Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

10 Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits, Sudah Berkunjung?

Diposting pada

Artikel ini akan membahas 10 tempat wisata Jepara yang lagi hits, sehingga akan membuat pengalaman liburan makin berkesan. Pastikan sobat menyimak artikel  ini seluruhnya sehingga tidak ada satu pun tempat yang tertinggal.

Jangan lupa simak artikel lainnya tentang wisat di Jawa Tengah, seperti tempat wisata Semarang, Klaten, hingga tempat wisata Purworejo paling hits.

10 Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

Sejak zaman dahulu Jepara sudah menjadi salah satu daerah tersohor di Pulau Jawa sob. Daerah yang dikenal karena seni ukirnya ini, juga memiliki tokoh-tokoh yang berpengaruh seperti Ratu Kalinyamat. dan R.A. Kartini tentunya.

Jepara ternyata juga memiliki panorama yang sangat indah. Tidak heran jika banyak pelancong merekomendasikan wilayah ini, sebagai salah satu destinasi wisata wajib untuk dikunjungi .

Tempat wisata di Jepara terbilang sangat lengkap. mulai dari wisata alam, sejarah, keluarga hingga wisata religi. Dilansir dari Republik Wisata berikut ini 10 tempat wisata Jepara terhits:

1. Karimun Jawa Jepara

Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

Bisa dikatakan, keindahan tempat wisata Karimunjawa seolah seperti surga yang tersembunyi sob. Dikarenakan bentuknya yang berupa kepulauan, tentu saja Karimunjawa memberikan keindahan pemandangan laut, dan pulau yang membentuk keindahan. Baik ketika matahari terbit, ataupun saat terbenam.

Selain terkenal akan hasil bumi dan lautnya, pulau Karimun Jawa juga merupakan salah satu tempat wisata Jepara yang banyak dikunjungi. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di sini.

Dengan memanfaatkan lautnya yang indah, sobat bisa berenang, scuba, diving, hingga snorkeling di sini. Selain itu bisa juga menikmati sunrise, mengunjungi hutan mangrove, memancing di tempat penangkaran hiu, berkunjung ke pulau lain, serta mengabadikan berbagai momen melalui fotografi.

Walaupun wisata berpusat pada laut, namun tentu saja hal ini begitu memikat sob. Di Pulau Karimunjawa, Anda disuguhkan pemandangan yang tidak biasa mengenai laut dan pulau layaknya sedang berwisata ke luar negeri, atau ke pulau-pulau terkenal di dunia.

Fasilitas di Pulau Karimunjawa tergolong sangat lengkap sob.  Di sini tersedi banyak penginapan, homestay, vila hingga hotel mewah. Tarifnya pun beragam, mulai dari tarik ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

2. Air Terjun Gembong Tempat Wisata Jepara

Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

Tempat wisata Jepara yang satu ini, berada di Dukuh Papasan, Bangsri, Jepara. Air Terjun ini dilewati dengan sebuah perjalanan yang asyik dan menantang.

Bukan hanya tracking, di sini pengunjung juga bisa berolahraga bottle file. Tentu saja karena medannya sangat mendukung dan menentang.

Selain ketinggiannya yang mencapai sekitar 30 meter, aliran air terjun ini juga begitu deras. Di sebelah sisi kiri dan kanan air terjun, terdapat tebing yang membuatnya makin terlihat eksotis. Di bawahnya terdapat kolam yang dalam, khas air terjun sob.

Disarankan untuk tidak berenang di tempat ini ya, karena dapat membahayakan keselamatan. Jadi untuk sobat yang ingin mampir ke air terjun ini, bisa banget untuk refreshing bersama keluarga.

3. Air Terjun Songgolangit 

Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

Bukan hanya sebatas keindahannya ajaib terkenal di air terjun Songgolangit. Namun tempat wisata Jepara ini, memiliki cerita legenda dan bisnis, menjadi bagian yang tak terpisahkan darinya.

Air yang mengalir menuju air terjun Songgolangit, bukan berasal dari sumber mata air langsung sob. Namun dari sungai yang ada di atasnya.

Di atas air terjun tersebut terhampar area Pesawahan yang begitu luas, dan ditengah-tengahnya, Terdapat sungai yang aliran airnya menuju air terjun Songgolangit.

Dengan demikian, arus air terjun Songgolangit sangat dipengaruhi musim. Jika musim hujan tiba, akan sangat deras. Begitupun sebaliknya sob, jika musim kemarau tiba kondisi airnya tidak begitu besar.

Ada pun tinggi air terjun Songgolangit sekitar 80 m, dengann lebar 2 (dua) meter, sehingga menegaskannya menjadi air terjun terbesar yang ada di lereng gunung Muria. Cocok banget nih buat tempat refreshin,g dan hunting foto para sobat wisata.

4. Tempat Wisata Jepara Pulau Panjang 

Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

Sebagai negara kepulauan yang sangat subur, membicarakan kekayaan alam Indonesia tentu tidak ada habisnya. Kali ini datang dari pantai pulau Panjang. Pantai dengan pasir putih tersebut, tidak hanya memanjakan penikmat dengan deru ombaknnya yang menenangkan sob.

Salah satu hal yang sangat menarik bagi wisatawan, adalah airnya yang sangat jernih. Daya tarik pertama yang ditawarkan oleh pantai Pulau Panjang, adalah persewaan berkemah yang bisa digunakan oleh setiap sobat wisata.

Lokasinya yang begitu sangat asri, dan masih sedikit orang yang tahu, menjadi keuntungan tersendiri untuk pengunjung.

Sobat wisata bisa merasakan bermalam di alam bebas.  Tentunya suasana akan makin menyenangkan dengan dinyalakannya api unggun.

Dikarenakan keindahan alam bawah lautnya, tak heran jika Pulau Panjang dijadikan Spot snorkeling untuk para pecinta alam .

5. Pantai Bandengan

Tempat Wisata Jepara yang Lagi Hits

Pantai Bandengan merupakan pantai di Kota Jepara, yang pasirnya berwarna putih . Tentunya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata Jepara pilihan sobat.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di sini. Misalnya saja seperti voli pantai, bermain perahu, maupun sekedar berenang.

Ada juga loh hal lainnya yang dapat menarik, untuk melakukan piknik atau liburan di Pantai Bandengan ini. Diantaranya yaitu hamparan pepohonan yang begitu imbun dan sejuk.

Hal tersebut menyebabkan suasana yang nyaman, dan tidak kegerahan saat siang hari tiba. Semua itu menyebabkan sobat bisa betah berada di pantai itu.

6. Pantai Kartini Tempat Wisata Jepara

Pantai Kartini

Bagi masyarakat Jepara, keberadaan pantai ini merupakan sebuah kebanggaan. Di sini, pengunjung bukan hanya bisa menikmati pantai, namun juga berbagai wahana rekreasi dan edukasi seru untuk anak, hingga tempat piknik yang ramah keluarga.

Sedikit berbeda dengan pantai kebanyakan. Pantai Kartini menyuguhkan beragam wahana pelengkap objek wisata. Sebuah gedung berbentuk kura-kura raksasa, sangat ikonik di Pantai Kartini ini sob.

Di dalamnya terdapat dua lantai. Lantai pertama menawarkan akuarium yang super besar ,Vespa dan kolom sentuh kura-kura.  Selain nyaman untuk bersantai para orang tua, spot ini juga menjadi sangat tepat untuk memantau anak-anak yang sedang bermain.

Di lantai kedua terdapat tempat edukasi bagi anak-anak sob. Banyak hal menarik yang dipertontonkan di tempat tersebut. Misalnya kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, dan juga alat peraga sensor berusia.

7. Pantai Gua Manik

Pantai Gua Manik

Tempat wisata Jepara ini juga masih bernaunsa alam. Pantai Gua Manik, terletak di desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Wisata ini memang baru dibuka untuk wisatawan, dan dikelola oleh rumah sakit daerah wilayah setempat.

Tak ayal pantai ini belum terlalu ramai sob.  Dengan hal ini, sangat mudah menemukan tempat nyaman untuk bisa menikmati suasana pantai yang indah.

Pantai Gua Manik bisa dibilang sebagai tempat wisata Jepara, sekaligus upaya pemberdayaan masyarakat pusat dari rumah sakit dokter Rehatta.

Sebagai informasi, desa ini memang dijadikan sebagai tempat rehabilitasi bagi mantan pasien kusta. Tapi tenang saja sob, warga sudah sembuh total dan tidak akan menularkan bakteri kusta.

Nah dengan meramaikan wisata pantai ini, kita telah ikut membantu warga desa untuk memperbaiki taraf hidupnya sobat.

8. Hutan Wisata Sreni

Menikmati liburan di wanawisata Sreni indah, adalah salah satu alternatif pilihan berlibur sobat di Kota Jepara. Pemandangan alam yang begitu indah, ditambah udaranya yang sangat sejuk. Tak heran jika kawasan hutan pinus di lereng Gunung Muria tersebut, menjadi tujuan favorit wisata bagi banyak orang.

Wanawisata sreni atau share lidah berada di Bata Gede, Nalumsari, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tempat wisata Jepara ini., juga sering digunakan sebagai lokasi berkemah.

Event Jambore tingkat nasional juga sering diadakan di lokasi ini. Namun jika hanya ingin sekedar berwisata, Anda bisa juga menikmati lokasi bersantai di warung-warung kopi yang ada di sini.

Tempat wisata ini juga menyediakan beberapa Spot foto yang instagramebel banget, dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah.

9. Museum R.A Kartini

Museum R.A Kartini

Museum R.A. Kartini adalah salah satu asset yang sangat berharga bagi Indonesia dan rakyatnya. Sosoknya yang menjadi inspirasi, takan pernah lekang oleh zaman. Akan terus dikenang dan diteladani dari generasi ke generasi.

Berdiri di atas tanah seluas 5210 m, museum ini menyimpan benda-benda peninggalan R.A. Kartini maupum pun katanya R.M.P Sosro Kartono.

Ada beberapa ruangan besar yang membagi musim ini, yaitu ruangan yang digunakan sebagai tempat berbagai koleksi dari peninggalan RA. Kartini, berupa benda peninggalan dan foto semasa hidupnya. Diantaranya adalah meja, kursi, foto-foto Kartini, radio, koleksi piring Kartin,i gerobak Kartini, dan lain-lain.

Di sini juga ada ruangan yang menampung berbagai benda bernilai sejarah. Antara lain terdapat tulang ikan raksasa Jo Duo, dengan panjang kurang lebih 15 m, berat kurang lebih 6 ton, lebar 4 meter, tinggi 2 m, dan kurang lebih berumur 220 tahun.

Tulang ikan tersebut ditemukan pada perairan Karimun Jawa, di pertengahan April 1989. Lokasi museum ini sendiri berada di Jalan alun-alun no 1, Jepara, Jateng.

Lokasi museum sangat strategis sob, karena di sebelah timur museum ini terdapat kantor pusat pemerintahan Kabupaten Jepara. Alun-alun kota juga ada di sebelah selatannya.

10. Jepara Ocean Park

Jepara Ocean Park

Tempat wisata Jepara bertambah dengan diresmikannya Jepara Ocean Park, yang merupakan objek wisata bahari terbesar di Jawa Tengah.

Dari kejauhan, sobat sudah bisa melihat megahnya Jepara Ocean Park ini. Keindahan yang sobat lihat, sama seperti kemegahan foto Jepara Ocean Park, yang bisa sobat jumpai di berbagai laman web atau media sosial lainnya.

Pengunjung akan sangat mudah menemukannya. Hal ini karena tempat wisata ini sudah sangat popular di kalangan warganet.

Jika merujuk lokasinya, Jepara Ocean Park memang sangatlah strategis. Wahana yang disediakannya pun beragam. Makanya wisata air ini, sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga, maupun teman.

Itulah 10 tempat wisata Jepara yang lagi hits. Semoga ulasan ini bermanfaat. Pantau terus detatang.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.