Eling Bening

10 Tempat Wisata Semarang Terbaru Paling Hits, Apa Saja?

Diposting pada

Artikel ini akan membahas 10 tempat wisata Semarang paling hits sehingga sangat sayang jika tidak dikunjungi. Dengan mengunjungi semua tempat tersebut, liburan pun akan semakin berkesan.

Pastikan kamu juga membaca postingan sebelumnya mengenai tempat wisata di kota-kota besar lainnya. Mulai dari Dieng Wonosobo, Jogja, Bali, hingga tempat wisata Purworejo paling hits.

10 Tempat Wisata Semarang Terbaru

Semarang ibu kota dari provinsi Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Menjadi ibu kota provinsi, jelas kota ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk sobat wisata kunjungi.

Ada tempat bersejarah yang akan membuat sobat flashback ke masa-masa lalu, maupun wisata alamnya pasti akan membuat sobat betah di sini. Dilansir dari Republik Wisata, berikut 10 tempat wisata Semarang paling popular:

1. Lawang Sewu

tempat wisata semarang

Lawang Sewu merupakan gedung berarsitekstur khas Belanda, yang menjadi salah satu wisata paforit. Salah satu gedung peninggalan kolonial ini, memang sangat menarik untuk dikunjungi.

Penamaan tempat ini sendiri, dikarenakan jumlah pintu dari gedung ini memang sangatlah banyak. Ya walaupun kalau dihitung-hitung, kurang lebih pintunya itu berjumlah sekitar 400 buah.

Menikmati kemegahan arsitektur klasik ini, memiliki sensasi tersendiri sob. Terlebih lagi jika kamu berkunjung pada malam hari. Berbagai lampu yang menghiasi gedung membuatnya nampak makin indah, sehingga sangat tepat diabadikan dalam bentuk foto.

Bangunan bersejarah ini, juga menawarkan cerita tentang sejarah dari kereta api di Indonesia, dari kereta yang pertama kali ada sampai yang terakhir.

Lokasinya yang berada dekat dengan Tugu Muda yang tak jauh dari Balai Kota dan pusat oleh-oleh khas Semarang, tentu selain strategis juga membuatnya sangat mudah ditemukan.

Bagi wisatawan dari luar kota, tempat ini juga menyediakan penginapan. Jadi kalian gak akan repot deh kalau mau main ke Lawang Sewu.

2. Tempat Wisata Semarang : Brown Canyon

tempat wisata semarang

Pada dasarnya tempat ini bukanlah wahana wisata, melainkan hanya lokasi penggalian proyek dari material penambangan.

Dikarenaka penambangan di sana yang telah berlangsung sekian lama, tanah di bukit itu kian terkikis, dan pada akhirnya memiliki pesona yang mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Pemandangan tebing-tebing tinggi dan curam, ditambah terdapat pohon-pohon kecil tumbuh. Membuat tebing ini tampak indah dipandang, sehingga banyak banget orang datang ke tempat wisata ini. Terutama untuk melakukan foto dengan pemandangan yang eksotis tersebut. Tidak sedikit pula yang melakukan foto prewedding di tebing ini.

Waktu favorit pengunjung untuk mengunjungi tebing ini yaitu di sore hari. Hal tersebut karena berada di ketinggian, maka tebing ini cocok sekali untuk menikmati keindahan senja, dan juga sudah selesainya aktivitas penambangan pada area tersebut.

Tempat wisata ini berada di area Rowosari, Tembalang, Semarang. Wisata ini cukup jauh dari pusat Kota. Ditambah karena tempat ini merupakan tempat penambangan, tentunya bakalan banyak truk yang melintas di kawasan ini sob. Jadi kalian harus hati-hati ya jika ingin berwisata ke tempat ini.

3. Ayana Gedong Songo : Tempat Wisata Semarang

tempat wisata semarang

Ayana Gedong Songo memiliki konsep wisata alam modern. Berlatar pegunungan, awan dan langit biru,  membuat tempat ini sangat indah untuk berfoto pemandangan utamanya adalah gunung Ungaran, serta Gunung Sindoro, dan Sumbing yang sangat indah.

Sedikitnya ada 35 spot foto terhampar yang tersedia di sini. Para wisatawan bebas berfoto dimana pun. Selain itu ada enam sport berbayar seperti balon, dan babel ukuran besar serta kecil.

Tempat wisata Semarang ini berlokasi di area candi Gedong Songo. Maka dari itu, untuk masuk ke area wisata tersebut pengunjung harus membayar tiket masuk ke jadi Gedong Songo, dan juga tiket masuk ke wisata Ayana Gedong Songo itu sendiri.

Ayana Gedong Songo sangat cocok menjadi tujuan wisata bersama keluarga tercinta. Berada di dataran tinggi, membuat tempat wisata ini memiliki udara yang dingin.

Dikarenakan banyak pengunjung dari luar Semarang yang ingin menikmati tempat wisata ini, maka banyak terdapat tempat penginapan di sekitar area wisata ini.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

tempat wisata semarang

Bagi yang ingin melihat berbagai koleksi perlengkapan kereta api, musim yang pernah jaya pada masa penjajahan ini sangat tepat untuk dikunjungi. Museum ini ramai dikunjungi masyarakat untuk belajar sejarah perkeretaapian Indonesia sob.

Di sana kalian bisa melihat lokomotif uap dan 2 yang masih terselamatkan. Hal ini karena sebagian besar lokomotif tua tersebut, sudah dihancurkan.Di museum ini pun terdapat perpustakaan bernama Kereta Api Pustaka.

Perpustakaan ini didesain sedemikian rupa agar terasa nyaman, untuk pengunjung yang ingin membaca buku. Selain itu, di tempat wisata Semarang ini pun kamu bisa melihat benda-benda antik Perkeretaapian Indonesia.

Belum lengkap rasanya jika mendatangi tempat wisata ini, tapi belum mencoba naik kereta api uap. Nah disini kamu bisa mencoba Ambarawa Railway Mountain Tour, yang merupakan paket perjalanan wisata yang ditawarkan kepada pengunjung.

Bagi kalian yang ingin berwisata ke sini, lokasinya berada di Jalan Stasiun, Jalan Panjang Kidul nomor 1, anjang Kidul, Panjang Ambarawa, Semarang.

5. Maron Mangrove Edu Park

tempat wisata semarang

Seperti namanya, Maron Mangrove Edu Park merupakan tempat wisata edukasi yang menawarkan pemandangan hutan bakau, dengan akses jalan berupa jembatan-jembatan dan sejumlah fasilitas lainnya.

Lokasinya sendiri ada di dekat Ahmad Yani. Sehingga tidak jarang, pesawat terlihat melintas di atas dengan jarak yang cukup dekat . Hal ini dimanfaatkan pengunjung untuk dijadikan sebagai background foto yang cukup fantastis.

Keberadaan menara pandang pada ketinggian 10 meter, tentu menambah daya tarik wisata ini. Dengan naik ke atas menara, kalian bisa melihat lebih luas daerah sekeliling kawasan, dan juga bisa berfoto-foto sepuasnya.

Maron Mangrove Edu Park ini berada tidak jauh dari pusat kota, sehingga tidak sulit bagi kalian yang ingin ke sana. Nah coba deh untuk berkunjung pada sore hari, pasti para sobat wisata dapat menikmati indahnya matahari terbenam dari tempat ini.

6. Taman Bunga Celosia

tempat wisata semarang

Taman Bunga Celosia adalah wisata alam yang terletak di kaki gunung Ungaran, Semarang.  Selain pemandangan sekitar yang begitu alami, view pemandangan di sana juga membuatnya makin berkesan.

Seperti dengan namanya, tentunya bunga celosia menjadi Primadona disini sob. Namun banyak juga bunga-bunga lainnya, yang membuat taman ini penuh warna dan sangat menarik. Ditambah terdapat miniatur-miniatur landmark dari berbagai Negara, museum penuh ilusi, area bermain anak, dan juga tempat untuk membeli oleh-oleh.

Jika kalian datang ke sini, jangan takut kehabisan Spot untuk selfie. Tempat wisata ini menyediakan berbagai spot foto yang menarik, dan pastinya indah.

Lokasi Taman Bunga Celosia ini berada di jalan wisata Gedong Songo KM 05. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena searah dengan Candi Gedong Songo sob.

7. Umbul Sidomukti Kolam Renang Tertinggi di Asia

Umbul Sidomukti

Lokasi ini sangatlah menarik, sebab memiliki kolam renang yang airnya bersumber langsung dari mata air pegunungan. Letaknya berada di bawah kaki gunung Ungaran, dengan ketinggian kurang lebih 1200 meter diatas permukaan laut.

Tentunya membuat suhu udara di sana sangat amat sejuk. Kolam renang ini merupakan kolam renang tertinggi di Asia sob. Kebayangkan gimana sensasinya berenang di kolam renang tertinggi, dan yang pastinya dengan pemandangan yang bagus banget untuk foto.

Tersedia juga kolam dengan bentuk yang berbeda. Kolam orang dewasa mempunyai kedalaman kurang lebih satu setengah meter, sementara untuk kolam anak-anak mempunyai kedalaman 30 cm saja.

Tidak hanya kolam renang, di sana juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kalian nikmati, seperti outbound, camping ground clearance bagi kalian yang ingin menunggangi kuda, Gowa Tirta, dan juga kuliner yang menggugah selera.

Keunggulan Umbul Sidomukti  ini memang paling cocok jika menginap. Suasananya yang sejuk dan pemandangan yang indah, membuat tempat ini cocok untuk menginap.

8. Tempat Wisata Semarang : Gunung Ungaran

Gunung Ungaran

Ini juga merupakan salah satu objek terkenal di Semarang. Ketinggiannya sendiri yakni 2050 mdpl.

Memiliki 3 jalur pendakian yang bisa kamu lewati jika ingin melihat pesona Gunung Ungaran, yaitu pendakian basket mawar yang merupakan jalur favorit para pendaki. Dua jalur pendakian berikutnya adalah jalur Promasan dan Gedong Songo.

Dari atas gunung ini, kalian bisa melihat indahnya Puncak Telomoyo yang berada di Salatiga. Di Ungaran juga memiliki beberapa curug yang bagus pemandangannya sob.

Kerennya lagi, di bawah kaki gunung juga ada Candi Gedong Songo yang menjadi salah satu situs sejarah kerajaan tanah air.

Selain itu, di gunung ini juga terdapat kebun kopi yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Tentunya ada juga Pondok Kopi yang dapat disinggahi oleh para pendaki, untuk menikmati kopi sambil melihat pemandangan yang menakjubkan dari Gunung Ungaran.

9. Curug Benowo

Curug Benowo

Benowo adalah salah satu wisata alam yang popular di Kota Semarang. Curug ini berada dekat dengan Curug Lawe.

Curug Benowo memiliki ketinggian sekitar 70 m dan air yang mengalir pada curug ini, berasal dari Kali Garang atau kali Banjir Kanal Barat, Semarang.

Jika ingin bisa mencapai Curug ini jalannya cukup sulit dan licin sob. Cocok buat kalian nih yang menyukai petualangan. Namun jangan khawatir, banyak terdapat warung-warung kecil di sepanjang jalan untuk beristirahat.

Sama seperti wisata alam lain, tentunya perjalanan ke curug ini dipenuhi pohon Rindang dan juga pemandangan alam yang sangat indah. Bagi pecinta fotografi, kalian bisa mengambil foto alam di sepanjang jalan menuju ke Curug, sampai dengan tiba di curugnyanya.

Terdapat juga jembatan yang romantis. Biasanya para pengunjung menyempatkan untuk berfoto bersama pasangannya di jembatan ini.

Lokasinya sendiri berada di Desa Kalisidi, Indrakila, Lerep, Ungaran Barat. Lokasi yang terpencil, membuat jarang kendaraan umum melewati tempat ini langsung  sob.

Maka jika kalian ingin berlibur ke sini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi deh untuk mempermudah perjalanan kalian.

10. Eling Bening : Tempat Wisata Semarang

Eling Bening

Eling Bening merupakan lokasi yang sangat tepat dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata Semarang ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening dan background gunung Merbabu Andong adalah Moyo

Tidak hanya tentang kuliner yang menarik dari tempat wisata ini, yaitu kalian bisa bermain outbond tracking, hunting foto hingga mandi di kolam renang. Ketika malam hari tiba, suasana di sini sangat terasa romantis.

Lampu-lampu kota akan menghiasi tempat wisata ini. Ditambah kabut tipis akan turun secara perlahan sob. Tidak heran jika ada beberapa pasangan muda-mudi, menjadikannya sebagai lokasi prewedding yang sangat romantic. Bahkan ada pulau yang menggelar pernikahan di sana.

Lokasinya sendiri berada di jl. Sarjono, Bawen, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang. Akses menuju lokasi wisata tergolong mudah, ckup mengikuti rute Eling bening Semarang dari arah Kabupaten Solo atau kota Semarang saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.