Tempat Wisata Solo

10 Tempat Wisata Solo Terbaru yang Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi!

Diposting pada

10 Tempat wisata Solo terbaru dan terhits yang instagramable ini, tentu akan membuat libuaran makin berkesan. Selain saat ada di sana, juga dari hasil foto yang diabadikan tentunya.

Nah apa sajakah tempat wisata di Solo tersebut? Silahkan simak artikel ini sampai akhir. Jangan lupa simak juga tempat wisata terbaik di kota lainnya. Seperti tempat wisata Purworejo paling hits, Klaten, hingga wisata terbaik di Semarang, yang telah dibahas lengkap pada artikel sebelumnya.

10 Tempat Wisata Solo Terbaru yang Hits dan Instagramable

Solo adalah sebuah kota besar yang ada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal akan budayanya yang masih lekat dipegang oleh warganya. Kebudayaan tersebut berhasil menarik perhatian wisatawan, baik dari domestik maupun mancanegara.

Wisata favorit di Solo, dapat menjadi alternatif yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Sobat wisata bisa mengunjungi Solo bersama teman, atau keluarga pastinya. Wisatawan dapat menghabiskan waktu di Solo, dengan mampir ke berbagai tempat yang ada .

Dilansir dari Republik Wisata, berikut 10 tempat wisata di solo yang lagi hits:

1. Kebun Binatang Taru Jurug

Tempat Wisata Solo

Awalnya tempat wisata Solo terbaru ini merupakan kawasan taman biasa yang dilengkapi berbagai macam permainan. Didirikan pada tahun 1972, taman tersebut merupakan salah satu sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Setelah menjadi kebun binatang, ada banyak satwa yang bisa wisatawan temui di sini. Misalnya saja seperti kuda nil mini, kuda poni, monyet tonkeang, monyet ekor panjang, gajah, rusa timur, hingga unta yang dapat pengunjung naiki.

Di tempat ini, pengunjung juga bisa berfoto ria bersama burung kakak tua yang lucu. Tenang burung-burung ini jinak sob, jadi jangan pernah takut. Selain itu banyak pawing-pawang yang siap membantu, untuk mengambil gambar yang bagus.

Hal yang menarik sobat juga bisa melihat berbagai macam jenis satwa yang mencapai 69, dan 1343 ekor satwa yang memang menarik untuk disimak.

Puas berkunjung di siang hari, sahabat juga harus melihat keindahan di malam harinya sob. Karena gemerlap lampu akan menerangi keindahan malam.

Tempat ini akan berubah menjadi taman lampion yang mempesona. Banyak sekali titi sport selfie yang bisa digunakan, untuk mengambil gambar dan foto pastinya. Lokasi ini memang baru saja didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Solo akan kawasan selfie.

Nah di sini sobat juga bisa melihat dansifon atau air mancur menari yang eksotis. Namun air mencuri ini hanya bisa disaksikan pukul 7, 8, dan juga 9 malam, dengan ketinggian kurang lebih 30 meter.

2. Tempat Wisata Solo Air Terjun Jumog

Tempat Wisata Solo

Air terjun yang keindahannya sudah bisa dilihat dari jauh ini, seperti mempunyai dua buah aliran air sob. Dikarenakan pemandangan inilah, yang membuat tempat ini dijuluki dengan Air Terjun Pengantin.

Pemandangan ini menjadi sebuah pemandangan yang tidak boleh disia-siakan. Tapi hati-hati air di sini sangat amat dingin sob. Sangat cocok bagi sobat yang berkunjung saat siang hari, membasuh kulit dengan menggunakan air ini sungguh sangat menyegarkan.

Selain itu, sobat juga akan ditawarkan beberapa warung yang sudah berdiri. Warung-warung tersebut menawarkan berbagai masakan khas Tawangmau yang begitu lezat.

Apalagi sate kelinci dan juga landak yang menjadi kuliner khas dari wilayah ini. Menikmati kawasan ini tidak hanya dengan air terjun saja, ada pula kolam renang yang dikemas hampir menyerupai waterboom, di mana ada wahana ember tumpah yang bisa dinikmati sob.

Selain itu, itu air di kawasan ini begitu jernih. Dijamin sobat wisata pasti bakalan betah deh. Apalagi kolam renangnya uga untuk anak-anak.

3. The Heritage Palace

Tempat Wisata Solo

Menelisik dari sejarahnya, dulu The Heritage Palace merupakan pabrik gula Kartasura atau pabrik gula GembonganL yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1892, serta peninggalan masa kerajaan Mataram Islam.

Dari pabrik gula, kini disulap jadi tempat wisata klasik bernuansa Eropa sob.  Kemegahan bagunannya makin nampak dengan adanya tiang-tiang besar menjulang, sebagai penopangnya. Hal ini pun didukung dengan warna dindingnya yang didominasi warna putih keperakan.

Saat ke sini, sobat akan merasa seperti sedang ke uni Eropa pokoknya. Meski tergolong baru, tempat wisata ini mampu menarik minat banyak pengunjung sob. Apalagi dengan Suasananya yang unik khas Eropa klasik.

Salah satu bangunan yang sangat menarik perhatian adalah bangunan gaya Romawi, yang mewah dan megah. Di sini banyak juga loh spot menarik untuk berfoto seperti 3D trick art museum, hingga Museum transportasi.

4. Candi Cetho Tempat Wisata Solo Terfavorit

Tempat Wisata Solo

Candi Cetho merupakan sebuah candi yang berlokasi di lereng Gunung Lawu, sehingga sering dijadikan sebuah jalur pendakian. Walaupun jauh dan membutuhkan waktu yang lama, karena memutar namun jalur pendakian ini memiliki pemandangan yang sangat mengesankan sob.

Dibandingkan dengan jalur pedagang lain tempat yang mengesankan itu bernama Candi Cetho, candi yang bercorak agama hindu ini diperkirakan dibangun pada masa kerajaan Majapahit.

Letaknya berada di 1496 meter di atas permukaan laut, menjadi salah satu Candi tertinggi di Indonesia nama Candi Ceto sudah terkenal hingga ke berbagai pelosok. Hal ini terbukti dengan banyaknya komunitas dan para wisatawan yang datang ke kawasan ini sob.

Komunitas yang datang biasanya adalah komunitas sepeda yang memacu adrenalin, dan kekuatan yang menaklukkan tanjakan Seto yang memang luar biasa.

Bagi wisatawan yang beragama Hindu, wisatawan pun juga bisa berdoa di tempat ini yang akan dipandu oleh seseorang, berikut pula disediakan dufa-dufa sebagai salah satu syarat doa.

5. Tempat Wisata Solo Air Terjun Parang Ijo

Tempat Wisata Solo

Lokai air terjun yang menjadi salah satu tempat wisata Solo ini, ada di kaki Gunung Lawu. Tempat ini seperti sebuah taman yang ditumbuhi dengan pemandangan hijau, yang akan menyegarkan mata pastinya.

Sejak awal melewati pintu masuk, sobat akan disambut dengan sebuah Parit kecil yang airnya begitujernih. Setelah dari pintu masuk, sekitar 500 meter kemudian penggunjung akan menuruni sebuah tangga.

Disamping tangga ini, pemandangan hijau akan terus menemani sobat wisata semua, dengan sebuah pohon akasia yang menjulang dan memberikan kesan sejuk.

Setelah selesai menuruni anak tangga, kita semua akan disambut dengan dua buah patung Lingga Yoni dengan sebuah papan petunjuk.

Ada banyak bebatuan dan air yang mengalir dari atas menuju bawah. Air ini cukup dingin dan menyegarkan, apalagi saat siang hari ketika terik matahari sangat menyengat.

Menuju air terjun, jalanan sedikit menanjak. Bagi sobat wisata semua yang merasa lapar, bisa juga untuk singgah sebentar dan makan aneka menu makanan, di beberapa warung yang ada samping kanan jalan.

Misalnya saja seperti sate kelinci dan juga sate landak yang rasanya sungguh berbeda dengan sate ayam, atau sate sapi sekalipun.

6. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta

Ini adalah tempat wisata Solo yang sangat menarik, sebab memiliki nilai historis tinggi. Di sebuah Kerajaan Jawa yang memerintah beberapa abad yang lalu, telah menjadikan icon Kota Solo. Kerajaan ini bernama Keraton kasunanan, yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana 2 pada tahun 1744 sob.

Ketika sobat berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat, ada beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki yaitu kediaman Raja Pakubuwono.

Adapun area di Keraton kasunanan yang boleh dikunjungi public, salah satunya adalah pendopo besar di dalam Sasana Sewaka, dimana pertunjukan tari dan gamelan disuguhkan di tempat itu sob.

Ketika masuk Sasana Sewaka sobat harus melepaskan alas kaki, dan berjalan dengan kaki telanjang di hamparan pasir, yang diambil langsung dari Pantai Parangkusumo dan Gunung Merapi pastinya.

Setelah itu, pengunjung juga bisa ke museum yang berada di kawasn Keraton Kasunan. Terdapat berbagai koleksi kerajaan seperti kereta kencana, tanduk, patung, senjata kuno, dan beberapa koleksi lainnya.

Selain keindahan bangunan Keraton, Keraton kasunanan Surakarta juga menawarkan wisata warisan budaya, seperti upacara adat, tarian sakral dan music. Diantaranya adalah yang terkenal dengan Sekaten dan Malam Suro.

Sekaten adalah upacara perayaan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad, selama tujuh hari, dan pada hari terakhir ditutup dengan gunungan mulut. Satu bulan sebelumnya, juga diselenggarakan pasar malam Sekaten di area alun-alun utara Kraton.

Malam Suro sendiri tujuannya untuk memperingati tahun baru berdasarkan kalender Jawa. Varian ini ditandai dengan kira punggung benteng, dengan membawa pusaka keraton, termasuk kerbau pusaka Kyai Slamet .

7. Tempat Wisata Solo : Taman Balekambang

Taman Balekambang

Sejak 2008 taman ini telah resmi dibuka sebagai hutan kota, yang bisa dinikmati masyarakat luas. Barisan pepohonan yang tumbuh di tanah seluas lima hektar lebih ini, menjadikan siapa saja yang datang senantiasa merasa sejuk.

Tak heran, jika sekarang ini pengunjung dari berbagai kalangan, baik anak-anak maupun dewasa yang melewatkan waktu mereka di Taman ini.

Jika libur sudah tiba, tidak bisa dipungkiri lagi betapa ramainya tempat ini sob. Berbagai macam satwa hewan seperti rusa, monyet kecil, dan juga angsa sengaja dipelihara sebagai objek hiburan bagi para pengunjung, khususnya bagi anak-anak.

Dengan hal ini, maka anak-anak bisa dikenalkan dengan berbagai macam hewan yang ada di dunia.

Berbagai fasilitas seperti perahu kayuh, kereta kuda, juga mobil-mobilan dengan kapasitas empat orang pun tersedia di taman ini, untuk memudahkan para pengunjung dalam mengakses sobat wisata Taman Balekambang ini.

Pengunjung wisata ini tentu bukan hanya anak-anak, para remaja hingga orang dewasa pun sangat antusias menikmati pesona alam yang ada di sana.

Tak jarang pula yang menjadikan lokasi ini sebagai spot pengambilan gambar prewedding. Sekarang ini, taman Balekambang sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyambut para tamu penting, acara TV terbuka, serta gala dinner yang sangat dekat.

Maka tepat sekali, jika menjadikan Taman Balekambang sebagai tujuan wisata bersama keluarga.

Selain tempat yang cukup menarik hati, para sobat wisata pun tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk taman.

8. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

Tempat wisata Solo ini, menggabungkan antara seni kerajinan dan budaya sejarah. Musim Batik Danar Hadi, juga popular diengan nama House of Danar Hadi. Di sini berbagai koleksi batik dari berbagai masa dapat kita temui.

Selain berbagai macam koleksi batik, ada juga alat-alat untuk membatik, serta sejarah mengenai batik sob. Koleksi batiknya sendiri terdapat lebih dari 10.000 helay, yang mana diakui oleh Museum Rekor Indonesia, sebagai koleksi batik terbanyak di Indonesia.

Batik yang menjadi koleksi berasal dari berbagai macam daerah, dan berbagai macam pola. Salah satu file penting adalah sebuah batik yang terpengaruh budaya Eropa, dan dibuat oleh orang-orang Belanda.

Sobat wisata yang datang ke lokasi ini bisa menyaksikan banyak hal, mulai dari koleksi batik melihat proses pembuatan batik, hingga bisa menikmati sajian makanan yang dijual di cafe yang ada di museum ini.

Museum Batik Danar Hadi berlokasi dekat dengan Keraton Surakarta, tepatnya Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Nomor 261, Kecamatan Sriwedari, Kota Surakarta , Jawa Tengah.

Lokasinya berada di pusat kota Solo, dan merupakan kawasan penghasil batik terbaik di Solo sob. Sobat wisata tidak akan kesulitan mencarinya, karena selain gampang juga bisa dilewati berbagai macam kendaraan.

9. Bendungan Karet Tirtonadi : Tempat Wisata Solo

Tempat Wisata Solo

Jika di Surakarta dominan dengan kekayaan budayanya, maka lain halnya dengan wisata yg satu ini. Nama bendungan ini mungkin sangat familiar dengan kita seperti nama terminal bus di kota Solo, atau seperti judul lagu dari almarhum Didi Kempot.

Penamaan ini, mungkin karena lokasinya yang bersebelahan dengan Terminal Tirtonadi, jadi akan lebih mudah bagi kita mengingatnya.

Bendungan yang berada di Solo bagian utara ini, dibangun pada pertemuan kali gajah putih dan KGP. Pembangunannya menggunakan konsep yang cukup menarik. Selain menggunakan sistem pendukung karet yang jarang ditemui di bendungan lain, tepat di atas bangunan ini juga dibangun jembatan.

Bukan hanya jembatan biasa sob. Material jembatan ini hampir sebagian besar menggunakan kaca, baik di lantai maupun di kanan dan kiri batasnya.

Atap jembatan dengan dominan warna biri, juga memiliki desain yang begitu estetik. Supaya semakin menunjang keberadaan nya sebagai destinasi wisata, maka bantaran sungai di sekitaran Bendungan ini dikondisikan menjadi jalur pedestrian yang rapi, dan taman-taman yang menawan.

Bangku-bangku dan  juga diletakkan di beberapa sudut lokasi. Bendungan ini juga dilengkapi dermaga di kanan-kirinya. Tujuannya adalah untuk menunjang wisata air, mungkin seperti susur sungai dengan perahu.

10. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran

Museum Sangiran salah satu Museum Indonesia yang layak untuk dikunjungi sob. Kalimat ini tak berlebihan. Terutama jika melihat koleksi dari fosil manusia, fauna dan flora yang terpendam jutaan tahun, bisa dilihat dan dipelajari.

Informasi pun jadi sangat amat berharga,  terkait sejarah manusia purba di Jawa dalam rangkaian dengan teori evolusi manusia di era Pleistosen.

Sedikitnya ada 14 ribu item fosil, peraga dan artefak di musim ini. Sebanyak 120 fosil manusia purba, pernah ditemukan di situs ini sob. Berarti  lebih dari 50%, fosil serupa yang ada di seluruh dunia.

Kekayaan ini menjadikan situs Sangiran, menempati posisi teramat penting dalam kajian Indonesia. Sangiran sendiri merupakan bukit yang disebut kubah Sangiran. Merupakan hasil pengangkatan tektonik karena erosi, akhirnya rata di bagian puncak.

Hasilnya erosi menyingkap harta karun ilmu yang terpendam jutaan tahun sob. Agar semakin memberikan gambar lebih nyata dengan informasi lebih lengkap, museum juga dilengkapi dengan peraga audio visual.

Bukan hanya menampilkan replika, namun mayoritas fosil yang dipamerkan juga asli. Fosil-fosil tersebut terlindungi kaca, sehingga tetap memberikan pengalaman yang begitu nyata.

Ada fosil gading gajah purba, yang dibiarkan disentuh oleh pengunjung sob. Fosil itu berusia 300.000 tahun, keren banget kan.

Demikian ulasan mengenai 10 tempat wisata Solo terbaru yang hits dan Instagramable. Semoga ulasan ini bermanfaat. Pantau terus detatang.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.