tips membeli motor bekas

Tips membeli motor bekas ini sangat penting untuk diperhatikan. Selain agar mendapatkan motor berkualitas, harga dan hal penting lainnya juga bisa senantiasa aman terkendali.

Seperti kita tahu, membeli barang bekas memang tidak bisa dipastikan hal apa yang sebelum terjadi. Termasuk alasan yang mendasari seseorang menjual motornya.

Alasan tersebut bisa membuat kita, mendapatkan motor bekas serasa baru. Namun juga sebaliknya, motor bekas yang kualitasnya sudah hampir tidak layak. Apalagi pihak penjual, banyak yang memoles motornya sedemikian rupa. Selain untuk menutupi kekurangan, juga untuk meningkatkan harga jualnya.

Atas dasar itulah, sangat penting bagi kita untuk memahami tips membeli motor bekas dengan baik.

Sebelumnya, kami juga telah membahas tips memilih mobil bekas berkualitas. Membacanya akan menambah ilmu dan pengetahuan seputar kendaraan.

15 Tips Membeli Motor Bekas

Sangat wajar jika ada rasa ragu saat ingin membeli motor bekas. Harga yang lebih terjangkau, menjadi alasan kuat untuk mayoritas orang membeli motor bekas. Bagi kamu yang ingin membeli motor bekas, berikut beberapa tips pentingnya:

1. Tentukan Tipe Motor

Tips membeli motor bekas pertama yang harus sobat lakukan, adalah menentukan tipe motor yang ingin dibeli. Apakah kamu ingin membeli motor sport, matic, atau motor bebek.

Dengan demikian, maka kamu akan lebih mudah mencari penjual yang sesuai. Nah, sudahkah kamu menentukan tipe motor yang ingin dibeli?

2. Cari Tahu Harga Pasaran

Setelah menentukan tipe motor yang ingin dibeli, langkah selanjutnya adalah mencari tahu harga standar dari motor bekas tersebut. Dengan mengetahuinya, maka kamu dapat terhindar dari melonjaknya harga jual, yang berbeda jauh dari harga standarnya.

Tahun produksi kendaraan tidak selamanya menentukan harga. Ada kalanya motor bekas ada yang terlihat kusam, tak terwat, dan performa mesin tidak baik meski masih cukup baru. Harga motor seperti ini tentu lebih terjangkau.

Berbeda jika motor bekas yang pasarkan tersebut, masih terlihat baru tentu harganya pun bisa lebih mahal. Pastikan kamu memahami harga standar dari motor tersebut dengan baik.

3. Memilih Penjual Terpercaya

tips membeli motor bekas

Saat ini ada banyak dealer motor bekas. Bahkan melalui media sosial pun, kita bisa dapat dengan mudah menemukan orang yang ingin menjual motornya.

Namun ingatlah, sebaiknya hanya di tempat atau orang terpercaya sajalah kamu membelinya. Hal ini agar kamu terhindar dari oknum penjual nakal, yang hanya mengejar banyak keuntungan, sehingga menghalalkan segala cara termasuk menipu customernya.

Dealer motor bekas terpercaya, akan mendapatkan respon yang sangat baik dari banyak pelanggannya. Kamu juga bisa mendapatkan rekoemndasi dari teman, yang memiliki kenalan penjual motor terpercaya.

4. Periksa Bodi Kendaraan

Honda PCX

Tips membeli motor bekas berikutnya, adalah memeriksa kondisi motor. Ini tentu cara yang lebih mudah, dari mengecek mesin yang tak tampak jelas.

Selain memmastikan tidak ada body yang retak, penyok, atau mengalami baret. Pastikan kamu juga menanyakan keaslian suku cadang yang digunakannya. Hal ini, sangat berpengaruh terhadap kualitas motor yang dibeli.

5. Cek Oli Mesin

Kapasitas oli yang masih penuh dapat meredam suara mesin, sehingga suara yang dihasilkannya bisa lebih lembut. Mengecek kapasitas oli adalah salah satu hal penting, dalam tips membeli motor bekas.

Untuk mengeceknya, kamu bisa minta tolong penjual membuka penutup olinya. Kamu bisa melihat kapasitas oli tersebut, melalui penutup oli itu sendiri. Oli yang tidak terlalu kotor, salah satu tanda jika pemilik sebelumnya merawat motor tersebut dengan baik. Tentunya ia pun paham, cara memilih oli mesin kendaraan yang baik dan benar.

6. Cek Panel Indikator/ Speedometer

Fungsi speedometer sangatlah penting untuk sepeda motor. Terutama dalam memberikan berbagai informasi penting, terkait kondisi motor saat dikendarai.

Sepeda motor yang masih berkualitas, tentunya dilengkapi dengan speedometer, indikator bahan bakar, indikator lampu, dan juga penghitung jarak. Khusus motor sport, harus juga dilengkapi dengan tachometer.

Pastikan kamu mengecek fungsi dari speedometer atau indikator tersebut. Semua harus masih berjalan dengan normal.

7. Nyalakan Mesin

Salah satu tips memilih motor bekas yang sangat penting, tentu saja mengetahui kondisi mesinnya. Salah satu caranya adalah dengan menyalakan mesin.

Teliti dengan seksama suara yang dihasilkannya, apakah masih benar-benar halus atau ada suara kasar. Upayakan menyalakan mesin dengan tanpa terburu-buru menarik gas.

Pastikan motor tetap bisa menyala meski berda pada putaran rendah, atau tanpa gas. Hal tersebut menandakan, kondisi mesin motor tersebut masih dalam keadaan baik.  Motor yang mesinnya bermasalah, akan langsam pada putaran mesin di bawah 1500 rpm.

8. Cek Perpindahan Gigi

Jika pengecekan suara mesin sudah dirasa cukup, selanjutnya coba kendarai motor tersebut. Silahkan secara bertahap lakukan perpindahan gigi. Pastikan perpindahan gigi tersebut dapat berjalan dengan lembut, sehingga membuat aktivitas berkendara nyaman.

Jika perpindahan gigi tersebut kasar, tandanya kampas kopling bermasalah. Bahkan besar kemungkinannya harus diganti.

Pastikan juga tidak terdapat suara mendesir pada rantai, maupun mesin saat motor berjalan. Jika hal tersebut terjadi, besar kemungkinannya gear motor ada yang rusak sehingga harus diganti.

9. Cek Sistem Kelistrikan

lampu motor

Selain untuk kenyamanan dan menunjang kinerjanya, sistem kelistrikan pada moor juga berfungsi untuk keselamatan. Atas dasar itu, tips membeli motor bekas berikutnya yang tidak boleh dilupakan, adalah memeriksa sistem kelistrikan.

Untuk mengecek apakah sistem kelistrikannya berjalan normal, atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya dengan menyalakan lampu depan, lampu belakang, lampu rem, lampu sein, lampu panel, dan juga klakson. Pastikan juga starter elektrik masih bisa berfungsi dengan baik.

Jika ada salah satu komponen di atas yang tidak berfungsi dengan baik. Selain kemungkinan aki nya sudah rusak, masalah juga bisa disebabkan oleh sekring.

10. Teliti Kemungkinan Pernah Mengalami Kecelakaan

Tips membeli motor bekas berikutnya adalah, memeriksa kemungkinan motor pernah mengalami kecelakaan. Kamu bisa menanyakannya langsung pada penjual, dan juga mengeceknya sendiri.

Untuk mengetahuinya, silahkan beridirikan motor di tempat rata menggunakan standar ganda. Pehatikan dengan seksama, apakah roda depan dan belakangnya masih berada pada garis sejajar yang sempurna, atau tidak.

Perhatikan pula kesejajran antara stang dengan bodi dan juga rodanya. Kamu juga harus memastikan, bahwa tidak ada kebengkokan pada rangka motornya.

11. Bawa Orang Berpengalaman

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Disamping agar kamu bisa semakin mudah mendapatkan motor bekas berkualitas, dengan bersahabat. Sangat disarankan membawa orang yang kompeten dibidangnya.

Jika tidak memiliki teman atau soudara dekat, tidak ada salahnya membawa mekanik.

12. Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan

Setelah dirasa OK, selanjutnya kamu harus memeriksa kelengkapan surat-suratnya, seperti STNK dan BPKB. Dengan hal ini, kita semakin tenang dan nyaman. Selain tahu identitas pemilik sebelumnya, kita juga bisa terhindar membeli barang hasil curian.

Saat ini tak sedikit kasus curamor terjadi. Membeli motor bekas dengan surat-surat lengkap adalah pilihan bijak. Jangan sampai kita menggunakan kendaraan yang tidak disertai keridhoan.

13. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa cek kesesuian nomor rangka dan nomor mesin. Pastikan nomor yang tercantum pada surat-surat kendaraan sama, dengan yang tertera pada fisiknya tersebut.

Jika ada yang tidak sesuai, segera hentikan proses pembelian.  Jangan sampai kesalahan tersebut, membuat kamu berususan dengan aparat hukum karena membeli barang curian.

14. Jangan Lupa Bukti Transaksi Jual Beli

Bukti transaksi salah satunya dibutuhkan, sebagai salah satu dokumen untuk mengurus balik nama kendaraan. Bukti ini juga menjadi bukti hukum terkait sahnya proses jual beli yang dilakukan.

Selain mencantumkan nominal, pastikan nama dan tanda tangan kedua belah pihak terlihat jelas. Jangan lupa cantumkan materai dinatara tanda tangan keduanya, sebagai bukti legalitas dan keaslian.

15. Segera Servis Kendaraan

Kita tidak tahu, motor yang kita beli sudah berapa lama ada di dealer. Demi kemanan dan kenyamanan, sebaiknya segeralah lakukan servis kendaraan di bengkel resmi.

Selain kondisi mesin, fitur keselamatan seperti rem harus diperhatikan dengan baik. Apalagi jika motor yang dibeli, akan dikendarai oleh seseorang yang sebelumnya belum pernah mengendarai sepeda motor. Misalnya saja istri, anak, dan lainnya.

Demikianlah 15 tips membeli motor bekas berkualitas. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin didiskusikan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang sudah tersedia.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

Daftar Harga Honda CBR 150R Terbaru, Dominator Matte Black Bikin Ngiler!

Harga Honda CBR 150R tentunya semakin dicari. Terlebih setelah kehadiran varian Dominator…

5 Jenis Lampu Sepeda Motor yang Penting untuk Dipahami

Jenis lampu sepeda motor haruslah dipahami dengan baik, sehingga penggunaannya bisa dilakukan…

Yamaha NMax Edisi Star Wars Diluncurkan, Beruntung Banget yang Memilikinya!

Yamaha NMax edisi Star Wars tentunya sangat menarik. Apalagi jika kamu termasuk…