tempat wisata di salatiga

Tempat wisata di Salatiga yang menarik merupakan informasi penting. Terutama bagi Anda yang ingin berkunjung sembari berlibur ke kota ini. Dengan informasi ini, semoga liburan Anda bisa semakin berkesan.

Walaupun Salatiga termasuk kota yang berukuran kecil. Namun kota Salatiga yang berbatasan dengan kabupaten Ungaran serta kabupaten Boyolali ini, memiliki potensi wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi.

4 Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik

Dari arah utara kota Salatiga berlokasi di kaki Gunung Merbabu. Selain itu, kota ini juga dekat dengan Gunung Ungaran. Jadi jangan heran, jika Anda akan merasakan udara segar nan sejuk saat berada di kota ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata dengan hembusan udara sejuk dan segar, berikut 3 tempat wisata di Salatiga yang cocok dikunjungi.

1. Umbul Sidomukti

tempat wisata di salatiga

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat favorit wisatawan lokal.

Umbul Sidomukti sendiri adalah sebuah kolam renang. Namun bukan sembarang kolam renang biasa. Kolam renang ini terletak di ketinggian bukit, dan menghadap langsung pada hamparan alam di seberangnya!

Selain menyenangkan, berenang di Umbul Sidomukti akan memberikan liburan yang sangat berkesan.

Sambil menikmati segarnya air dari kolam renang, Anda dapat bersantai sambil menatap pemandangan hamparan alam, di seberangnya yang hijau dan asri.

Menariknya lagi, Umbul Sidomukti terbagi menjadi empat kolam renang yang bertingkat, dan sesuai dengan kedalaman yang dimiliki. Pengalaman baru yang sangat menarik pokoknya! Selain berenang, aktivitas lain yang dapat Anda gunakan di sini adalah flying fox.

2. Pemandian Air Alam Muncul

tempat wisata di salatiga

Tempat wisata di Salatiga yang menarik berikutnya Pemandian Air Alam Muncul. Udara sejuk dan segar di kota Salatiga, akan sangat cocok jika Anda berendam di kolam yang hangat, bukan?

Nah, Pemandian Air Alam Muncul ini, dapat menjadi salah satu destinasi Anda untuk meregangkan otot-otot. Terutama setelah lelah berkeliling seharian.

Pemandian air panas ini dapat Anda jumpai di kecamatan Banyubiru, tepatnya di desa Rawa Boni. Sekitar 9 km jauhnya dari pusat kota Salatiga. Pemandian air panas alam ini, memiliki luas kolam 20 x 40 meter.

Air kolam ini tentu sangat sehat dan menyegarkan. Salah satunya karena mata airnya, adalah mata air alami. Sumbernya pun langsung dari dasar kolam, sehingga benar-benar terasa nuansa alaminya.

Selain itu, ada juga ikan-ikan kecil yang dibiarkan berenang bebas di kolam. Dengan ini, Anda akan mendapat teman kecil saat berendam.

3. Air Terjun Umbul Songo

tempat wisata di salatiga

Tempat wisata di Salatiga berikutnya adalah Air Terjun Umbul Songo. Air terjun ini dapat Anda temui di Kopeng, yakni sebuah kawasan wisata Kopeng di Salatiga.

Lokasi air terjun ini dapat Anda tempuh dengan beberapa cara. Bisa dengan berjalan kaki, atau menyewa kuda untuk mengantar Anda ke sana. Menarik, bukan?

Air terjun Umbul Songo berada di ketinggian sekitar 1,450 mdpl. Memiliki ketinggian air terjun mencapai 15 meter.

Hal yang menarik dari air terjun ini adalah lokasinya yang dikelilingi oleh pepohonan rindang nan hijau, dan terlihat menyatu dengan alam. Ini tentu semakain membentuk pemandangan yang indah.

4. Kopeng

kopeng

Berikutnya, ada sebuah wilayah wisata alam yang terkenal dan paling favorit di Salatiga. Selain menjadi tempat wisata alam favorit keluarga, Kopeng juga menjadi salah satu jalur pendakian menuju Gunung Merbabu.

Kopeng sendiri adalah nama sebuah desa yang berada di kecamatan Getasan. Walaupun Kopeng termasuk dalam wilayah Semarang, Kopeng berjarak lebih dekat dengan kota Salatiga, yaitu hanya berjarak sekitar 14 km.

Kopeng adalah sebuah desa wisata alam yang terletak di kaki Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo sekaligus.

Di sini, Anda akan menjumpai pemandangan alam yang hijau dan indah, mulai dari perkebunan teh, sawah, perbukitan, dan pemandangan pegunungan.

5. Rawa Pening

rawa-pening

Kata pening di sini artinya bukanlah pusing. Kata pening pada nama Rawa Pening, pada dasarnya untuk menggambarkan kata bening. Ya air danau ini memang sangat jernih.

Salah satu keunikan lainnya juga karena danau ini ditumbuhi eceng gondok. Tempat wisata ini sedang diupayakan agar menjadi destinasti wisata dunia. Semoga upaya Kementrian Pariwisata, menjadikan Rawa Pening sebagai wisata bertaraf internasional segera terwujud ya.

6. Arrowhead Park

arrowheadpark
Arrhead Park adalah sebuah taman yang begitu alami, indah, dan mendamaikan. Tempat wisata di Salatiga ini berlokasi di Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga.

Selain dikunjungi wisatawan lokal, banyak juga wisatawan asing yang mengunjungi Arrhead Park ini. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang rindu suasana segar, di tengah aktivitas padat hiruk pikuk perkotaan.

Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan pedesaan begitu asri, hijau, dan juga rindang. Di Arrhead Park Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Mulai dari menikmati sunset, bermain bisbol, tenis, hingga berkuda.

7. Atlantic Dreamland

atlantic dream land salatiga
Tempat wisata di Salatiga terakhir yang kita bahas adalah Atlantic Dreamland. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang berwisata bersama buah hati tercinta.

Atlantic Dreamland adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahana permainan cukup lengkap. Misalnya saja seperti kolam renang, waterboom, water toys, mini train, circular track, bom-bom, hingga fliying fox.

Lokasi Atlantic Dreamland berada di Jalan Soekarno Hatta, Isep-Isep, Cebongan, Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Semua wisata di atas sangat menarik. Apalagi bagi Anda YouTuber hingga blogger. Selain menyenangkan, juga bisa membuat konten semakin berwarna.

Demikian pembahasan mengenai tempat wisata di Salatiga,  yang dapat Anda kunjungi. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk membuat liburan Anda dan keluarga semakin berkesan. Jangan lupa berdoa, dan utamakan keselamatan selama di perjalanan dan lokasi wisata.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments