Tips memilih mobil bekas

Tips memilih mobil bekas lebih harus diperhatikan, dari pada membeli mobil bekas. Kesalahan dalam pembelian bisa berakibat fatal. Bukan hanya merugikan secara finansial, tapi juga keselamatan dalam berkendara.

Namun demikian, kamu tak perlu ragu untuk membeli mobil bekas. Selama kamu memahami tips memilih mobil bekas berkualitas, hal-hal negatif tidak akan terjadi. Bahkan ada banyak keuntungan membeli mobil bekas, yang tidak bisa didapatkan saat membeli mobil baru.

Tidak semua orang menjual mobil karena kondisinya yang sudah tidak baik lagi, Tak sedikit mobil second yang kondisinya hampir sama dengan mobil baru. Perlu kejelian untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas.

Bukan hanya melihat penampilan fisiknya, tapi ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Pada kesempatan kali ini, Detatang.com akan membahasnya lengkap untuk kamu.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Setidaknya ada 9 hal yang harus diperhatikan, saat kamu membeli mobil bekas. Berikut ulasannya:

1. Beli di Tempat Terpercaya

Saat ini banyak sekali penjual mobil bekas. Bukan hanya di kota-kota, bahkan sudah ada banyak di desa-desa. Layaknya dealer resmi, ada banyak mobil yang dipajang sehingga ada banyak pilihan.

Jika kamu memutuskan membeli mobil bekas melalui jasa seperti ini, pastikan membelinya di tempat terpercaya. Penjual yang menjaga kepercayaannya dengan baik, bukan hanya mengincar keuntungan besar, tapi juga kepuasan para pelanggannya.

Di era digital membeli mobil bekas juga semakin mudah. Bukan hanya melalui website yang melayani jual beli. Bahkan ada banyak fasilitas di media sosial, yang memudahkan kamu menemukan mobil bekas. Dimana pun kamu membelinya, pastikan mempertimbangkan kepercayaan tersebut.

2. Memiliki Catatan Servis Lengkap

Kendaraan akan senantiasa terjaga kualitasnya, bila dirawat secara rutin. Servis yang dilakukan secara berkala, selain menjaga performa dan kondisi mobil, juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya. Terutama dalam menjaga dan merawat kondisi mobilnya.

Atas dasar itu, pastikan kamu menenyakan catatan servis dari kendaraan tersebut. Cek apakah catatannya lengkap, rutin melakukan service, dan dimana tempat servicenya.

Apabila memungkinkan, sebaiknya pilihlah kendaraan yang senantiasa service di bengkel resmi. Dengan demikian, kamu dapat memastikan keaslian onderdil yang digunakannya.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Tips memilih mobil bekas

Kita sering mendengar pepatah “Ada Rupa Ada Harga.” Pepatah tersebut harus benar-benar diingat, saat membeli mobil bekas. Jangan sampai karena tergiur harga murah, ternyata kamu membeli mobil yang baru dipakai beberapa bulan saja, sudah rusak parah.

Tak jarang, mobil dijual pemiliknya karena sebelumnya telah mengalami kecelakaan, hingga terendam banjir, sehingga kemudian menjualnya dengan harga murah.

Ada kalanya, harga murah juga digunakan showroom, juga digunakan sebagai media promosi. Setelah kamu masuk shoowroom, kemudian ditawarkan mobil dengan harga mahal.

Bukan berarti, kamu tak bisa membeli mobil berkualitas dengan harga terjangkau. Namun jika menemukan harga yang di bawah pasaran, pastikan periksa dengan jeli dan teliti lebih dulu, sebelum memutuskan untuk membelinya.

4. Periksa Bagian Interior dengan Seksama

Bagian interior mobil salah satu penujang kenyamanan selama berkendara. Atas dasar itu, pastikan bagian ini dicek lebih dulu.

Ada banyak komponen interior yang fungsinya harus kamu cek. Misalnya seperti AC, switch lampu, dan juga sistem audio. Pastikan semua fitur berfungsi dengan baik, terutama fitur pengaman, seperti sabuk pengaman.

Masuklah ke dalam mobil dengan tenang, sembari mengecek berbagai kondisi, Jangan lupa duduk di semua bagian jok, baik depan, tengah, maupun belakang, untuk mengecek tingkat kenyamanannya.

Perhatikan kondisi dashboard mobil, plafom, dan juga karpetnya. Cek juga bau interior mobil tersebut, jangan sampai berbau apek. Jika itu terjadi, kemungkinan mobil tersebut pernah terkena banjir.

5. Cek Keadaan Body Mobil

Tips memilih mobil bekas berikutnya tentu saja dengan mengecek bagian luarnya. Pastikan kamu memeriksa semua bagian dody dan eksteriornya dengan seksama.

Cek orisinil tidaknya bagian-bagian seperti pintu, kaca mobil, dan juga kap. Perhatikan apakah ada baret atau penyok pada body kendaraan. Lihat juga cat mobilnya. Perbaikan yang tidak rapi, sering membuat cat mobil terlihat belang.

Terpenting cek struktur rangka utama dari mobil tersebut. Pastikan chassis mobil tersebut masih prima, serta tidak ada bekas perbaikan apalagi tabrakan.

6. Periksa Kondisi Mesin

Tips memilih mobil bekas

Mesin adalah bagian terpenting dari kendaraan. Oleh karena itu, setelah semua langkah di atas dilakukan, segera buka kap mobil tersebut untuk melihat kondisi mesinnya.

Selain harus mudah distarter, kamu juga harus memastikan jika suara yang dihasilkannya tidak kasar. Pastikan juga tidak ada kebocoran apa pun pada mesin tersebut.

Sebaiknya mintalah pada penjual untuk melakukan test drive. Hal ini karena kualitas mobil tersebut, akan sangat terasa saat kamu mengandarainya langsung di jalan raya.

Saat itu, kamu juga bisa memeriksa kondisi rem, kaki mobil, transmisi, dan berbagai hal lainnya yang menyangkut kenyamanan berkendara.

7. Periksa Kelengkapan Dokumen

Setelah memasikan kondisi mobil dalam keadaan baik, dan kamu sudah mantap membelinya. Pastikan kamu memeriksa kelengkapan dokumen mobil tersebut, sebelum akhirnya memutuskan membayar.

Beberapa kelengkapan dokumen tersebut seperti STNK, BPKB, dan juga faktur. Sementara jika mobil tersebut adalah mobil built-up, maka kamu harus menanyakan Form A dari mobil tersebut.

Jangan lupa, cek kesesuaian nomor rangka dan nomor mesin, antara yang tertera pada dokumen dan fisik kendaraan. Pastikan nama yang tertea di STNK dan BPKB adalah nama asli dari pemiliknya.

8. Bawa Orang Berpengalaman

Saat ini berbagai informasi apa pun bisa dengan mudah kita temukan di internet. Namun jangan pernah menyepelekan bantuan orang lain, terutama yang ahi dalam bidang tertentu.

Agar tidak ada pengecekan yang terlewat, sebaiknya bawalah teman atau mekanik profesional saat hendak membeli mobil bekas. Hal ini sangat penting guna menghindari hal-hal tidak diingankan terjadi.

Membawa orang ketika, bisa juga berperan sebagai saksi dari proses transaksi jual beli yang dilakukan.

9. Jangan Lupa Bukti Jual Beli

Setelah kamu membayar, pastikan untuk memiliki bukti pembelian bermaterai. Selain sebagai bukti sah yang memiliki kekuatan hukum, hal tersebut juga dibutuhkan untuk mengurus balik nama mobil yang dibeli.

Pastikan tidak terburu-buru dalam membeli mobil bekas. Ketelitian dan ketenangan, akan membuat kamu terhindar dari penyesalan. Semoga tips memilih mobil bekas berkualitas di atas bisa membantu kamu. Jangan lupa share ya!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like

Daftar Harga Toyota New Avanza 2020 Terbaru, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Daftar harga Toyota New Avanza beserta spesifikasi lengkapnya, haruslah dipahami dengan baik,…

Harga Grand New Xenia 2020, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Mengetahui daftar harga Grand New Xenia 2020, adalah hal penting yang harus…