Tips membeli mobil bekas matic

Tips membeli mobil bekas matic, sangat diperlukan kamu yang ingin membelinya. Selain agar mendapatkan mobil berkualitas terbaik, juga agar harga belinya bisa sesuai standar.

Saat ini ada banyak penjual mobil bekas, baik offline maupun online. Cermat sebelum membelinya adalah suatu keharusan. Jangan sampai membeli mobil,  yang ternyata memiliki kendala.

Banyaknya pilihan yang ada, terkadang juga bisa menjebak. Agar terhindar dari kesalahan. Silahkan simak 9 tips memilih mobil bekas,berkualitas pada postingan sebelumnya.

11 Tips Membeli Mobil Bekas Matic

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sehingga kamu bisa mendapatkan mobil bekas matic berkualitas,  tanpa perantara. Berikut ulasannya:

1. Cek Kondisi Bodi Mobil

Bodi mobil tentu sangatlah penting. Bodi mobil yang indah terawat, selain mencerminkan pemiliknya juga membuat kita semakin percaya diri saat berkendara. Bodi yang mengalami baret sedikit saja, kadang bisa menjadi masalah. Apalagi jika terjadi oleh orang lain.

Tak heran, jika banyak yang mencari cara menhilangkan baret pada bodi kendaraan. Bodi mobil yang bermasalah, sering menuntut pemiliknya mengeluarkan banyak uang, untuk bisa mengatasinya. Tak heran mobil yang memiliki goresan, bisa mengurangi nilai harganya.

Meminimalisir hal itu. Tips membeli mobil bekas matic yang pertama, adalah memastikan bodi mobil dalam keadaan baik. Cat mobil harus masih dalam kondisi bagus, dan minim kerusakan.

Cek juga bagaimana kondisi kaca, lampu, ban, dan lainnya. Pastikan semua komponen mobil yang akan dibeli, ,masih dalam keadaan bagus.

2. Cek Kondisi Oli

Tips selanjutnya adalah mengecek kondisi oli mobil matic. Sangat disarankan membeli mobil bekas, yang kondisi oli matic masih bagus. Cara mengetahuinya, kamu bisa menghidupkan mobil pada posisi netral (N).

Setelah mobil ada dalam suhu kerja, kamu bisa memeriksa ketinggian dan juga warna oli tersebut. Pastikan ketigiannya sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

Penting untuk diingat, warna oli metic yang bagus adalah merah segar. Segera periksa untuk mengetahui keadaannya. Bila warnanya sudah menghitam, kemungkinan oli lama belum diganti.

Namun jika oli matic tersebut belum lama digunakan, tapi warnanya hitam. Besar kemungkinannya ada kerusakan terjadi, pada mobil tersebut.

3. Cek Kondisi Box Transmisi

Selain memperhatikan kondisi oli, tips membeli mobil seken matic yang tak kalah penting, adalah mengecek kebocoran oli. Pastikan mobil yang hendak dibeli, tidak ada kebocoran oli sama sekali.

Hal tersebut dapat dicek pada unit transmisi pada bodi mobil. Jika ada bekas oli belepotan, besar kemungkinannya terdapat kebocoran. Sangat disarankan untuk tidak memilih, mobil matic bekas jika ada kebocoran pada celah blok transmisinya.

4. Cek Bagian Indikator

Tips membeli mobil bekas matic

Tips membeli mobil bekas matic berikutnya, mengecek bagian indikator. Selain mengecek fungsinya, cek pula apakah terdapat peringatan tak lazim pada meter cluster atau tidak. Misalnya saja indikator transmisi menyala kedip-kedip, maupun lampu indikator check engine yang juga menyala.

Indikator transmisi yang menyala, bisa jadi merupakan peringatan jika pada bagian elektrikal kendaraan terdapat masalah. Jika elektrikal yang rusak terus-terusan digunakan, maka kerusakan bisa merambat pada bagian mekanik transmisinya.

5. Cek Performa Mesinnya

Mesin adalah salah satu bagian paling penting dalam kendaraan. Pastikan, kamu hanya membeli mobil bekas matic yang mesinnya masih memiliki performa baik.

Untuk mengetahuinya, silahkan hidupkan mesin mobil. Dengarkan dengan seksama suara mesin tersebut. Jika ada suara janggal kemungkinan mesinnya bermasalah.

Sementara jika suara mesinnya halus, besar kemungkinannya jika performanya masih bagus. Agar bisa semakin dipastikan, sebaiknya kamu melakukan test drive.

Dengan uji kelayakan jalan ini, kamu bisa merasakan kerja mesin dan juga setiap komponen mobil lainnya. Sehingga dapat menentukan masih bagus tidaknya mesin tersebut.

6. Cek Kondisi Tuas Transmisi

Tips membeli mobil bekas matic

Saat melakukan test drvie, pastikan kamu memperhatikan perpindahan tuas transmisinya. Terasa halus atau kasar, serta terdapat entakan atau tidak.

Cara lain yang bisa kamu lakukan, untuk mengecek transmisi adalah saat mesinnya masih dingin. Setelah mesin menyala, posisikan tuas transmisi pada posisi D.

Jika tanpa menginjal pedal gas, mobil bergerak sendiri, berarti kondisinya masih baik. Sementara jika tidak jalan, kemungkinan terdapat masalah.

7. Cek Kemungkinan Bekas Tabrakan

Pastikan kamu juga mengecek kemungkinan mobil tersebut, apakah pernah mengalami kecelakan seperti tabrakan maupun banjir.

Tabrakan keras, kadang bisa menyebabkan shock. Hal tersebut bisa saja mempengaruhi piranti elektronik dan komputernya.

8. Tes Perpindahan Gigi

Meski jenis transmisi otomatis, bukan berarti kamu tidak bisa mengecek perpindahan gigi mobil jenis ini. Saat melakukan test drive, kemungkinan kamu bisa berusaha untuk mendetksinya.

Caranya dengan mencobanya pada berbagai kondisi seperti tanjakan, pengereman, maupun saat berakselerasi. Jika bisa peka, kita bisa merasakan apakah terjadi perpindahan normal, kurang normal, atau mungkin ada gejala slip.

Penting untuk diingat, transmisi otomatis yang bekerja dengan baik, akan menyalurkan tenaga mesin dengan sempurna. Rasio putaran mesin yang dihasilkan, mengikuti percepatan transmisinya. Jadi kita mesti curiga, jika perpindahan gigi maupun tenaga mesin yang terasa kurang normal.

9 Bawa Orang Kompeten

Apabila dirasa kurang berpengalaman, tidaka ada salahnya membawa orang-orang berpengalaman. Mulai dari kerabat, hingga membawa seorang teknisi mobil.

Dengan hal ini, kemungkinan kamu mendapatkan mobil matic bekas berkualitas semakin besar. Tentu sangat menyenangkan, membeli mobil bekas namun masih terasa baru.

10. Cek Kelengkapan Dokumen

Setelah mengecek, dan memastikan mobil dalam keadaan baik. Tips membeli mobil bekas matic berikutnya, adalah memastikan kelengkapan dokumennya, seperti BPKB dan STNK.

Pastikan nomor mesin yang tertera, juga sama dengan yang tertera pada fisiknya. Setelah deal, jangan lupa bukti transaksi jual beli bermaterai lengkap dengan tanda tangan. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengurus balik nama mobil nantinya.

11. Pastikan Membeli Sesuai Harganya

Kartu kredit

Pastikan kamu membeli mobil dengan harga yang sesuai dengan mobil yang dibeli. Ini adalah salah satu keuntungan jika membawa serta orang berpengalaman.

Meski demikian, kamu juga bisa mengeceknya melalui internet atau bertanya pada teman yang sebelumnya membeli mobil.

Demikianlah tips membeli mobil bekas matic, yang dapat kami jelaskan. Semoga ulasan ini bisa membantu kamu, terutama untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Jangan lupa share ya!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

Daftar Harga Toyota New Avanza 2020 Terbaru, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Daftar harga Toyota New Avanza beserta spesifikasi lengkapnya, haruslah dipahami dengan baik,…

9 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas, Awas Jangan Sampai Salah Pilih!

Tips memilih mobil bekas lebih harus diperhatikan, dari pada membeli mobil bekas.…

Harga Grand New Xenia 2020, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Mengetahui daftar harga Grand New Xenia 2020, adalah hal penting yang harus…