Tempat Wisata Klaten

10 Tempat Wisata Klaten yang Keren dan Lagi Hits!

Diposting pada

Artikel ini akan membahasahas 10 tempat wisata Klaten yang sedang hits di tahun ini. Selain kepopulerannya, lokasi dan pemandangan yang sekitarnya memang sangat menakjubkan.

Sebelum membahasnya jangan lupa simak artikel lainnya tentang 10 tempat wisata Purworejo paling hits, wisata Batam, Bali dan lain sebagainya.

10 Tempat Wisata Klaten yang Ngehits

Kota ini dikenal dengan slogannya bersinar yang merupakan singkatan dari bersih, sehat, indah, nyaman, aman, dan rapi.

Meski pun termasuk kota kecil jika dibandingkan dengan Yogyakarta maupun Solo, kota memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Maka tidak ada salahnya jika kita berwisata kesini. Bagi penggemar elektronika, ada banyak juga toko elektronik terbaik di Klaten loh.

Klaten memiliki cukup banyak loh destinasi wisata yang akan merefresh pikiran, dan sarana berlibur keluarga di akhir pekan, ataupun libur panjang yang sangat menyenangkan. Dilansir dari Republik Wisata berikut 10 tempat wisata Klaten:

1. Umbul Ponggok Klaten

Tempat Wisata Klaten

Objek wisata yang bersumber dari sumber mata air ini, menjadi kawasan terfavorit. Bahkan menurut sejarah, mata air yang ada di kawasan ini, ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Air yang super jernihi menjadi alasan utama, mengapa harus pergi mengunjungi kawasan ini. Kerennya lagi, air ini tidak bakalan kotor karena berasal langsung dari sumbernya. Selain itu, bawah airnya berisikan ikan kecil yang menggemaskan.

Tidak ada terumbu karang memang, tetapi diganti dengan berbagai keindahan yang ada di dalamnya. Alamat lokasi Umbul Ponggok, berada di jalan Delanggu Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

2. Galuh Tirtonirmolo Water Park

Tempat Wisata Klaten

Salah satu kolam renang yang masih laku, walaupun sudah lama berdiri adalah Galuh Tirtonirmolo Waterpark. Berlokasi di Prambanan sekitar 1 km dari timur Candi Prambanan.

Waterpark atau kolam renang yang ada di Kabupaten Klaten ini, sering dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Klaten untuk olahraga renang, dan rekreasi air.

Galuh Tirtonirmolo Waterpark sendiri memiliki desain baik, aman, terawat, air jernih, serta dilengkapi fasilitas yang lengkap seperti kamar ganti, dan juga kamar mandi.

Water Park ini pun sangat ramah anak, sehingga sobat bisa juga loh mengajak serta anak untuk berenang . Tempat wisata Klaten ini terbuka untuk umum, dengan harga tiket masuk yang cukup murah dan terjangkau.

Nah buat sobat yang ingin berlibur bersama keluarga, wisata Galuh Tirtonirmolo Waterpark sangat cocok sebagai tujuan destinasi rekreasi.

3. Tempat Wisata Klaten : Candi Prambanan

Tempat Wisata Klaten

Candi Prambanan merupakan sebuah canndi dengan corak Hindu yang dibangun oleh dinasti Sanjaya, pada masa kerajaan Medang atau Mataram Hindu pada abad ke-9 an.

Prambanan merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Klaten. Atas dasar itu, banyak sobat wisata baik dari dalam dan luar negeri yang datang ke sini, untuk melihat betapa indahnya candi yang juga dikenal dengan sebutan Candi Roro Jonggrang.

Saat akhir pekan dan libur nasional, candi ini selalu ramai dipadati oleh para wisatawan. Manjulang dengan ketinggian 47 m, sehingga membuat candi ini menjadi candi tertinggi yang ada di Indonesia.

Keseluruhan bangunan candi terbuat dari batu andesit yang berasal dari Gunung Merapi sob. Nah bagi sobat wisata yang suka akan sejarah dan kebudayaan Indonesia, dan ingin berlibur melepas penat, Candi Prambanan pas banget loh untuk dijadikan destinasi pilihan.

4. Candi Sewu : Tempat Wisata Klaten

Tempat Wisata Klaten

Bisa dikatakan, bahwa Candi Sewu adalah candi yang cukup megah. Tiap pintu masuk dikawal oleh sepasang Arca dua rapala, yang digambarkan sebagai raksasa penjaga dengan tinggi 2,3 m.

Sebagai salah satu objek wisata, Candi Sewu banyak dikunjungi oleh para wisatawan, dan juga pelancong dari negara lain.

Kemegahan yang hadir diantara candi-candi ini, pasti membuat sobat berdecak kagum dan tidak menyesali pilihan sobat berlibur ke Klaten. Candi megah ini sangat cocok bagi sobat wisata yang masih bingung menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Bagi sobat yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, ataupun pasangan, Candi ini bisa menjadi pilihan sebagai wisata. Bukan hanya lokasinya yang berdekatan dengan berbagai candi besar lain, namun juga karena keindahan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan.

Jadi tunggu apalagi kemasi barang-barang sobat, dan jelajahi indahnya alam sebelum menikmati bukti sejarah mengagumkan, yang dibangun di tanah kita Indonesia.

5. Riverboarding Kali Pusur Klaten

Tempat Wisata Klaten

Kali Pusur Klaten, bisa menjadi rekomendasi tempat liburan selanjutnya. Bagi sobat wisata yang suka menantang adrenalin. Para turis lokal maupun mancanegara sering hilir mudik. Baik di hari libur ataupun pada hari biasa.

Selain pemandangan yang elok, di wisata ini ada beberapa juga aktivitas yang berbeda dengan sehari-hari. Sangat cocok digunakan bagi riverboarding pemula, ataupun profesional.

Tempat ini mempunyai kontur sungai yang tidak terlalu dalam, dengan dikelilingi bebatuan sehingga menjadi tantangan bagi para pengunjung sob. Apalagi dengan air boarding semakin menyenangkan karena dapat berlenggak lenggok terbawa arus air yang cukup deras.

Aktivitas lainnya yang ada di wisata ini, bisa juga menyusuri dengan menggunakan ban terbesar atau yang dikenal sebagai tabing.

Awal mula berdirinya wisata riverboarding, dari salah seorang yang memiliki hobi wisata alam. Kemudian pada tahun 2012, didirikanlah tempat wisata ini.

Meskipun terbilang baru, namun banyak sobat wisata yang sudah menyempatkan diri untuk datang ke Kali Pusur Klaten.

Selain menikmati jalan yang asyik, sobat juga dapat menikmati pemandangan yang masih alami dan segar. Gimana nih menarik dan memacu adrenalin bukan?

6. Taman Lampion Klaten

Taman Lampion Klaten

Taman lampion, itulah nama sebuah taman di Klaten tepatnya dikelurahan Barenglor, Klaten Utara, Klaten. Terletak sekitar 200 meter saja, di samping jalan utama Klaten – Jogja sob.

Sesuai namanya, taman ini mempunyai banyak banget lampu lampion, dan hampir berdekatan. Di tengah taman lampion Klaten Sobat bakal menemukan kolam bertingkat, yang dilengkapi dengan air mancur.

Di tengah-tengah lokasi ada patung manusia kera, atau biasa disebut dengan Hanoman yang besar. Patung tersebut dikelilingi 12 keran kecil, dengan berbagai warna dalam air mancur.

Mayor untuk permainan atau arena anak-anak juga disediakan seperti ayunan, atau jungkat-jungkit. Walaupun tidak terlalu banyak tempat yang cukup asri dan sejuk, karena banyak pohon yang rindang. Lokasi ini sangat cocok untuk hunting foto sob.

Tempat yang dibangun sejak tahun 2014 ini, telah menjelma sebagai spot wisata Klaten yang baru, yang banyak digemari.

7. Umbul Manten Tempat Wisata Klaten

Umbul Manten Klaten

Umbul Manten berlokasi di Desa Janti, Polanharjo, Klaten. Di tempat ini para sobat wisata akan dimanjakan, dengan pemandangan alam yang begitu megah serta masih asri sob.

Jauh dari sentuhan polusi yang merusak lingkungan. Asal usul penamaan tempat ini sendiri, mitosnya dari legenda tentang sepasang suami istri, yang hilang misterius di tempat tersebut.

Mata air Umbul Manten sangat jernih dan airnya sangat segar. Namun ada beberapa sumber mata air, yang dilarang untuk para sobat wisata berenang di tempat tersebut. Hal ini karena air sumber mata air tersebut, dijadikan sebagai sumber kebutuhan oleh penduduk.

Air dari sumber Umbul Manten sangat jernih dan bening. Saking beningnya, bebatuan yang ada dasar kolam pun bingung terlihat dari atas. Berenang di Umbul Manten juga akan memberikan kesejukan, karena dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan jenggot. Akar pohon tersebut pun, juga berada di kolam-kolam, keren banget deh pokoknya.

8. Umbul Kapilaler/ Umbul Sigedhang Klaten

Umbul Kapilaler

Umbul kapilaler merupakan salah satu kolam alami yang hits, karna eindahannya untuk foto underwater, walaupun tempatnya tidak sebesar Umbul Ponggok.

Tetapi tempat ini memiliki daya tariknya sendiri sehingga mampu mendatangkan banyak wisatawan. Umbul Kapilaler terletak di Dukuh Unggul Sari, Ponggok Polanharjo, Kabupaten Klaten. Tempat persisnya berada di samping Umbul Sigedang.

Dulunya tidak terlalu terkenal di kalangan wisatawan. Namun karena beberapa ada yang share foto-foto keren saat berkunjung, akhirnya banyak sobat wisata lain tertarik untuk datang, dan melihat langsung keindahan mata air Capital at

Di Umbul ini juga hidup kawan dan warna-warni yang menjadi latar belakang favorit sobat wisatawan saat berfoto di bawah air tidak perlu khawatir bau amis berenang bersama ikan di tempat ini Karena airnya sangat bersih jernih dan terus berganti dengan air yang baru shop yang pastinya keluar dari bawah tanah

nah ikan-ikan disini pun sangat ramah sepertinya sudah terbiasa dengan kehadiran manusia yang sering datang Gimana seru banget kan

9. Hutan Kota Gergunung Klaten

Hutan Kota Gergunung Klaten

Ada cukup banyak hutan kota yang ada di Klaten. Salah satunya yaitu hutan Gergunung. Terletak dijalan Gan keripik gergunung, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Meski masih baru, namun tempat wisata Klaten ini telah mampu memikat banyak wisatawan. Bukan hanya gratis, tapi tempat ini juga strategis dan berukuran luas. Anggota yang sekaligus sebagai taman modern ini, sering dijadikan wadah bagi muda-mudi untuk bermain dan berkumpul.

Taman ini tak pernah sepi pengunjung, banyak tempat wisata yang menyempatkan waktu sekedar hanya untuk gedung santai. Ada tempat bermain juga untuk anak-anak. Beragam tanaman dan bunga jalan setapak dari batu, yang membuat nuansa alaminya sangat kuat sob.

Bangunan dan ornamen yang artistik, sehingga mempercantik hutan kota Gergunung. Bagi sobat yang hobi memotret, sempatkan mampir ya. Jika sedang berada di Klaten ataupun mampir melewati lokasi kota ini

Banyak sekali lo spot-spot menarik yang memanggil untuk diabadikan, dengan kamera mount bagi Sobat dan tempat berfoto selfie. Sangat cocok juga untuk mampir ke hutan kota Gergunung.

10. Kuliner Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Hutan Kota Gergunung Klaten

Salah satu tempat wisata kuliner yang cukup terkenal di Kabupaten Klaten, adalah warung apung Cebong di Waduk Jombor. Mungkin untuk sobat yang tinggal di wilayah Klaten dan sekitarnya, tidak asing dengan objek wisata ini.

Jika belum mengenalnya, dan bila ada kesempatan berlibur panjang, atau melewati wilayah Klaten, tidak ada salahnya untuk mencoba datang kesini sob. Dinamakan warung apung, karena lokasi untuk makan berada di atas kain yang mengapung.

Untuk menuju lokasi warung makan, di mana sudah disediakan alat transportasi berupa bambu dan kayu yang sudah disusun, dan dioperasikan oleh petugas. Selain itu, naik alat transportasi ini gratis alias tidak dikenakan biaya sama sekali sob.

Di lokasi warung apung terdapat area bermain anak-anak, panggung hiburan, area memancing, dan tersedia juga aneka masakan yang ditawarkan.

Menu yang ditawarkan disana adalah berbagai menu ikan tawar, bigfoot dan juga aneka sambal dan lalapan. Nah bagi sobat yang sangat menyukai wisata kuliner, warung apung Rowo Jombor bisa banget dijadikan destinasi wisata saat liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Itulah  10 tempat wisata Klaten paling hits 2022. Semoga bermanfaat. Pantau terus detatang.com untuk mengupdate informasi sobat mengenai wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.