tempat wisata Malang terfavorit

10 Tempat Wisata Malang Terfavorit dan Terhits Tahun Ini, Apa Saja?

Diposting pada

Artikel ini akan membahas 10 tempat wisata Malang terfavorit, dimana diantaranya sangat unik bahkan langka di dunia. Pastikan sobat menyimak semua artikel ini agar taka ada yang terlewat.

Jangan lupa juga simak artikel tentang tempat wisata kota lainnya, seperti Bali, Bandung, Batam, dan lain sebagainya.

10 Tempat Wisata Malang Terfavorit

Membahas tempat wisata di Malang memang tidak akan ada habisnya sob. Kota yang terkenal dengan buah apelnya ini, selalu menyuguhkan surprise baru untuk para wisatawan betah berlibur.

Salah satu kota terluas di Jawa Timur ini, memiliki beragam objek wisata. Eksplorasi, kelezatan kuliner, hawa dingin, dan udara yang sejuk, dijamin akan membuat kalian jatuh cinta dengan kota ini. Apalagi di zaman sekarang, yaitu zamannya sosial media, liburan tak selalu tentang refreshing saja.

Bagi para sobat wisata yang hobi mengabadikan momen berlibur dengan kamera, tempat wisata di Malang akan memberi hasil jepretan kalian jadi super kece.

Hal yang terpenting, dilengkapi dengan kemudahan transportasi dan banyaknya tempat menginap, yang menawarkan harga terjangkau. Jelas kota ini akan menjadi idaman para sobat wisata pastinya. Dilansir dari Republik Wisata, berikut 1o tempat wisata Malang terpopuler.

1. Pulau Sempu Malang

tempat wisata Malang terfavorit

Objek wisata ini merupakan suatu pulau kecil yang berada di selatan Pulau Jawa. Tepatnya di Desa Tambakrejo, Sumber Manjing Wetan, Malang.

Berkunjung ke sini wisatwan akan menemukan banyak sekali pepohonan propis. Tak heran jika banyak yang menggambarkan Pulau Sempu dan Segara Anakan sebagai surga tersembunyi. Dari pulau yang dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam ini, wisatawn dapat melihat dengan jelas pantai yang sangat indah.

Pantainya yang masih menyatu dengan alam tentu membuat pantai ini makin terlihat indah. Pasir putih yang lembut saat bersentuhan dengan kaki, jernihnya air dengan perpaduan warna biru dan hijau, membuat kita dimanjakan oleh kecantikan salah satu tempat wisata Malang ini.

Akan tetapi sebagai sebuah kawasan konservasi, tidak semua orang boleh berkunjung kesana sembarangan.

Nah untuk masuk dan berkunjung ke sana, para pengunjung harus meminta izin terlebih dahulu ke pihak BKSDA setempat sob. Setelah mendapat izin, pengunjung dapat berjalan-jalan maupun menginap di sana. Namun pastikan tetap memperhatikan kebersihan dan ketentuan yang telah ditetapkan ya.

Kedamaian suasana sambil melihat permainan ombak yang tenang, dan hembusan angin yang sejuk, membuat sobat seperti merasa tinggal di surge, hingga pikiran dan tubuh enggan untuk pergi dari Segara Anakan, yang merupakan Telaga di Pulau Sempu.

Air laut yang mengisi telaga masuk melalui lubang, yang secara konstan selalu menembus Segara Anakan sob. Deburan ombak yang masuk melalui lubang, memberikan pemandangan yang mungkin jarang sobat wisata jumpai sebelumnya.

Selain menikmati keindahan Pulau Sempu dan Segara Anakan, sobat wisata juga bisa melakukan kegiatan seperti snorkeling. Ketika menyelam di Pulau ini, akan merasakan sensasi serasa menikmati keindahan surga alam Indonesia di Pulau pribadi.

2. Kawah Ijen Malang

tempat wisata Malang terfavorit

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam, yang berada di puncak Gunung Ijen. Memiliki ketinggian 2443 meter di atas permukaan laut, dan juga dengan kedalaman danau 200 meter, serta luas kawah yang mencapai 5466 hektar.

Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia sob. Kawah Ijen berada dalam wilayah cagar alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi di daerah Jawa Timur.

Setiap dini hari sekitar jam 01.00 sampai 02.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru yang akan muncul di antara celah-celah bebatuan.

Blue fire yang merupakan keunikan dari tempat ini, merupakan penampakan api berwarna biru yang hanya dapat dilihat pada saat dini hari di kawasan tersebut sob. Spesialnya adalah fenomena api biru ini hanya terjadi di dua tempat di dunia, yaitu Islandia dan Indonesia.

Jadi tak heran jika kemudian menjadi tempat wisata Malang terfavorit. Sobat wisata patut bangga, karena negara kita tercinta menjadi pemilik salah satu fenomena alam yang sangat langka ini.

Penomena ini sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara maupun lokal. Setiap tahun, ratusan wisatawan datang hanya untuk menyaksikan si api biru yang unik dan langka ini.

Fenomena ini akan menghilang perlahan saat matahari mulai menyingsing sob. Seperti sebuah panggung pertunjukan, selanjutnya para wisatawan akan disuguhkan lagi dengan keindahan lainnya, yaitu keindahan sunrise Gunung Ijen.

Lokasinya yang berada di atas gunung, tentu menjadi sebuah tempat terbaik dalam menikmati pemandangan sunrise yang indah.

Nah dari Kawah Ijen ini pula, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di Kompleks pegunungan Ijen. Diantaranya adalah puncak Gunung Merapi, Raung, Suket, Gunung Rantai dan lain sebagainya.

Sebagai sumber belerang utama dan terbesar di Indonesia, di sini sobat dapat melihat langsung kegigihan para penambang yang sedang menggali, dan mengangkut bongkahan belerang tersebut dengan cara yang sangat sederhana.

3. Gunung Bromo Tempat Wisata Malang

tempat wisata Malang terfavorit

Siapa sih yang tidak kenal dengan kepopuleran gunung berapi yang masih aktif ini. Berada pada ketinggian 2329 m di atas permukaan laut, Bromo memiliki keindahan luar biasa yang sangat sayang jika tidak dikunjungi.

Gunung berapi yang masih aktif ini, menurut administratiflokasinya berada di empat wilayah kapupaten di Jawa Timut, yakni Porbolinggo, Lumajang, Malang, dan juga Pasuruan.

Keadaan ini tentu semakin memudahkan para wisatawan untuk berkunjung dari arah mana saja. Bromo sendiri termasuk dalam  bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang telah menjelma menjadi tempat wisata Malang sangat terkenal.

Taman Nasional seluas 800 km2 ini melingkupi kawasan Gunung Bromo, Semeru, Tengger, Batok, beberapa danau dan gunung Bromo itu sendiri.

Gunung Bromo terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat cantik. Tempat terbaik melihat sunrise adalah di puncak penajanjakan. Jadi pastikan sobat naik dulu kesana.

Jika menginap di sebuah penginapan, sobat dapat berpesan kepada pemilik penginapan untuk dibangunkan saat dini hari sob. Hal ini karena keesokan harinya sekitar jam 2 dini hari, sobat akan dibangunkan untuk persiapan mendaki.

Rasa lelah karena mendaki akan terbayar lunas, dengan pemandangan matahari terbit yang sangat luar biasa cantik.

Saat matahari perlahan merangkak naik, suasana akan sangat tenang dan hanya terdengar bunyi jepretan kamera wisatawan, dan juga sedikit hiruk-pikuk yang ada di sana.

Suhu Udara di Bromo

Udara do Bromo sangat terasa dingin, dimana rata-rata berkisar antara 3 – 20 derajat celcius. Saat waktu-waktu tertentu, bahkan bisa mencapai suhu minus 0° loh. Atas dasar itu, sobat wisata wajib banget nih persiapkan pakaian hangat, sarung tangan, syal, dan penutup kepala.

Jika sobat lupa membawa perlengkapan tersebut, tak perlu khawatir. Dikarenakan sobat bisa menemukan pedagang di sekitar kawasan wisata Gunung Bromo. Untuk dapat sampai di lokasi wilayah kawah Gunung Bromo, dari tempat parkir J para pengunjung dapat menggunakan jasa sewa kuda, atau berjalan kaki kurang lebih sekitar 1,5 KM, untuk akhirnya menuju tangga yang jumlah anak tangganya sekitar 250 buah.

Sobat akan melewati jalanan yang berpasir, dan melewati para Suci Suku Tengger yang difungsikan untuk melaksanakan perayaan Yadnya Kasada, atau biasa disebut dengan nama Upacara Kasodo.

Di Gunung Bromo, sobat akan disuguhkan dengan keindahan fenomena pasir berbisik, yang merupakan hamparan lautan padang pasir hitam luas dan indah.

Lokasinya berada di sekitar Kaldera, tepat pada bagian timur kawasan wisata Gunung Bromo ini sob. Hal yang tidak kalah indahnya, adalah Padang sabana yang dikelilingi oleh perbukitan. Nah bukit indah ini, biasa disebut dengan bukit Teletubbies.

4. Pantai Tiga Warna Tempat Wisata di Malang

tempat wisata Malang terfavorit

Pantai tiga warna terletak di Sendang Biru, Malang Selatan. Lokasinya berseberangan dengan Cagar Alam Pulau Sempu, dan Pantai Sendang Biru Malang.

Pantai Tiga Warna seolah dianugerahkan Tuhan kepada para sobat wisata, untuk melengkapi wisata Malang. Dengan dibukanya Pantai Tiga Warna untuk umum, maka kini kita juga bisa mendapatkan pengalaman wisata bawah laut, atau snorkeling di wilayah Malang.

Sesuai dengan namanya, airnya mempunyai tiga warna yaitu putih, hijau, dan biru. Perbedaan warna ini, disebabkan oleh perbedaan kedalaman lautnya sob.

Airnya tenang, karena ombak Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu. Oleh karena itu, Pantai Tiga Warna sangat aman dan nyaman, untuk mengajak sobat wisata sekadar berenang atau mungkin mengekspor wisata bawah laut dengan snorkeling.

Lokasinyanya sendiri bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, dan berada di wilayah rehabilitasi dan konservasi mangrove terumbu karang, serta hutan lindung Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dikelola oleh Bhakti Alam, yang anggotanya berasal dari warga desa sekitar pantai Sob.

Sejak dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2014, pantai ini langsung menjadi Primadona tujuan wisata penyuka olahraga bawah air laut. Keberadaan Terumbu karangnya yang indah telah membuat Pantai Tiga Warna, dinobatkan sebagai pantai dengan sport bawah laut terindah di kabupaten ini. Jadi wajar jika kemudian menjadi salah satu tempat wisata Malang terfavorit.

5. Jatim Park (Batu Secret Zoo) Tempat Wisata di Malang

tempat wisata Malang terfavorit

Ada 3 lokasi utama dengan keunikan dan fungsinya masing-masing di sini. Jatim Park 1 adalah sebuah tempat rekreasi, dan taman belajar yang terdapat di kota Batu, Jawa Timur. Objek wisata Malang ini , berada di sekitar 20 km barat kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata di Jawa Timur.

Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian, diantaranya adalah volcano dan galeri nusantara, yang juga terdapat tanaman agro biorama, bintang langka, dan miniatur candi.

Tak sedikit berbeda dengan Jatim Park 1 yang lebih ditujukan sebagai taman bermain dan hiburan, Jatim Park2 lebih menunjukkan tempat belajar.

Selain tempat bermain, Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam biologi dan pembelajaran satwa, yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya sob.

Jadi Jatim Park 2 ini terdiri dari museum satwa, batu secret zoo, dan lainnya.

Berbeda dari wahana sebelumnya, yaitu Jatim Park 1 yang menawarkan permainan pengetahuan hingga hiburan, Jatim Park 2 menawarkan kemegahan dari museum satwa serta sekresinya.

Replika Dinosaurus

Kabar baiknya, adalah Jatim Park kini menghadirkan wahana menarik buatan berupa replika dinosaurus, yang bakal anda temukan di Jatim Park 3.

Nah untuk Jatim Park 3 sendiri mengusung konsep taman bermain, sekaligus edukasi mengenai hewan-hewan purbakala, termasuk dinosaurus. Tidak hanya replika dinosaurus, sobat juga bisa menjelajahi 5 era zaman dahulu.

Nah para sobat wisata akan dipertunjukkan kehidupan dari masa dinosaurus, mulai awal peradaban sampai masa setelah kepunahan dinosaurus.

Selain objek wisata di lokasi ini, juga terdapat wahana lain diantaranya jembatan akar, six di animasi, Jurassic action, Ice Age, dan replika dinosaurus yang dapat bergerak juga bersuara sob. Pokoknya kalau para sobat wisata mampir ke Jatim Park, dijamin tidak akan menyesel deh.

6. Coban Pelangi Tempat Wisata Malang Terfavorit

Coban Pelangi

Tempat wisata ini merupakan salah satu air terjun unik, dikarenakan kemampuannya dalam menampilkan beraneka macam warna, seperti halnya pelangi

Tempat wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini, dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana di sekitar air terjun, sangat menyegarkan mata para sobat wisata dikarenakan letaknya yang berada di ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut.

Air terjun ini, memiliki curahan air mencapai ketinggian 110 m. Selain itu, air terjun Coban Pelangi terletak tidak jauh dari Gunung Semeru, dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo – Tengger – Semeru.

Jadi tak heran, jika cobaan Pelangi sangat populer dikalangan hikers, khususnya mereka yang pernah mendaki gunung Semeru sob. Dengan suhu udara mencapai 19° sampai 23° celcius, disarankan sobat wisata membawa pakaian penghangat, atau jaket jika berkunjung ke air terjun ini.

Keadaan alam di air terjun ini masih sangat natural, karena belum banyak tangan manusia yang menjamah tempat ini sob. Ketika pertama datang ke tempat ini, wisatawan akan disambut oleh merdunya suara burung, dan hiruk-pikuk satwa liar yang menghuni tempat ini.

Nah di Cobain Pelangi ini, sobat tidak cuma dapat menikmati air terjun dan pemandangan hutan yang sejuk saja. Namun sobat juga bisa menikmati aktivitas seru lainnya seperti rafting, tabing, bahkan berkeliling di area air terjun, dengan menggunakan kuda. Seru banget ya pastinya.

7. Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kidul

Tempat wisata Malang terfavorit berikutnya adalah Desa Wisata Pujon Kidul. Lokasinya berada di Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Kamu dapat menempuh jarak sekitar 30 km dari pusat Kota, yang akan menghabiskan waktu kurang lebih satu setengah jam saja. Desa wisata Pujon Kidul menyajikan banyak sekali hiburan berupa tempat-tempat Spot foto yang menarik, kuliner nikmat, hingga suasana pedesaan yang sejuk dan asri.

Selain itu, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi, maka dipastikan udara di sini sangat sejuk dan banyak pemandangan alam yang indah terpelihara.

Desa wisata Pujon Kidul menawarkan fasilitas out bond seperti bermain Paintball, eigrp, drill, dan panahan.

Sobat dapat menggunakan evp, untuk menyusuri perkebunan dan pertanian yang ada di sana. Selain itu juga dapat belajar mengenal dunia pertanian, dan peternakan di Desa Wisata Pujon Kidul. Ada pun beberapa produk pertanian tersebut diantaranya adalah cabai, tomat, hingga berbagai tumbuhan herbal.

Selanjutnya ada juga peternakan sapi, yang menghasilkan susu perah sob. Di daerah ini seni dan budaya juga masih begitu kental. Dengan hal ini, para wisatawan bukan hanya bisa belajar kesenian yang ada di sana, tapi juga langsung bisa ikut memainkannya.

Kuliner di Desa wisata Pujon Kidul juga tidak kalah menarik loh sob. Banyak pilihan kuliner, yang pastinya merupakan kuliner pedesaan khas hujan Kidul, dan kuliner pedesaan lainnya. Ada juga café sawah yang cukup menjadi idaman.

Bagi sobat wisata yang suka dengan tantangan dan adrenalin, troll 78 akan membawa sobat seperti berada di Texas. Hal ini karena nantinya sobat bisa menikmati offroad dengan Jeep, bermain Paintball, hingga berkuda al-ala kehidupan Koboy Texas.

8. Kampung Warna Warni dan Tridi Malang

Kampung Warna Warni dan Tridi Malang

Ini adalah kampung wisata pertama di Malang. Kampung Jodipun sendiri adalah deretan rumah masyarakat sekitar yang ada di tepian sungai Berantas, dimana dinding-dindingnya memiliki beraneka warna layaknya pelangi. Hal inilah yang kemudian membuat berkesan siapa saja yang melihatnya.

Kampung wisata Jodipan ini terbagi menjadi dua wisata Signature, yaitu Kampung warna-warni dan Kampung Tridi. Antara keduanya dihubungkan dengan jembatan kaca yang unik dan bertuliskan Ngalam Indonesia.

Jika sobat penasaran alasan menggunakan kata ngalam adalah Malang, sebuah ekspresi kebiasaan dari warga Malang yang sering menggunakan bahasa terbalik sob.

Wisata di Malang ini sendiri dipelopori oleh sejumlah mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Saat itu mereka tengah menjalani praktikum di sebuah perusahaan cat di Malang, untuk mengubah kampung yang awalnya kumuh itu menjadi kampung warna-warni.

Tidak lama setelahnya, sebuah kampung di seberangnya yakni kampung di Kelurahan Kesatrian juga membangun inovasi yang sama. Kampung itu mengangkat tema Kampung 3D. Sejumlah lukisan 3 dimensi tampak menghiasi dinding rumah warga, untuk menyambut wisatawan yang datang dulu.

Dua kampung yang terbelah oleh sungai berantas itu, merupakan kampung kumuh sob. Namun saat ini, kampung tersebut telah menjadi salah satu rujukan tempat wisata di Malang.

9. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise

Tempat wisata Malang ini hadir dengan konsep wisata edukasi. Membuat siapapun para sobat wisata wajib memasukkan Malang night Paradise, sebagai daftar liburan. Inovasi wisata dengan tema gemerlap yang keren, akan dipastikan menemani liburan malam hari sobat di kota Malang.

Selain itu, ada banyak sekali permainan menarik dan seru disuguhkan hanya untuk sobat wisata. Malang Night Paradise, menawarkan dua taman hiburan di satu lokasi. Bagi kamu yang ingin melihat dinosaurus yang pernah jaya pada masanya, di tempat ini juga ada loh replikanya.

Pokoknya Malang Night Paradise diciptakan dengan sangat mempesona, yang akan memanjakan mata para sobat wisata, dan menggoda untuk segera mengabadikan momen tersebut.

10. Hawai Water Park Tempat Wisata Malang

Hawai Water Park

Bagi yang ingin mengajak keluarga bermain air, layaknya di kepulauan Hawaii. Kini kalian tidak perlu jauh-jauh ke negara bagian Amerika Serikat tersebut sob. Hal ini karena di Malang ada loh tempat wisata main air seru dengan tema Hawai, yaitu Hawai Waterpark.

Tempat ini memiliki banyak wahana dan atraksi, yang tentunya bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga tercinta. Di sini terdapat banyak sekali loh wahana dan atraksi menarik, yang sayang untuk dilewatkan sob.

Sebut saja outbound, Hawaii Water House, when each team liver, Rainbow a couple, ecolight, Woi flight dan hula-hula slide. Sangat beragam dan terdengar menarik sekali.

Selain wahana-wahana di atas, ada juga dua wahana yang menjadi unggulan salah satu tempat wisata Malang terfavorit ini, yaitu jet coaster slide dan waikiki beach. Jet coaster slide adalah water slide dengan ketinggian 20 m, yang bisa memacu adrenalin karena kecuramannya yang 90 derajat, dan kecepatan mencapai 60 km per jam.

Selain itu, luncuran ini juga diwarnai dengan pancaran cahaya elated warna-warni di terowongan nya. Sedangkan waikiki beach, adalah kolam dengan ombak buatan yang tingginya menyerupai tsunami sob. Ombaknya pun tidak main-main, karena ketinggiannya bisa mencapai tiga setengah meter.

Namun sobat wisata tak perlu khawatir, karena pengunjung akan didampingi dengan livescore profesional dan peralatan keamanan yang superlengkap.

Demikian ulasan mengenai 10 tempat wisata malang terfavorit. Pastikan untuk senantiasa mengupdate informasi dengan rutin berkunjung ke detatang.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.