Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits dan Kekinian yang Wajib Dikunjungi!

Diposting pada

Artikel ini akan membahas 10 tempat wisata Purworejo paling hits dan kekinian, yang sangat sayang jika tidak dikunjungi kamu yang hobi jalan-jalan.

Berbagai tempat menarik yang indah dan mengagumkan, akan membuat pengalaman berlibur semakin menyenangkan. Berbagai foto penuh makna juga bisa kamu dapatkan dengan mengunjunginya.

10 Tempat Wisata Purworejo Paling Hits dan Kekinian

Purworejo adalah sebuah kabupaten kecil di Jawa Tengah yang letaknya berbatasn dengan Wonosobo, Kebumen dan Magelang. Sekali pun terbilang kota kecil, namun deretan perbukitan dan pantai telah menjadi andalan destinasi wisata di sini.

Selain itu, letak wisatanya yang bisa dibilang cukup mudah dijumpai. Dibandingkan kota-kota lainnya, Purworejo juga mmiliki berbagai destinasti wisata yang tak kalah menarik.

Bagi sobat wisata yang penasaran dengan tempat wisata di Kabupaten Purworejo, berikut rekomendasi beberapa tempat wisata yang wajib sobat kunjungi saat ingin berlibur, seperti detatang.com lansir dari Republik Wisata:

1. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

salah satu destinasi tempat wisata Purworejo paling hits, yang layak dipilih adalah kawasan hutan mangrove, pantai pasir kadilangu. Resmi dibuka pada bulan Mei 2016, wisata alam ini berada di muara sungai Bogowonto, yang berada di wilayah desa Jangkaran, Temon, Kulonprogo.

Guna memenuhi hasrat berfoto ria para pengunjung, berbagai wahana memang sengaja disediakan untuk memenuhi hal itu. Namanya pun sengaja dibuat unik seperti jembatan tempo doeloe, gowa sama lu, dan jembatan cinta.

Bagi yang ingin berwisata menikmati seluruh keindahan mangrove, bisa menyewa perahu wisata yang sudah disediakan oleh pengelolanya. Perjalanan naik perahu memakan waktu sekitar lima menit.

Kita bisa menikmati tempat wisata ini dengan berbagai cara. Sobat bisa sekedar duduk dan menikmati keindahan hutan mangrove, atau bisa kembali mencari obyek dan sudut terbaik untuk mengambil foto

2. Geger Menjangan Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

Tempat ini adalah salah satu bukit yang sangat favorit dikunjungi oleh para wisatawan di Purworejo. Letaknya berada di atas ketinggian 1750 m di atas permukaan laut, yakni di kawasan pegunungan Menoreh.

Jadi tidak heran, jika panorama dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik utama bukit ini. Nama Geger Menjangan sendiri, berasal dari kata Geger yang berarti punggung, dan Menjangan yang berarti hijang.  Jadi dapat disimpulkan, jika Geger Menjangan memiliki arti punggung kijang.

Kawasan Bukit Geger Menjangan, memiliki luas 12,75 hektar yang terlihat seperti pohon Kijang dari kejauhan. Bukit ini bisa jadi pilihan destinasi wisata bagi sobat yang suka traking, atau mungkin ingin mencoba sensasi mendaki.

Agar bisa sampai di lokasi, sobat mesti meniti ratusan anak tangga, serta jalan setapak dengan jalan yang medannya menanjak.

Di balik bukit Geger Menjangan, sobat akan diperlihatkan pada pemandangan alam yang memanjakan mata. Deretan gazebo- gazebo dijadikan sebagai gardu pandang untuk menikmati panorama keseluruhan Kota Purworejo dari ketinggian.

3. Tempat Wisata Purworejo Paling Hits : Goa Seplawan

Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

Berkunjung ke Kabupaten Purworejo, tak lengkap rasanya jika belum singgah ke obyek wisata Goa seplawan.

Gowa dengan gugusan stalaktit ini, berada di desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, masuk kawasan pegunungan Menoreh.

Suasana alam terasa kental, saat sobat wisata mulai menginjakkan kaki di kawasan Goa seplawan. Gugusan pohon besar pun dengan udara yang sejuk, makin menambah eksotisme Goa Seplawan ini.

Sementara untuk masuk ke dalam Goa sobat harus memiliki stamina yang Fit. Banyak anak tangga yang harus dilewati. Belum lagi, saat menyusuri ke dalaman Gowa yang menyimpan sejuta pesona.

Sembari menuruni puluhan anak tangga tersebut, coba didata bisa menikmati indahnya bebatuan alam yang ada di sekitar, serta warna-warni bunga yang sengaja ditanam pengelola untuk menambah suasana kawasan wisata Goa Seplawan.

4. Pantai Ketawang

Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

Salah satu tempat wisata Purworejo paling hits adalah Pantai Ketapang. Mungkin banyak yang tidak menyangka, jika kota Purworejo yang terbilang kecil ini, justru memiliki pantai yang sangat indah, bersih dan rapi, yakni pantai Ketawang.

Pantai Ketawang adalah sebuah pantai yang berada di pesisir selatan, dengan suhu yang cukup tinggi dan panas.

Hamparan pasir hitam yang halus membuat keindahan tersendiri tercipta di sini. Pasirnya yang luas membuat bibir pantai Ketawang menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan olahraga pantai, seperti berjalan sepanjang bibir pantai, kejar-kejaran, bahkan bisa bermain sepeda.

Hal yang menarik, dibalik rimbunnya pepohonan cemara ternyata juga ada mercusuar yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto agar makin berkesan.

5. Pantai Jatimalang : Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

Tempat Wisata Purworejo Paling Hits

Pantai Jatimalang merupakan pantai yang cukup terkenal di Purworejo. Lokasinya sendiri berada di desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Tak beda jauh dengan mayoritas pantai lain lain ada di pesisir selatan jawa, tempat wisata Purworejo paling hits ini, juga memiliki pasir hitam yang eksositis dan lembut, yang semakin menawan dengan dipadukan dengan deburan ombaknya yang lumayan besar.

Sobat bisa bermain air di pantai ini, tetapi tidak diperkenankan untuk berenang juga. Tidak berminat main air karena takut dengan ombak yang besar,  jangan khawatir dulu sebab tak jauh dari bibir pantai berjejer kolam renang air tawar.

Selain tempatnya yang berada di tepi pantai, bahannya yang terbuat dari terpal beraneka warna juga membuat kolam tersebut makin unik. Jadi sembari berenang sobat dapat melihat pantai.

Seperti pantai-pantai lainnya di tanah air, Jatimalang pun memiliki keunggulan dan kelok akhir yang indah. Sunset juga jadi suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan saja saat berwisata di sini.

Selain itu bagi sobat yang hobi memancing di tempat ini sobat bisa hunting lokasi memancing di sepanjang bibir pantai di Malang .

Tidak hanya wisata alam, sobat juga bisa wisata sejarah saat datang ke pantai Jatimalang. Hal tersebut dikarenakan di tempat ini ada sebuah masjid petilasan dari Pangeran Diponegoro.

6. Hutan Pinus Sikepel

Hutan Pinus Sikepel

Tempat wisata Purworejo paling hits berikutnya adalah hutan pinus Sikepel. Tempat ini memiliki banyak wahana foto yang asyik dan instagrameble banget.

Hutan pinus Sikepel juga menyediakan aula dan camping ground.  Hal yang terpenting juga tentunya ada panggung pementasan yang dapat digunakan.

Bagi sobat wisata yang ingin menikah dan ingin konsep resepsi outdoor, hutan pinus Sikepel juga bisa menjadi salah satu tempat yang sesuai, dan sudah disediakan paket wedding dari pengurus hutan pinus  ini.

Selain itu terdapat juga trek untuk sepeda MTB,  maupun motocross. Bagi yang suka olah raga ekstrim, tempat ini sangat cocok. Begitu pun untuk yang bingung mencari tempat outbound, hutan pinus ini juga menyediakan wahana yang seru loh untuk outbond.

Hal yang tak kalah menarik, Sikepel juga punya makanan khas yang harus kalian coba, yaitu sagon. Sagon ini berbeda dari sagon yang biasanya dihidangkan pada saat lebaran.

Sagon dari Sikepel bertekstur empuk dan tergolong makanan basah. Walaupun berbeda, namun rasa dan sensasinya saat mengunyah sagon ini sangat luar biasa.

7. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo

Tempat wisata Purworejo paling hits  ini,tergolong wisata baru, diman baru diresmikan sekitar pertengahan tahun 2017. Hingga sekarang telah menjelma menjadi daya tarik pengunjung lokal hingga wisatawan, yang datang dari luar Purworejo.

Sekali pun masih dapat dikatakan baru, namun jumlah pengunjung ketika hari libur tiba bisa sangat banyak. Warga Purworejo dan sekitarnya ramai-ramai berbondong-bondong mengunjungi destinasi wisata, walaupun hanya untuk sekedar bersua foto ataupun menjernihkan pikiran.

Tentunya hal tersebut dikareanak di sana banyak banget spot-spot keren. Terlebih pesona alam yang dimilikinya begitu eksotis. Pemandangan seperti itulah yang menyejukkan sejauh mata memandang, menjadikan liburan sobat wisata semakin menyenangkan. Cocok banget sebagai area relaksasi ataupun bersantai.

Di lokasi wisata juga disediakan Spot foto, pohon, dan Devi selfie. Dari ketinggian sobat bisa menyaksikan secara langsung pemandangan alam yang sangat indah, berupa hamparan kawasan perbukitan yang hijau. Hal ini karena ditumbuhi hutan pinus rindang, dan ada Merapi yang menjulang tinggi.

Lokasi lokasi wisata yang berada di kawasan perbukitan Selorejo, tentunya udara dihasilkan pun pasti sangat sejuk, sehingga membuat Susana makin menyenangkan dan nyaman.

8. Tempat Wisata Purworejo Paling Hits : Curug Gunung Putri

Curug Gunung Putri

Objek wisata Air Terjun Curug Gunung Putri di desa cempeudak Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo Jawa Tengah ini layak untuk dijadikan salah satu tujuan wisata akhir pecan

objek wisata ini tak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga memiliki Spot yang sangat bagus untuk bersua foto bagi Sekawan. Curug Gunung Putri adalah obyek wisata air terjun yang berlokasi di tengah lebatnya hutan pinus, Maafkan salahmu atas perjalanan menuju air terjun ini dijamin akan segera terbayar setelah menikmati indahnya alam di Curug Gunung Putri ini

wisata ini cocok banget nih buat sobat yang berada di kota dengan banyaknya pekerjaan yang membuat pikiran jadi penet. memang jalanan di sini sudah bisa di berikan lumayan daripada jalan lain baunya kalian gak bakalan nyesel deh kalau kalau udah sampai ke Curug Gunung Putri

9. Curug Muncar

Curug Muncar

Curug Muncar juga merupakan salah satu tempat wisata Purworejo paling hits. Lokasi curug ini berada di Dusun Kali Bang Desa Kaliwungu Kecamatan Bruno, Purworejo, Jawa Tengah.

Agar bisa sampai dan menikmati Curug Muncar, sobat harus melakukan trading pendakian terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Curug Muncar berada di atas ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Ada pun ketinggian Curug Muncar sendiri sekitar 40 m, dan mengalir dengan sendirian dari atas bukit menuju bebatuan yang berada di bawahnya.

Aliran air yang mengalir dari Curug Muncar berasal dari Sungai meja, dimana Sungai meja merupakan salah satu anak sungai Rebung atau Sungai Berono.

Di sekitarr Curug Muncar terdapat tebing yang sangat tinggi, dan dihiasi oleh pepohonan yang masih rindang dan asri.

Air yang dialirkan sungguh sangat indah dan bersih. Kita dapat merasakan cipratan kesegaran airnya dari bawah.  Ketika sudah bisa merasakan keindahan curug dan pemandangan di sekitarnya, perjalanan tracking yang terasa melelahkan pun terbayar lunas.

10. Museum Tosan Aji

Curug Muncar

Tempat wisata Purworejo paling hits terakhir adalah sebuah musim yang dikhususkan, sebagai tempat koleksi tosan aji, atau yang lebih popular kita kenal dengan nama keris.

Keris adalah salah satu budaya warisan nenek moyang kita, yang menjadi salah satu identitas budaya Indonesia.

Suasana musim didesain dengan sangat bagus, dimana seolah-olah para pengunung dapat merasakan langsung suasana sejarah dari Purworejo.

Tepat berada di ruangan paling depan, bahan, alat, serta toasa aji disajikan. Di sini sobat dapat pertama kali menikmati, dan mengetahui proses pembuatan keris budaya leluhur bangsa.

Seiring perkembangannya, museum Tosan Aji tidak hanya menyajikan koleksi Tosan Aji saja. Tetapi juga sudah lengkap dengan berbagai benda penemuan cagar budaya yang ditemukan di Purworejo.

Baik pada masa prasejarah maupun masa klasik. Koleksi cagar budaya menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan

Disamping pengetahuan yang diperoleh, ternyata tetap juga dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh Kota Purworejo.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Purworejo paling hits, semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk sobat yang mau berlibur. Pantau terus detatang.com untuk mendapatkan referensi tempat wisata lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.