempat ini.

Beraneka ragam minuman olahan dari bahan kopi, tersedia di cafe ini. Mulai dari yang panas hingga yang dingin.

Tidak hanya dengan menu kopi yang lengkap, cafe ini juga menawarkan menu makanan dengan berbagai pilihan. Mulai dari makanan ringan khas Indonesia, dan juga makanan besarnya.

Setiap harinya Rumah Kopi Fatma wati beroprasi dari jam 10 pagi hingga 11 malam. Harganya yang terjangkau dan tempat yang asyik, dapat menjadi pilihan tujuan wisata anda bersama teman dan keluarga.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Batam terhits 2022. Semoga ulasan ini bermanfaat. Update terus informasi wisata Anda dengan rutin mengunjungi Detatang.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.