Tips Aman Pasang Audio Mobil

Tips aman pasang audio mobil penting untuk diperhatikan. Sehingga selain audio berkualitas, keamanan dan keselamatan pengendara senantiasa terjaga. Mobil yang dimiliki pun, senantiasa aman dari hal-hal berbahaya yang bisa merusak.

Memiliki sistem audio berkualitas, memang menjadi dambaan banyak pemilik kendaraan. Selain menambah kesan berkendara, juga bisa menjadi alat hiburan yang memuaskan.

Tak heran, jika banyak pengendara yang rela mengeluarkan banyak uang. Semata demi mewujudkan impiannya, menghadirkan sistem audio berkualitas pada kendaraannya.

Selain menggunakan merk audio mobil terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, saat ingin membangun sistem audio mobil baru. Jika sampai terjadi kesalahan, hal tersebut justru bisa menyebabkan mala petaka.

5 Tips Aman Pasang Audio Mobil

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, saat memasang audio mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Amankan Kabel-Kabel

Audio mobil tentu membutuhkan serangkaian kabel, sehingga sistem yang diinginkan dapat berjalan.

Kabel-kabel ini memiliki fungsi menyalurkan daya listrik, dari [erangkat satu ke perangkat lainnya, sehingga bisa saling bersinergi untuk menghasilkan tata suara terbaik.

rangkaian kabel audio mobil
Image via blackxperience.com/

Penting untuk diuperhatikan, agar kondisi kabel dijaga untuk tidak ada yang terkelupas. Jika itu terjadi, besar kemungkinannya akan terjadi hubungan singkat, yang justru bisa merusak sistem.

Meskipun dalam proses instalasi ada kalanya kabel harus dipotong. Namun kita bisa mencegahnya, dengan mengisolasi kabel tersebut denganĀ  baik dan rapi. Jangan lupa, selain menyusun secara rapi, pastikan penyusunan kabel tidak bertumpuk satu sama lain.

2. Perhatikan Sumber Listrik

Tips aman pasang audio mobil berikutnya, adalah dengan memperhatikan sumber listrik. Sistem listrik yang diambil untuk kepeeluan audio mobil, dari terminal aki positif dan juga negatif.

Pemasangan kabel pada terminal aki, haruslah dilakukan dengan benar dan rapih. Disarankan menggunakan tambahan sekring terpisah.

Dengan hal ini, audio kendaraan akan senantiasa terjaga meski terjadi konsleting. Sebab sekring akan otomatis memutus aliran listrik, saat hal tersebut terjadi.

3. Gunakan Power Amplifier

Supaya beban aki tidak terlalu berat, sehingga mudah tekor dikarenakan adanya sistem audio mobil. Sangat dianjurkan agar kamu juga mengaplikasikan power amplifier. Piranti elektronik ini tidak memerlukan daya secara konstan. Namun fungsinya sangat penting.

Tips Aman Pasang Audio Mobil

Pastikan kamu menggunakan kabel yang sesuai dayanya. Pastikan pula, proses penyambungan amplifier dengan kabel speaker dan subwofer, dilakukan dengan baik. Jangan lupa menutupnya dengan isolasi sampai rapih.

Demi keamanan, jauhkan posisi kabel suplay dan kabel signal.

4. Mengganti Alternator Sesuai Bebannya

Jika penambahan aksesoris mobil, seperti audio dan lainnya dirasa sangat menambah beban daya listrik. Hal itu bukan hanya menuntut aki yang bekerja keras. Namun dinamo ampere dan juga alternatornya.

Setiap pabrikan, telah menseting supali daya untuk AC, lampu dan lain sebagainya. Misal tiba-tiba ditambakan audio dengan kebutuhan daya 45 ampere, sementara arus dari aki hanya 50 ampere, maka aki tersebut akan tekor.

Kerja alternator pun semakin berat. Jika awalnya dapat mengisi penuh aki dalam waktu 20 menit, maka setelah dipasang audio waktu yang dibutuhkan bisa sampai 40 menit.

Jika dibiarkan, hal tersebut bisa berbahaya sampai pada mesin. Sebab ketika alternator mengisi arus aki akan mengalami beban, dan secara tidak langsung menggerogoti mesin. Dampaknya arus listrik banyak yang tersedot, bahan bakar boros, daya aki cepat habis, hingga alternator menjadi cepat rusak.

Menyikapi hal tersebut, sangat disarankan mengganti alternator sesuai beban listriknya.

5. Perhatikan Pemasangan Speaker dan Subwoofer

speaker dan subwofer mobil terbaik

Dalam meningkatkan kualitas sistem audio mobil, langkah efektif selain menambah speaker, juga memasang subwoofer.

Dalam memasangnya, pastikan perangkat tersebut direkatkan pada setruktur inti kendaraan dengan erat.

Lebih aman jika tidak menggunakan double tape, tapi menggunakan baut ke body. Lebih bagus lagi, kika membuat dudukan baru dengan kaki-kaki merekat pada body. Meski pun ada guncangan, seperti kecelakaan, perangkat tersebut tidak akan berterbangan.

Demikianlah pembahasan tips aman pasang audio mobil. Pastikan dalam menambah aksesoris, senantiasa memperhatikan keamamanan bagi kendaraan.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

Daftar Harga Toyota New Avanza 2020 Terbaru, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Daftar harga Toyota New Avanza beserta spesifikasi lengkapnya, haruslah dipahami dengan baik,…

Harga Grand New Xenia 2020, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Mengetahui daftar harga Grand New Xenia 2020, adalah hal penting yang harus…

9 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas, Awas Jangan Sampai Salah Pilih!

Tips memilih mobil bekas lebih harus diperhatikan, dari pada membeli mobil bekas.…